NEWSTICKER

NEWS

Anies Baswedan Hadiri Pelantikan DPRT NasDem Pulau Lombok

Anies Baswedan Hadiri Pelantikan DPRT NasDem Pulau Lombok

Metro Pagi Prime Time • 33 minutes ago

Proses pelantikan pengurus Dewan Pimpinan Ranting (DPRT) Partai NasDem se-Pulau Lombok berjalan spektakuler dan meriah di Lapangan Gotong Royong Masbagik, Lombok Timur. Bakal calon presiden usungan NasDem Anies Baswedan juga turut hadir menyapa ribuan warga dan menyampaikan orasi kebangsaannya.

Kegiatan yang berlangsung di lapangan terbuka mendapat animo luar biasa dari ribuan warga masyarakat, meski berlangsung di bawah guyuran hujan, tetapi masyarakat tetap bertahan memenuhi lapangan dengan riang gembira.

Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai NasDem Provinsi Nusa Tenggara Barat Willy Aditya melantik langsung para pengurus DPRT NasDem se-Pulau Lombok.

Hadir pula sejumlah pengurus Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai NasDem, di antaranya Wakil Ketua Umum Partai NasDem Ahmad Ali, Ketua Teritorial Pemenangan Pemilu Bali, NTB dan NTT Partai NasDem Julie Sutrisno Laiskodat dan Ketua Panitia yang juga Wakil Bupati Lombok Timur Rumaksi.
 
Willy Aditya juga mengajak para kader NasDem dapat menjadi ujung tombak pemenangan NasDem pada 2024 mendatang. Ia berharap langkah-langkah dalam menjemput kemenangan di 2024 mendapat dukungan dan ridha Allah swt.
 
Ia pun mengajak para pengurus DPRT Partai NasDem se-Pulau Lombok untuk siap bekerja keras dan rela berkorban dalam rangka memenangkan Partai NasDem dan Anies Baswedan menjadi presiden republik Indonesia pada Pemilu 2024 mendatang.
 
Sementara itu, Wakil Ketua Umum Partai NasDem Ahmad Ali mengatakan, bahwa pelantikan DPRT Partai NasDem se-Pulau Lombok merupakan momentum untuk kebangkitan Partai NasDem di Nusa Tenggara Barat. Ia menambahkan kemenangan yang diita-citakan NasDem hanya bisa diraih dengan proses konsolidasi yang terus menerus dan konsisten dilakukan.

PBNU Tegas Tolak Politik Identitas

PBNU Tegas Tolak Politik Identitas

Metro Pagi Prime Time • 37 minutes ago

Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Yahya Cholil Staquf atau Gus Yahya dengan tegas menolak dijadikan identitas apapun sebagai alat untuk menggalang dukungan pada tahun politik 2024 mendatang.

Gus Yahya menegaskan, bagi siapapun yang hendak maju menjadi calon presiden ataupun calon wakil presiden, sebaiknya didasarkan pada prestasi, kredibilitas serta rekam jejak yang dimiliki. Selain itu, ia juga menegaskan bahwa nantinya tidak akan ada capres ataupun cawapres yang memgatasnamakan NU.

Meski begitu, Gus Yahya mengatakan nanti akan tetap ada dukungan bagi siapapun yang memiliki kredibilitas yang sesuai. Namun, dukungan yang diberikan tidak datang dari NU sebagai sebuah organisasi.

Gus Yahya menambahkan, siapapun yang akan maju pada 2024 nanti dan meminta dukungan dari NU, akan dilihat terlebih dahulu rekam jejak yang terbukti memiliki kapasitas yang dijanjikan.

 Ganjar Pranowo Hadiri Peringatan Satu Abad NU di Temanggung

Ganjar Pranowo Hadiri Peringatan Satu Abad NU di Temanggung

Metro Pagi Prime Time • 39 minutes ago

Ribuan warga Nahdlatul Ulama (NU) ikut dalam apel peringatan satu abad NU di Alun-Alun Temanggung, Jawa Tengah. Peringatan satu abad berdirinya NU juga dihadiri Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.
 
Di hadapan kurang lebih 15 ribu para Nahdliyin yang hadir, Ganjar menyampaikan pentingnya NU sebagai organisasi islam terbesar dalam merawat kerukunan dan memajukan kehidupan berbangsa dan bernegara.

Menurutnya, tidak sedikit Nahdliyin lulusan pesantren yang berhasil menjadi tokoh-tokoh penting nasional. Dalam acara ini, Ganjar Pranowo bersama sejumlah pengurus NU dan lima belas ribuan warga NU melakukan gebyar seruput kopi bareng.

 BPN Jabar Targetkan 41 Pengadaan Tanah untuk Pembagunan 2023

BPN Jabar Targetkan 41 Pengadaan Tanah untuk Pembagunan 2023

Metro Pagi Prime Time • 42 minutes ago

Sebanyak 41 pengadaan tanah akan dilaksanakan pemerintah di Jawa Barat untuk pembangunan di 2023. Dari 41 pengadaan tanah 27 di antaranya merupakan proyek strategis nasional (PSN) sementara 14 lainnya non PSN.

Hal tersebut terungkap, saat rapat kerja BPN se-Jawa Barat dengan sejumlah kepala daerah di Bandung, Jawa Barat.

Menurut Kepala Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional Provinsi Jawa Barat Dalu Agung Darmawan, dibutuhkan kolaborasi dengan pemerintah provinsi, kabupaten/kota dan masyarakat, dalam rangka menyukseskan pengadaan lahan tersebut di Jawa Barat.
 
Pengadaan lahan tersebut di antaranya untuk pembangunan 13 ruas jalan tol, tujuh bendungan, delapan jalan arteri, kereta cepat, jalur rel ganda, LRT, petrochemical complex, sutet, pelabuhan, tempat ibadah, irigasi, instalasi pengelolaan air, jembatan dan TPAS.

Curah Hujan Tinggi, Akses Menuju KM 0 Indonesia Terputus

Curah Hujan Tinggi, Akses Menuju KM 0 Indonesia Terputus

Metro Pagi Prime Time • 49 minutes ago

Hujan deras yang melanda Sabang, Provinsi Aceh sejak Minggu (29/1/2023) membuat sejumlah wilayah mengalami longsor. 

Beberapa titik longsor di antaranya terjadi di jalan menuju kawasan wisata Pantai Gapang dan Pantai Iboih, Kecamatan Sukakarya. Bahkan, jalan satu satunya untuk menuju Kilometer Nol Indonesia juga ikut terputus. Kondisi ini membuat kawasan tersebut lumpuh dan tak bisa dilalui kendaraan.

Pihak Pemkot sudah menurunkan tim untuk melakukan pembersihan di lokasi longsor. Namun, untuk jalan menuju ke Kilometer Nol Indonesia masih belum bisa dilalui.
 
Pemkot Sabang juga mengimbau baik masyarakat setempat maupun wisatawan yang sedang berkunjung ke Sabang, agar berhati-hati dan selalu waspada, mengingat hujan masih mengguyur wilayah tersebut.

Diduga Gas Bocor, 6 Rumah dan 1 Toko di Pulogadung Ludes Terbakar

Diduga Gas Bocor, 6 Rumah dan 1 Toko di Pulogadung Ludes Terbakar

Metro Pagi Prime Time • 55 minutes ago kebakaran

Di duga akibat tabung gas yang bocor, satu toko dan enam rumah warga serta sebuah sepeda motor yang berada di kawasan Pulogadung, Jakarta Timur, ludes terbakar, Selasa (31/1/2023) sore.
 
