NEWSTICKER

Index: 2022-09-28

189 result

Indonesia Usung Tiga Isu Utama Ketahanan Pangan Global dalam AMM G20

Indonesia Usung Tiga Isu Utama Ketahanan Pangan Global dalam AMM G20

Metro Hari Ini • 4 months ago G20

Indonesia yang saat ini menjadi presidensi G20 mengusung tiga isu utama pada pertemuan Agriculture Minister Meeting (AMM) yang digelar di Bali pada 27-29 September 2022. Pertemuan ini membahas ketahanan pangan global, temasuk ancaman krisis pangan yang antara lain akibat pandemi covid-19 dan infasi Rusia-Ukraina. 

Menteri Pertanian Syharul Yasin Limpo mengatakan, bahwa isi tiga hal tersebut adalah mempromosikan sistem pertanian, serta pangan yang tangguh dan berkelanjutan. Lalu, mempromosikan perdagangan pertanian yang terbuka, adil, dapat diprediksi, transparan, dan non diskriminatif untuk memastikan ketersediaan pangan. 

"Kita ingin mewujudkan sistem ketahanan pangan yang tangguh dan berkelanjutan," ujar Syahrul Yasin Limpo.

Renovasi Ruang Rapat Gedung DPRD Bekasi Capai Rp6 M

Renovasi Ruang Rapat Gedung DPRD Bekasi Capai Rp6 M

Primetime News • 4 months ago

Anggaran renovasi perbaikan Ruang Rapat Paripurna DPRD Kota Bekasi, Jawa Barat sebesar Rp6 miliar kembali disorot publik. Pihak DPRD Kota Bekasi dianggap melakukan pemborosan dengan menghambur-hamburkan anggaran. Padahal dari segi kelayakan ruang rapat tersebut masih layak untuk digunakan.

Sementara itu, pihak Sekretariat DPRD Kota Bekasi menjelaskan bahwa sejak dibangun tahun 2003-2004, ruang paripurna belum pernah direnovasi.

KPK: Penyidikan Kasus Lukas Enembe Tidak Akan Dihentikan

KPK: Penyidikan Kasus Lukas Enembe Tidak Akan Dihentikan

Primetime News • 4 months ago

Gubernur Papua Lukas Enembe sudah dua kali mangkir dari pemeriksaan KPK dengan alasan sakit. Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyatakan bahwa proses penyidikan kasus dugaan tindak pidana korupsi tersangka Gubernur Papua tidak akan dihentikan, meski tersangka Lukas mengklaim memiliki tambang emas.

Wakil Ketua KPK Nawawi Pamolango menegaskan penyidikan hanya bisa dihentikan dengan tiga alasan, yakni tidak ditemukan cukup bukti, para penyidik mengklaim bahwa perkara tersebut bukan perkara pidana, dan penyidikan dihentikan dengan hukum tersangka meninggal, dan sebagainya.

"Jika Lukas Enembe ingin membuktikan kepemilikan tambang emas, hal itu dapat dilakukan dalam proses persidangan dan bukan pada proses penyidikan," ujar Wakil Ketua KPK, Nawawi Pamolango.

Anggota Perguruan Silat di Jombang Serang Warga, 3 Orang Terluka

Anggota Perguruan Silat di Jombang Serang Warga, 3 Orang Terluka

Primetime News • 4 months ago

Sejumlah anggota perguruan silat yang selama ini dikenal gemar berkonvoi dan membuat ulah menyerang warga di Kabupaten Jombang, Jawa Timur dengan senjata tajam, Minggu (25/9/2022). Tiga orang terluka, satu korban merupakan perempuan mengalami luka usai di lempar batu.

Sejumlah warga juga sempat panik hingga berhamburan keluar rumah. Dari hasil penyelidikan,  terdapat 20 orang lebih yang berkonvoi dan delapan orang diduga melakukan penyerangan kepada warga. 

"Kami tidak melarang perguruan itu eksis di Kabupaten Jombang, tapi kalau sudah mengarah ke tindak pidana, kami tidak segan-segan melakukan tindakan tegas terukur," ujar Kasat Reskrim Polres Jombang, AKP Giadi Nugraha.

Mekanisme Pemilihan Komisioner KPK Dilakukan dengan Voting Tertutup

Mekanisme Pemilihan Komisioner KPK Dilakukan dengan Voting Tertutup

Metro Hari Ini • 4 months ago

Uji kelayakan dan kepatutan calon pimpinan KPK di Komisi III DPR masih berlangsung, fraksi-fraksi di DPR menguji kembali dua calon wakil ketua KPK yakni, Johanis Tanak dan I Nyoman Wara yang diajukan oleh Presiden Joko Widodo.

Nantinya, pemilihan akan dilakukan secara voting tertutup untuk menentukan siapa yang akan terpilih sebagai pengganti Lili Pintauli, wakil ketua KPK sebelumnya. 

Adapun uji kelayakan terhadap dua calon dilakukan secara terpisah. Kedua kandidat diberikan masing-masing 15 menit untuk memaparkan visi dan misinya. Nyoman terlebih dulu memaparkan visi misinya jika terpilih menjadi pimpinan KPK. Selanjutnya, giliran Johanis yang memberi pemaparan di hadapan anggota Komisi Hukum DPR.

Heboh! Buaya 2 Meter Muncul di Bantaran Sungai Cikaso

Heboh! Buaya 2 Meter Muncul di Bantaran Sungai Cikaso

Primetime News • 4 months ago

Saat mendistribusikan bantuan banjir, relawan menemukan seekor buaya berukuran dua meter di bantaran Sungai Cikaso, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. 

Kepala Desa Cibitung Iip Pahrudin mengaku kemunculan buaya hampir setiap pagi terlihat pasca banjir yang melanda Desa Cibitung, Sukabumi, Sabtu (24/9/2022). Warga berharap buaya tersebut dipindahkan jauh dari permukiman.

Diduga Korsleting Listrik, Mobil Mewah Terbakar di Bintaro

Diduga Korsleting Listrik, Mobil Mewah Terbakar di Bintaro

Primetime News • 4 months ago

Sebuah mobil mewah yang tengah berhenti di lampu merah Jalan Boulevard Bintaro Jaya, Tangerang Selatan, Banten tiba-tiba terbakar. Diduga mobil tersebut terbakar karena korsleting listrik. Beruntung api langsung dapat dipadamkan dan pengemudi dalam keadaan selamat. 

Menurut keterangan sopir, ia sempat melihat adanya percikan api dari dalam mesin setelah itu ia langsung keluar dan meminta bantuan untuk memadamkan api. Kasus kebakaran langsung ditangani oleh unit Lakalantas Polsek Pondok Aren.

Lima Nakes Jahit Mulut Tuntut Insentif

Lima Nakes Jahit Mulut Tuntut Insentif

Metro Hari Ini • 4 months ago

Sebanyak lima tenaga kesehatan di Asahan, Sumatera Utara nekat menggelar aksi jahit mulut saat demo menuntut pencairan dana insentif yang tidak kunjung diterima. Ratusan tenaga medis sukarela tersebut berujuk rasa dengan mendatangi Kantor Bupati Asahan, Sumatera Utara. 

Para tenaga medis dari sejumlah puskesmas dan rumah sakit yang ada di Kabupaten Asahan menuntut adanya anggaran insentif bagi tenaga sukarela medis non PNS dalam Nomenklatur APBD Asahan sebesar Rp300 ribu per bulan. Mirisnya, terdapat lima orang aksi yakni tiga nakes wanita dan dua nakes pria yang nekat menjahit mulutnya sebagai bentuk protes. Aksi jahit mulut tersebut dimaksudkan sebagai simbol sakitnya profesi yang harus mereka jalani selama bertahun-tahun.

Para tenaga medis sukarela mengaku hampir tidak pernah digaji dari sumber keuangan daerah atau APBD. Mereka hanya menerima sisihan honor yang diambil dari tenaga kesehatan PNS sebesar Rp50 hingga Rp100 ribu per bulan. Pemerintah Kabupaten Asahan akan segera mendata sejumlah nakes sukarela dan berjanji akan memperjuangkan tuntutan dana insentif mereka. 

Lukas Enembe Tersangka, PLBN Skouw Papua Dijaga Ketat

Lukas Enembe Tersangka, PLBN Skouw Papua Dijaga Ketat

Metro Hari Ini • 4 months ago

Gubernur Papua Lukas Enembe pernah melanggar aturan keimigrasian dengan masuk ke wilayah Papua Nugini melalui jalur tikus, untuk berobat pada tahun 2021. Kini, saat Lukas Enembe berstatus tersangka dugaan penerimaan suap dan gratifikasi di KPK, Pos Lintas Batas Negara (PLBN) dijaga ketat oleh satu kompi TNI, Polri dan petugas Imigrasi.

"Biasa yang kami lakukan dari sisi keamanan, ada tiga hari pasar (kegiatan belanja warga Papua Nugini) yang ditentukan yaitu Selasa, Kamis dan Sabtu. Di hari tersebut tim gabungan Polri dan TNI melakukan penjagaan pintu masuk lintas perbatasan,"ujar Kapolsub Sektor Skouw, Ipda Alex Yerisetouw.