Diduga kebakaran terjadi akibat adanya kebocoran tabung gas, dari salah satu rumah warga yang terbakar. Sebelum terjadi kebakaran, warga juga sempat mendengar adanya ledakan di bagian belakang rumah yang terbakar.

Guna memadamkan api, sebanyak 13 unit mobil pemadam beserta 65 petugas dikerahkan ke lokasi. Api baru dapat di padamkan setelah hampir satu jam petugas berjibaku memadamkan api.

Tidak ada korban ada korban jiwa maupun luka dalam peristiwa ini. Namun, kerugian di taksir mencapai ratusan juta rupiah.

Penyebab Kematian Polisi di Kepulauan Seribu Masih Misteri

Penyebab Kematian Polisi di Kepulauan Seribu Masih Misteri

Metro Pagi Prime Time • 1 hour ago

Seorang anggota kepolisian ditemukan tewas di Kantor Perwakilan Polres Kepulauan seribu, jenazah tiba di Rumah Sakit Polri, Kramat Jati, Jakarta Timur. Tim forensik Rumah Sakit Polri, yang membawa jenazah anggota polisi tersebut, langsung membawa masuk jenazah ke ruang instalasi forensik untuk di lakukan autopsi, Selasa (31/1/2023).

Kepala Forensik memastikan jenazah korban akan langsung dilakukan pemeriksaan, guna mengetahui penyebab pasti kematian korban.

Kasatreskrim Polres Kepulauan Seribu, membenarkan anggota polisi yang ditemukan tewas adalah anggotanya, yang bertugas di Banit 2 Reskrim Polres Kepulauan Seribu, berpangkat Aipda berinisial I.

Pihak kepolisian tengah melakukan penyelidikan atas tewasnya anggota polisi tersebut. Selain itu, polisi juga tengah melakukan olah TKP dan mengumpulkan bukti-bukti di lokasi kejadian.

  Ganjar Pranowo Musnahkan 9,7 Juta Rokok Ilegal

Ganjar Pranowo Musnahkan 9,7 Juta Rokok Ilegal

Headline News • 2 hours ago

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo bersama jajaran Bea Cukai Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta, Kejaksaan Tinggi Jawa Tengah, TNI dan Polri, memusnahkan 9,7 juta batang rokok ilegal yang didapat dari hasil penangkapan di wilayah hukum Jawa Tengah pada 2022, Selasa (31/1/2023).

Ganjar mengatakan, motif pembuatan dan pembungkusan rokok ilegal semakin beragam. Selain itu, cara pengirimannya juga ada yang menggunakan truk, mobil pribadi hingga mobil travel antar kota antar provinsi.

Untuk meminimalisir masalah tersebut, Gubernur Jawa Tengah meminta pos-pos pengamanan di setiap perbatasan bagi kendaraan yang keluar-masuk jateng untuk diperiksa satu per satu.
 
Diketahui hingga akhir Januari 2023, Bea Cukai Jawa Tengah telah melakukan 12 penangkapan terhadap peredaran rokok ilegal dan pada 2022 penerimaan Dana Bagi Hasil Cukai Tembakau (DBCHT) Jawa Tengah mencapai Rp39 triliun.

Song Joong-Ki Announces Marriage and Wife's Pregnancy

Song Joong-Ki Announces Marriage and Wife's Pregnancy

World News • 5 hours ago

Laverne and Shirley' Actor Cindy Williams dies at 75, while Shah Rukh Khan thanks audiences for 'Pathaan' success. And South Korean Actor Song Joong-Ki announces marriage and new wife's pregnancy.

Indonesia's Deradicalization

Indonesia's Deradicalization

World News • 5 hours ago terorisme

At least 30 members of Jamaah Islamiyah in Maluku Province, vowed to be loyal to Indonesia. ten among them are former prisoners involved with terrorist acts in the past time.

All these Jamaah Islamiyah members denounced their Bai'at, a pledge of allegiance given to the leader of Jamaah Islamiyah, and turn themselves to Indonesia. 

In front of Indonesian officials, including Commander of Special Detachment 88 Anti-Terror and Former Jamaah Islamiyah Leader in Indonesia and Malaysia Nasir Abas, all these 30 members swore to acknowledge Pancasila and Undang-Undang Dasar 1945 as the principal law in Indonesia.

They previously had spent a long process of de-radicalization, before finally promising to abandon acts of violence and ideology that can drag Indonesia into a partition. Jamaah Islamiyah is an extremist terror group that is responsible for a number of bomb attack in Indonesia and forbidden in Indonesia.

Pakistan Suicide Bombing Death Toll Rises to at Least 95

Pakistan Suicide Bombing Death Toll Rises to at Least 95

World News • 5 hours ago

A suicide bombing struck a crowded mosque in The Pakistani City of Peshawar on Monday, where officials say 95 people were killed and over 150 others were wounded. The targeted mosque was located inside a police compound and most of the casualties were police officers.

Bodies were retrieved from the rubble of the mosque overnight and early today, and several of those critically injured died in hospital.

More than 300 worshippers were praying in the mosque, with more approaching, when the bomber set off his explosives vest.

Many were injured when the roof came down, according to Police Officer Zafar Khan and rescuers had to remove mounds of debris to reach worshippers still trapped under the rubble.

Oknum Polisi  Diduga Pukuli Warga di Bengkulu Terekam CCTV

Oknum Polisi Diduga Pukuli Warga di Bengkulu Terekam CCTV

Headline News • 5 hours ago kekerasan

Seseorang yang diduga oknum anggota Polri di Kabupaten Rejang Lebong, Bengkulu, mengamuk di rumah warga, Rabu (25/01/2023). Aksi baku hantam pun tidak terelakkan.

Dari rekaman CCTV, terlihat sejumlah pria masuk ke dalam rumah, lalu terlibat aksi saling pukul dengan pria lain yang ada di rumah tersebut. Dari rekaman itu, terlihat sejumlah warga mencoba untuk melerai.

Ketua RT setempat membenarkan kejadian itu, tetapi belum diketahui permasalahan yang terjadi dan siapa saja yang terlibat. Namun, menurut informasi awal, pemukulan ini melibatkan anggota kepolisian.

Kapolres Rejang Lebong AKBP Toni Kurniawan, melalui pesan tertulis menyebut, permasalahan ini telah ditangani oleh Reskrim dan Propam Polri.

Menpora: Liga 2 Tidak Bisa Bergulir Sebelum KLB PSSI

Menpora: Liga 2 Tidak Bisa Bergulir Sebelum KLB PSSI

Metrosports • 5 hours ago

Sejumlah perwakilan klub sepak bola Liga 2 kembali melakukan pertemuan dengan Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali, untuk meminta kejelasan bergulirnya kembali Liga 2.

Dalam pertemuan yang berlangsung tertutup di Kantor Kemenpora, Zainudin Amali menyebut kompetisi Liga 2 belum dapat digelar, sebelum pelaksanaan kongres luar biasa PSSI pada 16 Febuari 2023 mendatang.

Setelah jejak pendapat, Zainudin mengaku sebagai pihak pemerintah, tak ingin memberikan keputusan langsung soal kelanjutan Liga 2 musim ini. Keputusan kompetisi Liga 2 musim ini pun akan diserahkan kepada pengurus baru PSSI periode 2023 - 2027.