Diketahui akses dari Papua menuju Papua Nugini hanya melalui pintu perbatasan tersebut. 

50 Tagana Siaga 24 Jam di Lokasi Banjir Bunisari Pangandaran

50 Tagana Siaga 24 Jam di Lokasi Banjir Bunisari Pangandaran

Metro Hari Ini • 4 months ago Banjir

Ratusan warga di Desa Bunisari Cigugur, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat masih terisolasi karena akses jalan terendam banjir dengan ketinggian air mencapai dua meter. Sebanyak 152 kepala keluarga terisolasi karena akses jalan masih terendam banjir. 

Warga membuat rakit dari bambu untuk bisa beraktivitas, sementara warga yang rumahnya terendam banjir terpaksa harus mengungsi. Dinas Sosial Pemprov Jawa Barat menyiagakan perahu karet untuk sarana penyebrangan warga dan membagikan bantuan berupa makanan serta alat-alat kebersihan. Sekitar 50 personel Taruna Siaga Bencana (Tagana) yang juga bersiaga 24 jam dilokasi banjir.

Mantan Jubir dan Penyidik KPK 'Perkuat' Tim Pengacara Keluarga Ferdy Sambo

Mantan Jubir dan Penyidik KPK 'Perkuat' Tim Pengacara Keluarga Ferdy Sambo

Headline News • 4 months ago

Metrotvnews.com: Dua mantan 'orang dalam' Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bergabung bersama tim kuasa hukum Ferdy Sambo. Mereka adalah Febri Diansyah dan Rasamala Aritonang yang masing-masing adalah mantan juru bicara dan penyidik.

Febri Diansyah akan fokus kepada Putri Candrawathi dan Rasamala Aritonang jadi pengacara Ferdy Sambo. Tim kuasa hukum keluarga Ferdy Sambo juga beranggotakan Arman Hanis dan Sarmauli Simangunsong.

"Kami berharap terwujud proses hukum yang objektif dan berkeadilan untuk semua," kata Arman Hanis, Rabu, 28 September 2022. "Berkeadilan tidak hanya bagi Ferdy Sambo dan tersangka lain, tetapi juga bagi korban, keluarga korban dan masyarakat".

Sementara Febri Diansyah mengaku, bersedia bergabung menjadi tim kuasa hukum keluarga Ferdy Sambo karena ingin memastikan proses hukum kasus ini berlangsung objektif dan adil. "Di dalam konteks itulah saya dan Rasamala bergabung," kata Febri.

Berkas P21, Kejagung RI: 7 Tersangka Obstruction of Justice Pembunuhan Brigadir J Segera Disidangkan

Berkas P21, Kejagung RI: 7 Tersangka Obstruction of Justice Pembunuhan Brigadir J Segera Disidangkan

Breaking News • 4 months ago

Tujuh berkas perkara yang menyangkut Obstruction of Justice pada kasus pembunuhan berencana Brigadir J dengan tersangka Irjen Ferdy Sambo terancam UU ITE. Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Umum Fadil Zumhana juga menyebut ketujuh berkas perkara yang menyangkut obstruction of justice dinyatakan lengkap dengan formulir P21. 

Kejaksaan menyampaikan pasal yang disangkakan terhadap tersangka yaitu  UU ITE No. 19 Tahun 2016 pasal 32 dan 33 Junto 48 dan 49. Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Umum (Jampidum) Fadil Zumhana menerangkan, pasal tersebut disangkakan karena barang bukti yang dirusak berupa bukti elektronik.

"Karena yang dirusak adalah barang elektronik dan bukti elektronik sehingga kami menyangkakan berdasarkan petunjuk jaksa kepada penyidik, sehingga yang disangkakan terberat Primer adalah UU ITE," tegas Jampidum Fadil Zumhana, Rabu (28/9/2022).

Selain itu, Kejagung menyebut kasus upaya perusakan dan penghilangan barang bukti adalah kasus yang biasa dan sudah sering ditangani.  

 

Smart Operation: Optimalisasi Teknologi 4.0 untuk Industri Pertambangan yang Berkelanjutan (2)

Smart Operation: Optimalisasi Teknologi 4.0 untuk Industri Pertambangan yang Berkelanjutan (2)

Newsline • 4 months ago pertambangan

MIND ID berkomitmen melakukan pemerataan penerapan Smart Mining atau optimalisasi teknologi 4.0 pada semua anggota holding. Namun demikian, MIND ID memahami tidak bisa dilakukan secara serta-merta untuk semua anggota.