Menpora Lolos Verifikasi Calon Waketum PSSI

Menpora Lolos Verifikasi Calon Waketum PSSI

Metrosports • 5 hours ago

Lima calon ketua umum PSSI dinyatakan lolos verifikasi oleh Komite Pemilihan, jelang kongres luar biasa PSSI. Kelima calon itu adalah La Nyalla Matalitti, Arif Putra Wicaksono, Doni Setiabudi, Erick Thohir dan Fary Djemy Francis.

Sementara itu, dari 20 nama bakal calon wakil ketua umum PSSI, hanya 16 yang masuk ke dalam daftar calon sementara, termasuk Menpora Zainudin Amali. Selanjutnya, Komite Pemilihan PSSI akan mengumumkan daftar calon tetap Komite Eksekutif PSSI pada 6 Febuari 2023. 

Liga 1: PSS Sleman Tumbangkan Barito Putera 2-1

Liga 1: PSS Sleman Tumbangkan Barito Putera 2-1

Metrosports • 6 hours ago liga 1

PSS Sleman melakoni pekan ke-21 kompetisi Liga 1 dengan melawat ke markas Barito Putera, Selasa (31/1/2023) sore. PSS Sleman yang menjadi tamu, berhasil meraih poin penuh usai menang atas Barito Putera dengan skor 2-1.

Dalam pertandingan lainnya, Persib Bandung juga berhasil meraih tiga poin, saat bertandang ke markas PSIS Semarang. David Da Silva kunci kemenangan di menit akhir babak kedua. Kemenangan atas PSIS Semarang ini membuat Persib memuncaki klasemen dengan 42 poin dari 20 pertandingan.

Witan Sulaeman Resmi Perkuat Persija Jakarta

Witan Sulaeman Resmi Perkuat Persija Jakarta

Metrosports • 6 hours ago liga 1

Persija Jakarta mengamankan jasa pemain bintang Timnas Indonesia, Witan Sulaeman, di akhir bursa transfer Liga 1. Hadirnya Witan diyakini menambah daya serang Tim Macan Kemayoran, yang berjuang meraih gelar juara Liga 1 musim ini. 

Manajemen Persija Jakarta dikabarkan merogoh kocek untuk memboyong Witan selama 3,5 tahun. Pasalnya, Witan masih memiliki kontrak hingga 2024 bersama Klub Slovakia AS Trencin.

Selain Witan, Persija Jakarta juga sudah merekrut empat pemain anyar lainnnya untuk bersaing di Liga 1.

Anies & Prabowo Kantongi Tiket Pilpres 2024

Anies & Prabowo Kantongi Tiket Pilpres 2024

Top News • 6 hours ago

Prabowo Subianto dan Anies Baswedan menjadi bakal calon presiden yang berpeluang bertarung di Pilpres 2024. Hal ini setelah mengantongi dukungan dari parpol dan koalisi masing-masing.

Anies Baswedan akhirnya mengantongi tiket Pilpres menyusul dukungan PKS terhadap mantan gubernur DKI Jakarta itu. PKS menjadi partai terakhir dalam koalisi perubahan yang menyatakan dukungannya terhadap Anies.
 
Dengan bergabungnya tiga partai, maka ambang batas pencapresan 20% kursi DPR atau 25% suara nasional sudah terpenuhi. Di mana, Koalisi Perubahan memiliki total 28,35% kursi DPR.

Sementara itu, Prabowo sudah lebih dulu mengantongi dukungan pencapresan lewat Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya. Selain itu, Gerindra punya 13,57% suara DPR dan PKB 10,9% suara, sehingga total koalisi ini punya 24,47% suara DPR.

Politik Suka Cita Safari Kebangsaan Anies Baswedan

Politik Suka Cita Safari Kebangsaan Anies Baswedan

Top News • 6 hours ago

Setiap agenda safari politik ke berbagai daerah, bakal calon presiden dari Partai NasDem, Anies Baswedan, selalu menyampaikan rasa keadilan sosial serta politik suka cita dan suasana ceria gegap gempita. Bahkan dalam setiap agenda safari politik, ribuan masyarakat selalu hadir untuk memberikan dukungan kepada Anies.

Inilah momen yang selalu hadir dalam setiap agenda safari kebangsaan Anies Baswedan, misalnya saja saat di Nusa Tenggara Barat. Sejumlah masyarakat rela untuk menunggu kedatangan Anies di Kabupaten Sumbawa melalui Bandara Sultan Kaharudin.
 
Bagi sejumlah masyarakat, sosok Anies sangat diidolakan, terlebih banyak yang menitipkan harapan baru dan perubahan kepada Anies. Seperti halnya ibu Annisa dan Cambo asal daerah Taliwang, Sumbawa Barat.

"Pak Anies orangnya baik, ganteng, bijaksana, yang terbaik," ujar Cambo.

Hal ini pun sejalan dengan apa yang disampaikan oleh Waketum Partai NasDem, Ahmad Ali. Menurutnya, kehadiran ribuan masyarakat di setiap daerah ini mengharapkan pemimpin yang bisa mengayomi, menyejaterakan, dan juga memberikan keriangan serta suka cita.

"Mereka mengharapkan lahirnya pemimpin yang Insya Allah bisa mengayomi, bisa melahirkan keadilan, bisa mensejahterakan masyarakat, hal kecil itu yang menjadi harapan mereka," kata Wakil Ketua Umum Partai NasDem, Ahmad Ali.

Selain itu, Anies Baswedan juga menyampaikan hal serupa dalam setiap agenda safari kebangsaanya, yakni gegap gempita dan suka cita.

Satria Muda Pertamina Jakarta Bungkam Bali United dengan Skor 85-65

Satria Muda Pertamina Jakarta Bungkam Bali United dengan Skor 85-65

Metrosports • 6 hours ago

Satria Muda Pertamina Jakarta belum terkalahkan dalam kiprahnya di kompetisi IBL 2023. Terbaru, tim asuhan Youbel Sondakh membungkam Bali United Basketball dengan skor telak 85-65 pada IBL Seri 2 Malang yang digelar di GOR Bimasakti, Kota Malang, Selasa (31/1/2023).

Youbel cukup puas dengan kemenangan atas Bali United dalam pertandingan kedua di Kota Malang. Namun, masih ada sejumlah catatan untuk evaluasi tim.

"Kami mencari konsistensi biar lebih baik," kata Youbel.

Gresik United Kontrak Permanen Dicky Kurniawan dan Akbar Firmansyah dari Persebaya

Gresik United Kontrak Permanen Dicky Kurniawan dan Akbar Firmansyah dari Persebaya

Metrosports • 6 hours ago

Dua pemain Persebaya, Dicky Kurniawan dan Akbar Firmansyah dikontrak panjang oleh Gresik United. Semula, kedua pemain itu berstatus pinjaman. Namun, penampilannya yang banyak memberi kontribusi, membuat manajemen Gresik United mengontrak keduanya secara permanen.

Presiden Klub Gresik United, Fandi Akhmad Yani menuturkan dengan bergabungnya dua pemain tersebut, merupakan bentuk sinergitas kolaborasi antara Gresik dan Surabaya.

“Dicky Kurniawan dan Akbar Firmansyah resmi kami akuisisi. Mereka kami kontrak jangka panjang, dan Gresik United ingin menjadikan Persebaya sebagai inspirasi bagaimana mengelola klub secara profesional,” tuturnya, Sabtu (28/01/2023).

Viral, Balita 2 Tahun Diikat dalam Rumah yang Terkunci

Viral, Balita 2 Tahun Diikat dalam Rumah yang Terkunci

Metro Malam • 6 hours ago

Seorang anak balita di Kabupaten Timor Tengah Selatan, Nusa Tenggara Timur, diikat kaki dan tangannya dan ditinggalkan sendirian di dalam rumah yang terkunci. Warga sekitar akhirnya berhasil menerobos rumah tersebut dan menyelamatkan anak tersebut.

Sebuah video viral di media sosial memperlihatkan seorang balita ini memakai jaket dengan tutup kepala berwarna kuning. 

Berdasarkan rilis dari humas Polda NTT, setelah dilakukan konfirmasi, membenarkan video tersebut, yang terjadi pada, Jumat (20/1/2023). Balita ini ditinggalkan oleh mama angkatnya saat pergi ke kebun. Diketahui jika balita ini sering bermain kotorannya sendiri, sehingga dia diikat dan ditinggalkan dalam rumah dengan keadaan pintu rumah dikunci setiap kali ibu angkatnya berangkat ke kebun. 

Ibu kandung balita tersebut pergi merantau, dan dititipkan kepada ibu angkatnya. Untuk sementara anak tersebut sudah berada di rumah Sekda Kabupaten TTS untuk diselamatkan.

Buron Penyelundup 179 Kg Sabu Ditangkap di Malaysia

Buron Penyelundup 179 Kg Sabu Ditangkap di Malaysia

Metro Malam • 6 hours ago

Direktorat tindak pidana narkoba Bareskrim Polri berhasil memulangkan satu orang buron atas nama Akbar Antoni. Ia adalah tersangka kasus peredaran gelap 179 kilogram sabu di Aceh yang melarikan diri ke Malaysia melalui Pelabuhan Batam.

Diretur Tindak Pidana Narkoba Brigjen Pol Krisno Halomoan menyampaikan, penangkapan dilakukan usai diterbitkan red notice atas nama Akbar Antoni. Berkat kerjasama dan komunikasi antara Divisi Hubungan Internasional Polri dan Polis Diraja Malaysia (PRDM) tersangka berhasil dipulangkan pada 26 Januari lalu.
 
Brigjen Krisno menjelaskan, tersangka telah dua kali berhasil menyelundupkan narkoba dari Malaysia ke Aceh melalui jalur darat. Sindikat Akbar Antoni juga diduga terafiliasi dengan sindikat narkoba Malaysia untuk mengatur transportasi laut dan darat ke Indonesia.

Sebanyak 60 kilogram barang bukti narkotika jenis sabu ikut dimusnahkan Polri. Barang bukti itu disita dari dua kasus di Karawang dan Pantai Cermin Serdang yang diduga satu afiliasi dengan total 13 orang tersangka.

9 Pengedar Narkoba di Cirebon Ditangkap, 108 Gram Sabu Diamankan

9 Pengedar Narkoba di Cirebon Ditangkap, 108 Gram Sabu Diamankan

Metro Malam • 7 hours ago

Satuan Reserse Narkoba Polres Cirebon Kota berhasil meringkus sembilan orang yang merupakan jaringan pengedar narkotika jenis sabu sabu, ekstasi dan obat-obatan terlarang. 

Polres Cirebon Kota menangkap tersangka AN dan TH serta menemukan dua paket besar dan kecil sabu seberat 108 gram bersama 254 butir ekstasi dari dalam kamar kosnya. Selain AN dan TH, petugas juga menangkap tujuh tersangka lainnya yang juga menyimpan ekstasi. 
 
Para tersangka menggunakan sistem tempel dengan konsumennya dalam menjalankan aksinya. Pemilik akan menempatkan GPS peletakan narkoba, kemudian diambil konsumen. Sedangkan untuk obat keras, penjual dan pembeli bertemu untuk bertransaksi.
 
Petugas masih melakukan pendalaman penyelidikan guna mengungkap pemasok narkoba. Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, para tersangka dijerat dengan Pasal 112 dan 114 Tentang Narkotika dengan ancaman minimal lima tahun penjara.

Ledakan Bom Hantam Masjid di Peshawar Pakistan, 95 Meninggal & 150 Terluka

Ledakan Bom Hantam Masjid di Peshawar Pakistan, 95 Meninggal & 150 Terluka

Metro Malam • 7 hours ago

Sebanyak 95 orang meninggal dan 150 lainnya luka-luka dalam peristiwa bom bunuh diri yang menghancurkan masjid di Kota Peshawar, Pakistan. 

Masjid yang menjadi target pengeboman adalah masjid yang berada di lingkungan kepolisian dan target korban adalah pejabat kepolisian. Lebih dari 300 jemaah yang sedang salat di masjid menjadi korban dan langsung dilarikan ke rumah sakit terdekat.
 
Jumlah korban terus bertambah karena petugas masih terus mencari korban yang diduga tertimbun reruntuhan bangunan masjid.

Wamentan Dukung Pengembangan Food Estate di Majene

Wamentan Dukung Pengembangan Food Estate di Majene

Metro Malam • 7 hours ago

Wakil Menteri Pertanian, Harvick Hasnul Qolbi melakukan kunjungan kerja di kawasan food estate Kabupaten Majene, Sulawesi Barat. Harvick melakukan kunjungan kerja di Kawasan Pertanian Bawang Merah di Desa Pamboborang, Kecamatan Banggae, Kabupaten Majene Sulawesi Barat. 

Harvick yang didamping PJ Gubernur Sulbar, Akmal Malik ikut memanen bawang merah bersama. Ia mendukung pengembangan food estate di Majene untuk menunjang sektor pangan di Ibu Kota Nusantara (IKN). 

Selain itu, Harvick juga meninjau lokasi food estate seluas 157 hektare yang ditanami bawang merah dan komoditas lainnya di Salabulo, Kelurahan Tande, Kecamatan Banggae Timur, Majene. Harvick mengatakan, pengembangan bawang merah ini dilakukan demi kesejahteraan petani.

Kegiatan tersebut merupakan upaya pemenuhan kebutuhan pangan dan mencegah inflasi di Sulawesi Barat khususnya Majene. Dengan rencana jangka panjang untuk mendukung pangan di Ibu Kota Nusantara (IKN), posisi Majene yang stategis bisa menjadi penunjang IKN.

Keluarga Korban Minta Polisi Transparan Ungkap Kasus Tabrak Lari Mahasiswi Cianjur

Keluarga Korban Minta Polisi Transparan Ungkap Kasus Tabrak Lari Mahasiswi Cianjur

Top News • 7 hours ago

Keluarga Selvi Amalia Nuraeni, minta polisi jujur dan transparan dalam mengungkap kasus tabrak lari yang menewaskan Selvi.
 
Kasus meninggal Selvi  masih menjadi pertanyaan dari keluarga. Untuk itu, keluarga minta polisi memproses kasus ini secara transparan hingga pelakunya yang sebenarnya tertangkap.
 
Keluarga merasa ada kejanggalan dalam prosedur penyidikan hingga penetapan tersangka. Selvi Amalia tewas usai tertabrak salah satu mobil dalam rombongan polisi yang melintas di jalur Bandung–Cianjur. Iringan-iringan tersebut diduga adalah rombongan polisi dari Polda Jawa Barat yang sedang mengusut kasus Wowon cs.
 
Berdasarkan versi polisi, pengemudi mobil sedan audi bernama Sugeng adalah tersangkanya. Tapi diduga dari keterangan saksi mata lain mobil penabrak Selvi yang sebenarnya bukanlah mobil Sugeng. Melainkan mobil jenis minibus yang pergi dari TKP usai kejadian.