Era revolusi industri dalam dunia pertambangan dinilai sangat berpotensi untuk turut memajukan sektor pertambangan dalam negeri. Berbicara mengenai pertambangan di Indonesia, mungkin saat ini yang terlintas adalah bagaimana strategi dan peran pemerintah maupun pelaku industri terkait untuk bisa berkomitmen dalam melaksanakan pilar berkelanjutan.

Penerapan pun telah dilakukan oleh sejumlah anggota holding. Pertama, Freeport menerapkan teknologi 5G di area tambang. Kedua, ANTAM sudah memaksimalkan artificial intelligence (AI) untuk menganalisa core photo pada proses eksplorasi. Ketiga, Timah sudah melakukan penambahan Sistem IoT pada kapal isap produksi untuk monitoring dan evaluasi parameter operational penambangan KIP di laut secara remote dan real time. Keempat, Bukit asam juga melakukan sistem digitalisasi angkutan batu bara bekerja sama dengan PT KAI dalam proses tracking status dan waktu pengiriman batu bara.

Rencana ke depan MIND ID yaitu fokus pada pengembangan proses Data Analytic hingga mencapai proses cognitive (decision making autonomy) dengan memanfaatkan machine learning (ML) dan artificial intelligence (AI). Kemudian strategic war room untuk melakukan proses monitor end to end dengan dilengkapi teknologi Augmented reality (AR) dan Virtual Reality (VR) dan visualisasi data dalam bentuk 2D atau 3D reality, dan juga ikut serta dalam pengembangan business dengan trend technology yang ada kedepan seperti ‘Metaverse’ atau sejenisnya.
 
Sementara rencana untuk anggota holding, pertama ANTAM melakukan pengembangan “Digital Gold” sistem yang menggabungkan dua sistem besar retail di Antam (Logam Mulia dan LM Brankas). Hal ini dapat meningkatkan capacity business ANTAM itu sendiri.
 
Kedua, Timah berencana melakukan ‘Fuel management system’ untuk mengontrol penggunaan fuel yang di miliki oleh Timah. Ketiga, Bukit Asam sistem monitoring progress perawatan fasilitas tambang.
 
Keempat, Inalum berencana melakukan transformasi digital di area produksi pada area smelter dengan melakukan proses integrasi data dari PLC dan SCADA, dan data integration sehingga bisa memberikan value seperti early warning system, preventive analytic dan cost effectiveness.

Smart Operation: Optimalisasi Teknologi 4.0 untuk Industri Pertambangan yang Berkelanjutan (3)

Smart Operation: Optimalisasi Teknologi 4.0 untuk Industri Pertambangan yang Berkelanjutan (3)

Newsline • 4 months ago pertambangan

MIND ID berkomitmen melakukan pemerataan penerapan Smart Mining atau optimalisasi teknologi 4.0 pada semua anggota holding. Namun demikian, MIND ID memahami tidak bisa dilakukan secara serta-merta untuk semua anggota.

Era revolusi industri dalam dunia pertambangan dinilai sangat berpotensi untuk turut memajukan sektor pertambangan dalam negeri. Berbicara mengenai pertambangan di Indonesia, mungkin saat ini yang terlintas adalah bagaimana strategi dan peran pemerintah maupun pelaku industri terkait untuk bisa berkomitmen dalam melaksanakan pilar berkelanjutan.

Penerapan pun telah dilakukan oleh sejumlah anggota holding, yakni

1. Freeport menerapkan teknologi 5G di area tambang.
2. ANTAM sudah memaksimalkan artificial intelligence (AI) untuk menganalisa core photo pada proses eksplorasi.
3. Timah sudah melakukan penambahan Sistem IoT (Internet of things) pada kapal isap produksi untuk monitoring dan evaluasi parameter operational penambangan KIP di laut secara remote dan real time.
4. Bukit asam melakukan sistem digitalisasi angkutan batu bara, bekerja sama dengan PT KAI dalam proses tracking status dan waktu pengiriman batu bara.

Rencana ke depan MIND ID yaitu fokus pada pengembangan proses Data Analytic hingga mencapai proses cognitive (decision making autonomy) dengan memanfaatkan machine learning (ML) dan artificial intelligence (AI).

Kemudian strategic war room untuk melakukan proses monitor end to end dengan dilengkapi teknologi Augmented reality (AR) dan Virtual Reality (VR) dan visualisasi data dalam bentuk 2D atau 3D reality, dan juga ikut serta dalam pengembangan business dengan trend technology yang ada kedepan seperti ‘Metaverse’ atau sejenisnya.
 