8 Orang Pengguna Narkoba di Palopo Ditangkap

8 Orang Pengguna Narkoba di Palopo Ditangkap

Headline News • 7 hours ago narkoba

Polisi menangkap delapan pengguna narkoba di Palopo, Sulawesi Selatan. Selain pelaku, polisi juga menyita barang bukti berupa enam gram paket sabu.

Kepada polisi, tersangka mengaku mendapatkan narkoba itu melalui sosial media. Selain barang bukti paket sabu, polisi juga menyita barang bukti lainnya, yaitu alat hisap sabu dan handphone.

Hingga kini, polisi masih mengejar bandar narkoba yang kerap menyalurkan narkoba di wilayah  Palopo, Sulawesi Selatan.

Ribuan Warga Belgia Unjuk Rasa Tuntut Kesejahteraan Tenaga Kesehatan

Ribuan Warga Belgia Unjuk Rasa Tuntut Kesejahteraan Tenaga Kesehatan

Headline News • 7 hours ago

Lebih dari 10 ribu orang berunjuk rasa di pusat Kota Brussel, Belgia, Selasa (31/1/2023) waktu setempat. Mereka menuntut upah yang lebih besar di sektor perawatan yang sangat terpukul selama pandemi Covid-19.

Aktivis serikat pekerja menuntut agar lebih banyak dipekerjakan di rumah sakit dan panti jompo dengan gaji yang ditingkatkan secara signifikan untuk membuat sektor kesehatan menarik bagi kaum muda. 

Saat ini, para pekerja mengeluhkan sulitnya memenuhi kebutuhan dengan gaji sebagai perawat. Pemerintah telah mengakui masalah ini, tetapi belum menghasilkan rencana yang meyakinkan untuk mengatasi krisis di sektor perawatan dan kesehatan. 

Muncul 50 Ribu Tahun Sekali, Komet Langka Lintasi Bumi Besok

Muncul 50 Ribu Tahun Sekali, Komet Langka Lintasi Bumi Besok

Headline News • 7 hours ago

Sebuah komet langka C/2022 E3 (ZTF) melesat kembali ke arah bumi setelah 50 ribu tahun pada 1 Feburari 2023. Menurut NASA, komet tersebut berasal dari lokasi yang sangat jauh di tata surya 2 ribu kali lebih jauh dari matahari ke bumi. 

Komet tersebut bisa dilihat dengan mata telanjang, asalkan cuaca cerah dan langit tidak terlalu diterangi lampu kota atau bulan. Komet akan mudah terlihat berkat jejaknya yang berwarna hijau. 

Saat ini, jarak komet terpantau masih 42 juta kilometer dari bumi. Komet langka ditemukan Maret 2022 oleh astronom menggunakan zwicky transient facility saat melewati planet jupiter. 

Komet terakhir kali melewati bumi pada periode zaman paleolitikum atau zaman batu muda 50 ribu tahun yang lalu. 

Remaja di Penjaringan Tawuran Demi Konten, 13 Orang Ditangkap

Remaja di Penjaringan Tawuran Demi Konten, 13 Orang Ditangkap

Headline News • 7 hours ago

Hanya demi konten viral, sekelompok remaja di Penjaringan, Jakarta Utara, nekat tawuran, Minggu (29/1/2023) dini hari. Hampir semua pelaku tawuran ini berstatus pelajar dan mahasiswa. 

Dari pemeriksaan 13 remaja itu, mereka mengaku melakukan aksinya demi konten di media sosial. Mereka hanya ingin diakui dan terkenal dengan membawa senjata tajam berupa celurit.

Setelah ditangkap, polisi kemudian melakukan pendataan dan memberi pembinaan kepada mereka. Jika mereka kembali berulah, aparat tidak segan-segan akan memproses pidanakannya.

Saksi Mata: Hasya Tak Segera Dapat Pertolongan

Saksi Mata: Hasya Tak Segera Dapat Pertolongan

Top News • 7 hours ago

Seorang saksi mata di lokasi tewasnya Mahasiswa UI Muhammad Hasya Atallah menyebut, ambulans datang sekitar 25 menit ke lokasi kecelakaan untuk membawa korban ke rumah sakit. Sebab purnawirawan polisi yang diduga menabrak Hasya, tidak segera memberi pertolongan dengan membawa korban ke rumah sakit.
 
Menurut saksi mata, sesaat setelah kejadian para relawan pengemudi ojek online membantu membawa Hasya ke pinggir jalan. Ironisnya, mobil purnawirawan polisi tersebut tidak langsung membawa Hasya ke rumah sakit untuk mendapatkan pertolongan secepatnya.
 
Namun saksi mata juga tidak mengetahui apakah memang ada penolakan dari pengendara mobil untuk membawa hasya ke rumah sakit atau tidak.

Otak-Atik Kuasa Kepala Desa (4)

Otak-Atik Kuasa Kepala Desa (4)

Economic Challenges • 8 hours ago

Ribuan kepala desa tengah menggelar aksi menuntut revisi UU Desa soal perpanjangan periode masa jabatan kepala desa dari 6 tahun menjadi 9 tahun.

Tujuan tuntutan ini untuk menyelesaikan persoalan pembangunan desa yang dianggap kurang efektif.

Selain itu, tuntutan kepala desa juga soal peningkatan anggaran dana hingga 7-9% APBN atau Rp150 triliun per tahun. Sejarah mana efektivitas UU Desa Ini? Seberapa mendesak revisi UU Desa?

Otak-Atik Kuasa Kepala Desa (3)

Otak-Atik Kuasa Kepala Desa (3)

Economic Challenges • 8 hours ago

Ribuan kepala desa tengah menggelar aksi menuntut revisi UU Desa soal perpanjangan periode masa jabatan kepala desa dari 6 tahun menjadi 9 tahun.

Tujuan tuntutan ini untuk menyelesaikan persoalan pembangunan desa yang dianggap kurang efektif.

Selain itu, tuntutan kepala desa juga soal peningkatan anggaran dana hingga 7-9% APBN atau Rp150 triliun per tahun. Sejarah mana efektivitas UU Desa Ini? Seberapa mendesak revisi UU Desa?

Otak-Atik Kuasa Kepala Desa (2)

Otak-Atik Kuasa Kepala Desa (2)

Economic Challenges • 9 hours ago

Ribuan kepala desa tengah menggelar aksi menuntut revisi UU Desa soal perpanjangan periode masa jabatan kepala desa dari 6 tahun menjadi 9 tahun.

Tujuan tuntutan ini untuk menyelesaikan persoalan pembangunan desa yang dianggap kurang efektif.

Selain itu, tuntutan kepala desa juga soal peningkatan anggaran dana hingga 7-9% APBN atau Rp150 triliun per tahun. Sejarah mana efektivitas UU Desa Ini? Seberapa mendesak revisi UU Desa?

Otak-Atik Kuasa Kepala Desa (1)

Otak-Atik Kuasa Kepala Desa (1)

Economic Challenges • 9 hours ago

Ribuan kepala desa tengah menggelar aksi menuntut revisi UU Desa soal perpanjangan periode masa jabatan kepala desa dari 6 tahun menjadi 9 tahun.

Tujuan tuntutan ini untuk menyelesaikan persoalan pembangunan desa yang dianggap kurang efektif.

Selain itu, tuntutan kepala desa juga soal peningkatan anggaran dana hingga 7-9% APBN atau Rp150 triliun per tahun. Sejarah mana efektivitas UU Desa Ini? Seberapa mendesak revisi UU Desa?

3 Terdakwa Kasus Narkoba 40 Kg Divonis Hukuman Mati dan Penjara Seumur Hidup

3 Terdakwa Kasus Narkoba 40 Kg Divonis Hukuman Mati dan Penjara Seumur Hidup

Headline News • 9 hours ago

Hakim PN Tanjung Balai menjatuhkan vonis hukuman mati dan penjara seumur hidup terhadap tiga terdakwa kasus kepemilikan 40 kilogram sabu. Ketiga terdakwa mendengar putusan vonis hakim secara virtual di Lapas Labuhan Ruku Batubara.

Hakim yang diketuai oleh Yanti Suryani dalam putusannya menjatuhkan vonis hukuman mati terhadap terdakwa Habibul Haddad yang merupakan otak pelaku. Adapun serta vonis seumur hidup untuk dua terdakwa lainnya, yakni Ahmad Sukron dan Amri.

Sebelumnya, ketiga terdakwa ditangkap oleh BNNP Sumatra Utara yang berkerja sama dengan Bea Cukai Teluk Nibung pada 6 Juli 2022. Petugas berhasil mengamankan dua kilogram sabu di sebuah rumah di Kecamatan Air Joman Asahan. Selain itu, dari hasil pengembangan, petugas kembali menemukan dua karung yang didalamnya berisi 38 kilogram sabu.

Sementara itu, ketiga terdakwa mengajukan banding atas putusan itu.

Keluarga Hasya Laporkan Polres Jaksel ke Ombudsman RI

Keluarga Hasya Laporkan Polres Jaksel ke Ombudsman RI

Top News • 9 hours ago

Keluarga Hasya Atalla Syahputra mendatangi Ombudsman Republik Indonesia untuk melaporkan Polres Metro Jakarta Selatan dan pihak yang mengeluarkan hasil visum karena telah menetapkan status tersangka kepada mahasiswa Universitas Indonesia tersebut dalam peristiwa kecelakaan, 6 Oktober 2022 lalu.

Keluarga Hasya Atalla Syahputra dengan didampingi tim kuasa mendatangi Ombudsman Republik Indonesia.  Keluarga Hasya melaporkan soal penetapan tersangka kepada Hasya yang meinggal akibat kecelakaan tersebut. 
Sebelumnya, penyidik dari Ditlantas Polda Metro Jaya, menetapkan Hasya sebagai tersangka dalam kecelakaan 6 Oktober 2022 lalu. Hasya disebut menjadi korban tewas karena kelalaiannya sendiri. 

Kuasa hukum keluarga Hasya mengatakan, proses penyelidikan dan penyidikan tidak sesuai. Tim pencari fakta yang dibuat oleh Kapolda Metro Jaya juga tidak tepat,  karena fakta yang digunakan adalah versi kepolisian  yang tertuang dalam surat perintah penyelidikan dan penyidikan dan saat ini telah dihentikan.

Gayus Lumbuun Ingatkan Hakim Jelang Sidang Vonis Ferdy Sambo Cs

Gayus Lumbuun Ingatkan Hakim Jelang Sidang Vonis Ferdy Sambo Cs

Top News • 9 hours ago persidangan sambo

Rangkaian sidang pembunuhan berencana terhadap Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J dengan terdakwa Ferdy Sambo dkk akan memasuki tahap-tahap akhir, yakni pembacaan vonis. Menko Polhukam, Mahfud MD memberikan peringatan adanya 'Gerakan Bawah Tanah' yang didukung dengan informasi valid. 

Menanggapi hal tersebut, Mantan Hakim, Gayus Lumbuun mengatakan yang perlu diantisipasi majelis hakim yakni psikis dibandingkan ancaman fisik.

"Saya lebih tertarik dengan pengamanan bukan secara fisik tapi mengantisipasi soal pengaruh, itu penting. Jadi kalo fisik saya fikir dari awal hakim punya naluri, kewaspadaan dan seringkali hakim justru meminta safe house atau meminta dipindahkan persidangannya," kata Mantan Hakim Gayus Lumbuun saat wawancara dalam program Top News Metro TV, Selasa (31/1/2023).

Ia melihat ancaman yang paling nyata bukan fisik tetapi ancaman psikis baik. Menurutnya, pernyataan dari Menko Polhukam, Mahfud MD soal 'Gerakan Bawah Tanah' menjadi peringatan untuk semua pihak karena gerakan mempengaruhi hakim bisa datang dari pihak manapun baik yang meringankan maupun memberatkan vonis terdakwa.

Gayus Lumbuun juga mengimbau kepada masyarakat agar tidak membentuk opini pribadi jelang sidang vonis yang dikhawatirkan dapat menjadi pengaruh yang buruk.

Diketahui, Sambo dkk telah mendengarkan tuntutan yang diajukan jaksa penuntut umum (JPU) dalam persidangan. JPU sendiri menuntut Sambo dipidana penjara seumur hidup, sementara Richard Eliezer dituntut penjara 12 tahun. Adapun Putri Candrawathi, Kuat Ma'ruf, dan Ricky Rizal dituntut penjara 8 tahun.

KKB Tembak Warga Sipil di Intan Jaya Papua

KKB Tembak Warga Sipil di Intan Jaya Papua

Headline News • 9 hours ago

Seorang warga sipil dilaporkan ditembak oleh KKB di Distrik Sugapa, Kabupaten Intan Jaya, Papua, Senin (30/1/2023) sekitar pukul 13.22 WIT. 
 
Korban atas nama Saharuddin mengalami luka tembak di bagian punggung. Korban berhasil diselamatkan warga dan dibawa ke puskesmas untuk mendapat perawatan.

Polisi telah melakukan olah tkp di sekitar lokasi kejadian dan memasang garis polisi. Hingga kini, polisi sedang memburu pelaku yang sudah diketahui ciri-cirinya.

5 Calon Ketum PSSI Lolos Verifikasi, Ada Erick Thohir dan La Nyalla

5 Calon Ketum PSSI Lolos Verifikasi, Ada Erick Thohir dan La Nyalla

Headline News • 9 hours ago

Lima calon ketua umum PSSI dinyatakan lolos verifikasi oleh komite pemilihan jelang Kongres Luar Biasa PSSI. Hal ini disampaikan langsung oleh Ketua Komite Pemilihan PSSI, Amir Burhanudin.

Kelima calon ketum PSSI dinyatakan lolos verifikasi setelah seluruh dokumen serta para dukungan yang masuk bagi kelima calon memenuhi persyaratan.

Tidak ada nama yang dinyatakan gugur, sehingga kelima calon dimasukkan dalam daftar calon sementara. Adapun kelima calon itu adalah La Nyalla Mattalitti, Arif Putra Wicaksono, Doni Setiabudi, Erick thohir, dan Fary Djemy Francis.

Sementara itu, dari 20 nama bakal calon waketum PSSI, hanya 16 yang masuk dalam daftar calon sementara. Empat lainnya dipastikan gagal lantaran tidak dapat mengajukan dokumen banding.

Lewati Jalan Rusak, Truk Bermuatan Kayu Terguling

Lewati Jalan Rusak, Truk Bermuatan Kayu Terguling

Top News • 9 hours ago

Sebuah truk bermuatan kayu jati terguling saat melintasi jalan rusak dan berlubang di Jalan Alternatif Pati – Jepara. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini.
 
Tumpukan kayu yang jatuh sempat mengenai sejumlah kendaraan yang melintas, beruntung para pengendara selamat dan hanya motor mereka yang tertimpa tumpukan kayu.
 