Banten Pada Masa Kesultanan Pernah Menjadi Kota Kosmopolitan

Banten Pada Masa Kesultanan Pernah Menjadi Kota Kosmopolitan

Melawan Lupa • 4 months ago

Kota Banten saat itu menjadi Kota Kosmopolitan yang dihuni warga dari beragam etnis dan ras. Kehidupan masyarakat di Kota Banten kala itu dalam sejumlah catatan digambarkan berlangsung dinamis dan penuh toleransi antar kelompok, ras dan agama.

Kesultanan Banten menaklukan Kerajaan Hindu Pakuan Padjajaran oleh Kesultanan Banten pada 1579 atau pada Pemerintahan Sultan Maulana Yusuf. Kesultanan Banten semakin diperhitungkan sebagai salah satu kekuatan penting di Nusantara.

Setelah lebih dari 100 tahun berdiri, Kesultanan Banten mencapai puncak kejayaannya pada masa pemerintahan Sultan Ageng Tirtayasa dari 1651 hingga 1682. Pada masa ini, Pelabuhan Banten telah sepenuhnya berkembang menjadi pelabuhan Internasional sehingga kehidupan perekonomian Kesultanan Banten mengalami kemajuan pesat di berbagai bidang.

Jayapura Aman dan Kondusif Selepas Demo

Jayapura Aman dan Kondusif Selepas Demo "Save Lukas Enembe"

Headline News • 4 months ago

Pasca terjadinya demo simpatisan Lukas Enembe soal kasus korupsi di kediamannya di Papua, situasi di sekitar Muara Tami dan Koya Tengah terpantai aman dan kondusif. Namun, Polresta Jayapura Kota dan Polda Papua sudah menyiagakan sejumlah personelnya  sebanyak tiga kompi untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak dinginkan, terutama di beberapa titik di Jayapura.

Sementara itu, kuasa hukum Lukas Enembe bertemu dengn tim kesehatan untuk mengecek kesehatan dari Lukas Enembe yang saat ini masih berada di kediamannya, Rabu (28/9/2022). 

Persediaan Vaksin Meningitis di KKP Palembang Habis

Persediaan Vaksin Meningitis di KKP Palembang Habis

Headline News • 4 months ago

Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Palembang mengakui kehabisan stok vaksin meningitis. Kondisi ini menyebabkan para calon jemaah umroh tidak dapat dilayani, padahal vaksi tersebut adalah syarat wajib bagi semua WNI yang hendak memasuki wilayah Afrika termasuk Arab Saudi.

Kantor Kesehatan Pelabuhan Palembang terakhir kali melayani permintaan pelaksanaan vaksin meningitis pada hari Selasa (27/9/2022) sebanyak 150 vial yang diperuntukan untuk jemaah umroh asal Palembang. KKP Palembang sudah mengajukan permintaan vaksin meningitis ke Kementerian Kesehatan dan baru akan tiba pada pertengahan bulan Oktober.

Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan Palembang, Emilia Rosa mengatakan, salah satu penyebab habisnya vaksin miningitis karena tingginya permintaan bagi pelaku perjalanan umroh, sementara produsen vaksin belum optimal dalam memproduksi vaksin karena masih dalam tahap pemulihan akibat pandemi Covid-19.

Banten Sebagai Kota Bandar Jalur Perdagangan di Kawasan Asia Tenggara

Banten Sebagai Kota Bandar Jalur Perdagangan di Kawasan Asia Tenggara

Melawan Lupa • 4 months ago

Kemunculan Kota Banten menjadi salah satu kota bandar terpenting dalam jalur perdagangan di kawasan Asia Tenggara. Tidak bisa dilepaskan dari keberadaan kesultanan Banten yang berdiri pada akhir abad ke-16.

Kesultanan Banten muncul setelah Syarif Hidayatullah atau Sunan Gunung Djati berhasil menaklukan kerajaan Hindu Banten Girang yang merupakan bagian dari Kerajaan Sunda Padjajaran pada 1526.

73 Warga Keracunan Gas PT SMGP Dirawat di RSU Panyabungan

73 Warga Keracunan Gas PT SMGP Dirawat di RSU Panyabungan

Metro Hari Ini • 4 months ago

Sebanyak 73 warga di Desa Sibanggor Julu dan Desa Sibanggor Tonga, Mandailing Natal, Sumatera Utara, mengeluhkan pusing, muntah, hingga tidak sadarkan diri usai menghirup gas Hidrogen Sulfida (H2S). 