Menurut warga, jalan tersebut sudah rusak sejak pertengahan tahun lalu dan sudah sempat diperbaiki. Namun, karena terendam banjir beberapa waktu lalu jalan kembali rusak. Warga berharap agar jalan yang rusak ini segera diperbaiki agar tidak menimbulkan kecelakaan serupa.

Analis: Proses Negosiasi Bacapres-Bacawapres Koalisi Gerindra-PKB Belum Final

Analis: Proses Negosiasi Bacapres-Bacawapres Koalisi Gerindra-PKB Belum Final

Primetime News • 9 hours ago

Sekretariat Bersama Partai Gerindra dan Partai Kebangkitan Bangsa diresmikan oleh Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto dan Ketua Umum PKB Abdul Muhaimin Iskandar. Namun, Analis Politik Ahmad Khoirul Umam menyebut proses negosiasi politik antar keduanya belum menghasilkan kesepakatan dengan belum dideklarasikannya bakal capres dan cawapres.

"Pembentukan Koalisi Indonesia Raya merupakan kabar baik, ketika kemudian melakukan deklarasi pembentukan sekretariat bersama di kawasan Menteng, Jakarta. Tetapi, belum ada deklarasi perihal capres-cawapres yang akan diusung. Ini artinya proses negosiasi belum selesai," kata Khoirul dalam keterangannya, Selasa (31/1/2023). 

Ke depan, Umam menilai dinamika politik ini akan semakin menarik. Karena dengan adanya sekber Gerindra-PKB akan menambah dinamisasi proses pencalonan jelang Pilpres 2024, dan tampaknya akan mempercepat proses pembentukan peta koalisi-koalisi yang lain.

Sementara itu, Partai Gerindra secara tegas telah menyatakan Prabowo Subianto sebagai bakal calon presiden pada Pemilu 2024. Meski begitu, Cak Imin, sapaan akrab Abdul Muhaimin Iskandar, belum menyatakan kesiapannya untuk mendampingi Prabowo sebagai bacawapres. 

"Kami secara tegas, berdasarkan hasil rapimnas, menyatakan Prabowo Subianto sebagai capres di Pemilu 2024," ujar Politikus Partai Gerindra Arief Poyuono dalam keterangannya.

6 Rumah di Pulau Gadung Ludes Terbakar

6 Rumah di Pulau Gadung Ludes Terbakar

Top News • 9 hours ago kebakaran

Satu toko dan enam rumah warga serta sebuah sepeda motor yang berada di kawasan Pulogadung, Jakarta Timur, ludes terbakar. 13 unit mobil pemadam kebakaran di kerahkan untuk memadamkan api.

Kobaran api dengan cepat menghanguskan sebuah toko dan enam rumah warga yang berada di jalan Kayu Putih, Pulogadung, Jakarta Timur, Selasa (31/1/2023) sore. Banyaknya material yang mudah terbakar membuat api dengan cepat merambat keseluruh bangunan. Satu unit sepeda motor milik warga yang terparkir di dalam rumah pun ikut terbakar.
 
Diduga kebakaran terjadi akibat adanya kebocoran tabung gas dari salah satu rumah warga yang terbakar. Sebelum terjadi kebakaran, warga juga sempat mendengar adanya ledakan di bagian belakang rumah yang terbakar. 

Sebanyak 13 unit mobil pemadam beserta 65 petugas di kerahkan ke lokasi untuk memadamkan api.  Api baru dapat di padamkan setelah hampir 1 jam. Tidak ada korban ada korban jiwa maupun luka dalam peristiwa ini. Kerugian di taksir mencapai ratusan juta rupiah.

 Pengacara Tegaskan Kuat Ma'ruf Tidak Tahu soal Pengamanan Senjata Yosua oleh Ricky

Pengacara Tegaskan Kuat Ma'ruf Tidak Tahu soal Pengamanan Senjata Yosua oleh Ricky

Top News • 9 hours ago

Kuasa hukum terdakwa Kuat Ma'ruf menegaskan bahwa kliennya tidak tahu menahu soal pengamanan senjata milik Brigadir J yang dilakukan oleh terdakwa Ricky Rizal. Kuasa hukum membantah bahwa terdakwa mengetahui prosedur dan penempatan senjata api di mobil milik terdakwa Ferdy Sambo.

"Terdakwa Kuat Ma'ruf tidak mengetahui adanya pengamanan senjata milik korban Yosua yang dilakukan oleh saksi Ricky Rizal Wibowo," ujar kuasa hukum terdakwa Kuat Ma'ruf, Dicky Nelson dalam sidang duplik, Selasa (31/1/2023). 

Kuasa hukum juga menjelaskan bahwa Kuat Ma'ruh adalah seorang sopil yang bekerja sebagai sopir dan asisten rumah tangga di rumah Ferdy Sambo. Hal ini yang membuat Kuat Ma'ruf tidak mengetahui soal penempatan senjata di mobil Ferdy Sambo. 

"Sebagai seorang sipil, sopir yang merangkap asisten rumah tangga terdakwa tidak mengetahui prosedur ini dan tidak tahu menahu mengenai penempatan senjata dan lainnya," lanjut Dicky Nelson.

Safari Kebangsaan, Anies Bawa Pesan Politik Suka Cita di NTB

Safari Kebangsaan, Anies Bawa Pesan Politik Suka Cita di NTB

Headline News • 10 hours ago

Bakal calon presiden Partai Nasdem, Anies Baswedan melakukan safari kebangsaan di Kabupaten Sumbawa, NTB. Dalam sambutannya, Anies mengaku senang kembali ke Sumbawa serta membawa pesan politik suka cita dan penuh kegembiraan.

Kedatangan Anies di Kabupaten Sumbawa disambut meriah oleh para pendukungnya. Pada acara safari kebangsaan itu, Anies didampingi oleh Wakil Ketua Umum Partai NasDem, Ahmad Ali.

Selain menyapa warga, Anies juga menghadiri acara Partai NasDem di Lapangan Cendrawasih meski sempat diguyur hujan. Namun, warga tampak antusias untuk bertemu dengan Anies.

Selain itu dalam pidatonya, Anies membawa pesan optimisme untuk perubahan masa depan Indonesia. 

Jeda Dua Pekan Vonis Sambo, Ada Peluang Intervensi Hakim?

Jeda Dua Pekan Vonis Sambo, Ada Peluang Intervensi Hakim?

Primetime News • 10 hours ago

Hakim memberi jeda dua pekan untuk sidang dengan agenda pembacaan vonis atau putusan perkara pembunuhan berencana terhadap Brigadir J. Hal ini dikhawatirkan memberi peluang pihak-pihak untuk mengintervensi putusan hakim.

“Bisa saja jeda waktu itu membuat segala macam situasi bisa terjadi,” kata Pengamat Intelejen Soleman B Ponto, Selasa (31/1/2023).

Meski demikian Soleman percaya jeda waktu ini dimanfaatkan hakim untuk benar-benar melihat secara legal maupun materi untuk menentukan putusan. Soleman berkeyakinan upaya untuk mempengaruhi hakim masih akan terjadi hingga vonis. 

Sementara, mantan PLT Jaksa Agung Muda Pengawasan Jasman Panjaitan menyebut, pemberian jeda waktu selama dua pekan ini sudah sesuai. Hakim sudah berperilaku adil memberikan kesempatan yang sama kepada jaksa dan penasihat hukum.

“Itu memang sesuai prosedur, tidak ada mengulur waktu, hakim dalam hal ini adil memberikan kesempatan yang sama kepada penuntut umum maupun kepada penasihat hukum,” kata Jasman Panjaitan.

Ricky Rizal Bantah Ikut Rencanakan Pembunuhan Brigadir J

Ricky Rizal Bantah Ikut Rencanakan Pembunuhan Brigadir J

Headline News • 10 hours ago persidangan sambo

Pengacara Ricky Rizal, Zena Dinda Defega, menolak pernyataan jaksa yang menyebut Ricky terbukti turut serta merencanakan pembunuhan di Rumah Saguling lantai 3. Menurut Zena, Ricky tidak memiliki niat untuk melakukan pembunuhan dan tidak mengetahui kapan dan di mana rencana pembunuhan terhadap Brigadir J.

"Obrolan terdakwa dengan saksi Ferdy Sambo di lantai tiga rumah Saguling adalah bersifat pertanyaan dan bukan perintah. Serta secara tegas dan lugas terdakwa Ricky Rizal telah menolak adapun kalimat tersebut bermuatan mengenai mengamankan dan back up saksi Ferdy Sambo serta menembak Nofriansyah Yosua Hutabarat jika korban melawan," kata Pengacara Ricky Rizal, Zena Dinda Defega, Selasa (31/1/2023).

"Keterangan terdakwa telah berkesusaian pula dengan keterangan saksi Ferdy Sambo yang pada pokoknya telah menerangkan adanya penolakan yang dilakukan oleh terdakwa Ricky Rizal," tambahnya.

Sebelumnya, jaksa meminta hakim untuk mengabaikan pembelaan atau pleidoi terdakwa Ricky Rizal. Sebab, pembelaan Ricky tidak berdasarkan hukum. Atas hal ini, Ricky diminta dituntut dalam Pasal 340 KUHP jo 55 ayat 1 KUHP.

ICJR Kirim Amicus Curiae Demi Lindungi Eliezer sebagai Justice Collaborator

ICJR Kirim Amicus Curiae Demi Lindungi Eliezer sebagai Justice Collaborator

Primetime News • 10 hours ago persidangan sambo

Richard Eliezer terus menuai dukungan dari sejumlah pihak dalam perkara pembunuhan Brigadir J. Direktur Eksekutif ICJR, Erasmus Napitupulu menjelaskan bahwa ICJR mengirimkan amicus curiae yang ditujukan ke majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan bertujuan untuk menyelamatkan status Richard Eliezer sebagai justice collaborator.

"Kita berkepentingan pada kasus ini, namun bukan hanya kasusnya tapi terkait perlindungan justice collaborator," kata Direktur Eksekutif ICJR, Erasmus Napitupulu saat wawancara dalam program Primetime News Metro TV, Selasa (31/1/2023).

Erasmus juga mengapresiasi kejaksaan, hakim, dan LPSK yang dari awal sudah memberikan pelakuan khusus dan perlindungan terhadap Richard Eliezer sebagai justice collaborator.

"Titik tekannya ketika jaksa memberikan tuntutan. Dalam poin ini kami (ICJR) melihat ada sedikit inkosistensi padahal jaksa sebagai pengendali perkara seharusnya bisa konsisten dari awal dakwaan sampai dengan penuntutan bagaimana sudah memberikan perlakuan terhadap Eliezer," ujar Erasmus Napitupulu.

Erasmus juga menjelaskan pengiriman amicus curiae ini agar putusan hakim nantinya bukan hanya Eliezer tapi posisi justice collaborator dalam sistem peradilan pidana.

Sementara itu, Pakar Hukum Pidana Asep Iwan Iriawan mengatakan sahabat keadilan artinya keadilan agar sehat dan kuat di pengadilan. Oleh karena itu, hal ini dikaitkan dengan konsep justice collaborator.

"Artinya ada kepedulian, ada perhatian dari mereka-mereka sebagai sahabat. Artinya mencintai lembaga pengadilan ini supaya pengadilan tegak diatas keadilan," kata Pakar Hukum Pidana Asep Iwan Iriawan saat wawancara dalam program Primetime News Metro TV, Selasa (31/1/2023).

Eks Ketua Dewan Pembina ACT Novariyadi Dituntut 4 Tahun Penjara

Eks Ketua Dewan Pembina ACT Novariyadi Dituntut 4 Tahun Penjara

Headline News • 10 hours ago

Mantan Ketua Dewan Pembina Yayasan Aksi Cepat Tanggap (ACT), Novariyadi Imam Akbari, dituntut empat tahun penjara, Selasa (31/1/2023). Novariyadi dinilai bersalah dalam kasus penggelapan dana bantuan sosial dari Boeing Community Investment Fund (BCIF) untuk keluarga korban kecelakaan Lion Air JT 610 oleh Yayasan ACT.

Jaksa menilai Novariyadi terbukti melanggar Pasal 374 KUHP jo Pasal 55 KUHP. Perbuatan Novariyadi dinilai telah meresahkan masyarakat luas karena telah menyalahgunakan dana BCIF.
 
Jaksa meminta hakim menjatuhkan pidana penjara selama empat tahun kepada Novariyadi atas tuntutan itu. Kubu Novariyadi akan menyampaikan nota pembelaan atau pleidoi pada sidang yang akan digelar pekan depan.
 
Sebelumnya, Novariyadi didakwa menggelapkan dana bantuan sosial dari BCIF untuk keluarga korban kecelakaan Lion Air JT 610. Perbuatannya itu dilakukan bersama-sama dengan mantan Presiden Yayasan ACT Ahyudin, Presiden ACT periode 2019-2022 Ibnu Khajar, dan mantan senior Vice President Operational ACT, Hariyana binti Hermain.

Selain itu, Ahyudin telah divonis bersalah dan dihukum 3,6 bulan penjara. Sementara Ibnu dan Hariyana dijatuhi hukuman tiga tahun penjara.

Minta Hakim Ringankan Hukuman Richard Eliezer, ICJR Kirim Amicus Curiae

Minta Hakim Ringankan Hukuman Richard Eliezer, ICJR Kirim Amicus Curiae

Primetime News • 10 hours ago persidangan sambo

Dukungan bagi Richard Eliezer Pudihang Lumiu alias alias Bharada E untuk mendapatkan hukuman ringan dalam perkara pembunuhan Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J terus mengalir dari luar persidangan. Lembaga hukum Institute for Criminal Justice Reform (ICJR) meminta majelis hakim agar meringankan hukuman Eliezer yang dituntut JPU 12 tahun penjara.

Kelompok masyarakat yang tergabung dalam Institute for Criminal Justice Reform (ICJR) mengirimkan amicus curiae atau sahabat pengadilan bagi majelis hakim yang menyidangkan perkara pembunuhan Brigadir J.

Direktur Eksekutif ICJR, Erasmus Napitupulu mengatakan ICJR meminta hakim mempertimbangkan hukuman yang paling ringan untuk Eliezer dibanding para terdakwa lainnya. Hal itu didasari beberapa faktor, di antaranya Eliezer sudah bersikap jujur dan koperatif di persidangan. Selain itu, Eliezer juga sudah memenuhi kualifikasi sebagai justice collaborator LPSK. 

Wakil Ketua LPSK, Edwin Partogi mengatakan nilai seorang justice collaborator dalam sebuah perkara tidak hanya bisa dilihat dari perbuatan tindak pidananya, melainkan dari kontribusi apa yang diberikan dalam proses hukum.

Menurutnya, Eliezer telah berani jujur untuk membongkar skenario pembunuhan yang perkaranya sulit dan sudah direkayasa sejak awal.