Peristiwa keracunan gas beracun ini terjadi kembali untuk ke empat kalinya. Gas beracun tersebut bocor, diduga akibat kelalaian pihak perusahaan panas bumi PT SMGP yang tengah mengerjakan proyek pembukaan uji alir dari sumur bor.

Kondisi kesehatan puluhan korban kini masih dirawat di RSU Panyabungan. Karena terbatasnya ruang perawatan, pihak pemerintah daerah setempat terpaksa membangun tenda darurat di halaman parkir rumah sakit. 

"Secara anamnesis kita berpendapat bahwa ini kemungkinan disebabkan oleh adanya suatu intoksikasi atau keracunan dari gas yang dihirup. Namun, masih perlu penelitian lebih lanjut untuk memastikan gas apa yang terhirup oleh masyarakat," ujar Direktur RSU Panyabungan, M Rusli Pulungan.

Ricuh, Petani Muaro Jambi Tagih Bantuan dari Perusahaan Sawit

Ricuh, Petani Muaro Jambi Tagih Bantuan dari Perusahaan Sawit

Metro Hari Ini • 4 months ago

Ratusan petani di Desa Sakean, Muaro Jambi, Jambi nyaris bentrok dengan pihak perusahaan perkebunan kelapa sawit. Puluhan petugas dari Polres Muaro Jambi berusaha melerai dan menghalau agar tidak terjadi kericuhan dan baku hantam.

Ratusan petani ini menuntut pihak perusahaan untuk memberikan kompensasi kepada pihak Desa Sakean, di antaranya mempekerjakan sebagian besar warga desa Sakean, serta pemberian bantuan secara rutin kepada warga desa. 

Warga berharap Pemkab Muaro Jambi untuk mengukur kembali luas lahan Hak Guna Usaha (HGU) dari milik perusahaan sawit tersebut.

Kapolri Perintahkan Kadiv Propam Menjaga Citra Kepolisian

Kapolri Perintahkan Kadiv Propam Menjaga Citra Kepolisian

Kick Andy • 4 months ago

Syarat khusus untuk seseorang yang memiliki kewenangan atau jabatan sebagai Kadiv Propam menurut Kapolri, Listyo Sigit Prabowo, harus melaksanakan tugas pokok dan fungsinya untuk menjaga citra, pencari keadilan. Jadi harus dilakukan orang yang berintegritas. 

"Kadiv Propam yang baru diharapkan bisa melaksanakan tugas pokok dan fungsinya untuk menjaga citra dan pencari keadilan," ujar Sigit

Saat ini, bila ada yang terbukti melanggar seperti keberpihakan oleh penyidik dalam proses hukum akan langsung dipotong. Hal ini menjadi evaluasi, dengan posisi menjadi Kadiv Propam harus menegakkan aturan untuk menjaga marwah citra dan ke dalam memproses masalah-masalah hektik tentu harus diawali dengan orang terpilih.

Selain itu, asesmen khusus akan terus ditingkatkan. Tentunya pejabat yang baru dengan pengalaman dan peristiwa yang ada, akan melakukan screening untuk dibicarakan dengan pejabat utama.

Polisi Bubarkan Warga yang Blokade Jalan Lintas Lakey Dompu

Polisi Bubarkan Warga yang Blokade Jalan Lintas Lakey Dompu

Metro Hari Ini • 4 months ago

Polres Dompu membuka paksa aksi blokade Jalan Lintas Lakey di Desa Daha, Kecamatan Hu'u, Nusa Tenggara Barat, yang dilakukan oleh warga dari tiga desa. Aksi ini dipicu dari kekecewaan warga atas kebijakan perusahaan tambang setempat, yang tidak merekrut pegawai dari tenaga lokal.

Aparat kepolisian terpaksa menembakan gas air mata ke arah warga yang memblokade jalan lintas lakey di Desa Daha, Dompu. Sebelumnya polisi sudah melepaskan tembakan peringatan. Namun, warga dari tiga desa ini tidak juga membuka blokade jalan. 

Pendemo pun membalas dengan melempar batu ke arah polisi dan mengakibatkan seorang anggota unit Propam Polres Dompu terluka di bagian kepala. Bentrokan bisa diredam setelah massa berhasil dipukul mundur, serta melakukan negosiasi. 

Usut Oknum Polri Terlibat Judi, Polri Libatkan PPATK

Usut Oknum Polri Terlibat Judi, Polri Libatkan PPATK

Kick Andy • 4 months ago

Seiring pengungkapan kasus judi online, muncul dugaan meluasnya jaringan sindikat judi online tidak lepas dari keterlibatan oknum Polri. Dugaan itu tidak dibantah Kapolri Listyo Sigit Prabowo.

Bahkan nama-nama oknum yang dicurigai, sedang diusut Propam Polri. Pengusutan melibatkan Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) untuk telusuri lalu lintas dana melalui rekening masing-masing oknum.

"Tentunya kita akan perlakukan hal yang sama karena memang sudah menjadi perintah saya, jangan main-main dengan hal seperti ini. Nanti akan kita tindak tegas," ujar Kapolri. 

Suami Siram Istri dengan Air Keras karena Digugat Cerai

Suami Siram Istri dengan Air Keras karena Digugat Cerai

Newsline • 4 months ago

Seorang ibu rumah tangga warga Desa Segayam, Kecamatan Gelumbang, Kabupaten Muara Enim, Provinsi Sumatera Selatan mengalami luka bakar serius di wajah dan tubuhnya akibat disiram air keras oleh suaminya.

Karmayati harus dirawat di rumah sakit setelah sang suami Firmansyah menyiramnya dengan air keras ke wajah dan tubuhnya hingga mengalami luka bakar serius. Ia bahkan terancam kehilangan penglihatannya.

Korban disiram air keras di rumah orang tua pelaku di Desa Segayam, Kecamatan Gelumbang, Kabupaten Muara Enim, saat Karmayati mengajak dua saudaranya ke rumah orang tua pelaku untuk mengambil dokumen keperluan mengurus penceraian. Korban selama ini telah pisah ranjang karena sering mengalami KDRT.

Pelaku yang sempat kabur ke Kabupaten Ogan Ilir ditangkap polisi dari Polsek Gelumbang. Aksi nekat Firmansyah diduga karena marah dan tak terima hendak didugat cerai oleh Karmayati.

Smart Operation: Optimalisasi Teknologi 4.0 untuk Industri Pertambangan yang Berkelanjutan (1)

Smart Operation: Optimalisasi Teknologi 4.0 untuk Industri Pertambangan yang Berkelanjutan (1)

Newsline • 4 months ago pertambangan

MIND ID berkomitmen melakukan pemerataan penerapan Smart Mining atau optimalisasi teknologi 4.0 pada semua anggota holding. Namun demikian, MIND ID memahami tidak bisa dilakukan secara serta-merta untuk semua anggota.

Era revolusi industri dalam dunia pertambangan dinilai sangat berpotensi untuk turut memajukan sektor pertambangan dalam negeri. Berbicara mengenai pertambangan di Indonesia, mungkin saat ini yang terlintas adalah bagaimana strategi dan peran pemerintah maupun pelaku industri terkait untuk bisa berkomitmen dalam melaksanakan pilar berkelanjutan.

Penerapan pun telah dilakukan oleh sejumlah anggota holding. Rencana ke depan MIND ID yaitu fokus pada pengembangan proses Data Analytic hingga mencapai proses cognitive (decision making autonomy) dengan memanfaatkan machine learning (ML) dan artificial intelligence (AI). 
 
Sementara rencana untuk anggota holding, pertama ANTAM melakukan pengembangan “Digital Gold” sistem yang menggabungkan dua sistem besar retail di Antam (Logam Mulia dan LM Brankas). Hal ini dapat meningkatkan capacity business ANTAM itu sendiri.

Kejagung: Berkas Perkara Ferdy Sambo Lengkap

Kejagung: Berkas Perkara Ferdy Sambo Lengkap

Breaking News • 4 months ago

Metrotvnews.com: Kejaksaan Agung menyatakan berkas perkara kasus pembunuhan berencana Brigadir J dengan tersangka Ferdy Sambo lengkap. P21. Kasus Ferdy Sambo dan empat tersangka lain segera maju ke persidangan. 

"Persyaratan formal dan materiel terpenuhi sebagaimana ditentukan dalam KUHP Pasal 138 dan Pasal 139," kata Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Umum (Fadil Zumhana di Kantor Kejagung RI, Jalan Sultan Hasanuddin, Jakarta, Rabu, 28 September 2022.

Fadil Zumhana menyebutkan pemeriksaan berkas Ferdy Sambo dan empat tersangka lainnya lancar. Dia memastikan berkas perkara akan dilimpahkan ke pengadilan pekan depan.

Korlantas Polri Targetkan 34 Polda Gunakan Pelat Nomor Putih

Korlantas Polri Targetkan 34 Polda Gunakan Pelat Nomor Putih

Sisi Metropolitan • 4 months ago

Dirregident Korlantas Polri Brigjen Yusri Yunus mengatakan, Korlantas Polri menargetkan sebanyak 34 Polda harus sudah menggunakan pelat nomor putih dan semuanya sudah menggunakan prinsip tilang elektronik. Baru sekitar 27 Polda yang sudah didistribusikan, sisanya baru tujuh Polda yang belum didistribusikan. 

Penerapan pelat nomor putih mulai diterapkan sejak Juni 2022. Namun masyarakat diimbau untuk tidak terburu-buru mengganti ke pelat putih karena pemakaian pelat nomor berwarna hitam masih diperbolehkan.

"Sampai hari ini tujuh Polda yang belum, sisanya 27 Polda sudah didistribusikan," ujar Brigjen Yusri Yunus.
 

Relawan Indonesia Ikut Bergerak Bantu Korban Banjir Pakistan

Relawan Indonesia Ikut Bergerak Bantu Korban Banjir Pakistan

Newsline • 4 months ago

Pakistan dilanda krisis pangan dan kesehatan usai banjir hebat yang merendam negara itu. Banjir merenggut 1.600 korban jiwa dan 12 ribu korban luka. Warga Indonesia pun tergerak hatinya untuk bersama-sama memberikan bantuan bagi warga Pakistan. 

Salah satu relawan Indonesia yang berada di Pakistan adalah Eko Sulistio. Eko bersama timnya telah memiliki pengalaman terjung langsung ke lokasi bencana di Asia Selatan. Eko langsung terjun ke lokasi bencana usai mendapatkan kabar dari Pramuka Pakistan dan LSM lokal. 

Eko mengungkap bagian yang terdampak paling parah di Pakistan berada di selatan yaitu Karachi. Korban banjir saat masih membutuhkan sejumlah bantuan seperti bahan pangan dan tenda. 

"Bahan pangan masih sangat mereka butuhkan, apalagi tenda-tenda," jelas Eko. 

Pemerintah Kirim Bantuan USD$1 Juta untuk Pakistan

Pemerintah Kirim Bantuan USD$1 Juta untuk Pakistan

Newsline • 4 months ago

Bencana banjir yang melanda 1/3 wilayah Pakistan dan menyebabkan lebih dari 1.600 korban jiwa menjadi perhatian Pemerintah Indonesia. Pemerintah Indonesia menyalurkan bantuan berupa sebesar USD$1 juta dan sejumlah barang yang dibutuhkan pengungsi Pakistan. 

Pemerintah Indonesia melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana mengirimkan bantuan kemanusiaan kepada Pemerintah Pakistan untuk penanganan pasca bencana. Bantuan kemanusiaan Pemerintah Indonesia diserahkan langsung oleh Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Muhadjir Effendi bersama Kepala BNPB, Willem Rampangilei meninjau langsung kondisi pengungsi di Karachi, Pakistan.

Dalam hal ini, Indonesia berkomitmen untuk membantu Pakistan mengatasi dampak pasca bencana banjir yang melanda. Selain menyerahkan bantuan, Menko PMK menyampaikan pesan belasungkawa dari Presiden Joko Widodo dan akan laporkan kondisi di lapangan untuk mendukung rencana bantuan selanjutnya.

"Presiden Joko Widodo juga menyatakan belasungkawa sedalam-dalamnya akibat dampak bencana yang dirasakan oleh masyarakat Pakistan'" ujar Muhadjir.

Pengguna Pelat Putih Palsu Terancam Denda Rp500 Ribu

Pengguna Pelat Putih Palsu Terancam Denda Rp500 Ribu

Sisi Metropolitan • 4 months ago

Metrotvnews.com: Masyarakat diimbau jangan tergesa-gesa mengganti pelat kendaraan mereka dari hitam ke putih. Apalagi sampai nekat memalsukan. Niscaya kena sanksi.

Kendaraan dengan pelat hitam masih diperkenankan di jalan raya. Jadi, jangan coba-coba mencetak pelat putih serampangan. Pasti ketahuan. Sebab, pelat nomor putih Polri punya spesifikasi khusus, termasuk ukuran huruf, ketebalan, dan panjang lebar pelat.

Siapa pun kedapatan menggunakan pelat palsu akan dijerat Peraturan Kapolri Nomor 5 Tahun 2012 Pasal 39 Ayat 5 tentang registrasi dan identifikasi kendaraan bermotor. Sanksinya kurungan paling lama dua bulan atau denda paling banyak Rp500 ribu.

Sementara itu tujuan penggantian pelat nomor hitam ke putih adalah untuk mengurangi tingkat kesalahan baca kamera tilang elektronik karena sifat kamera yang menyerap warna hitam.