Laporan dari Amerika Serikat

Meksiko Dukung Pencalonan RI sebagai Anggota DK PBB

Fajar Nugraha    •    Rabu, 30 Sep 2015 11:57 WIB
sidang majelis umum pbb 2015
Meksiko Dukung Pencalonan RI sebagai Anggota DK PBB
Menlu Retno Marsudi dapatkan dukungan dari Menlu Meksiko (Foto: MTVN)

Metrotvnews.com, New York: Menteri Luar Negeri Meksiko Claudia Ruiz Massieu mendukung langkah Indonesia, mencalonkan diri sebagai anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB (DK PBB). Hal itu disampaikan oleh Massieu ketika bertemu dengan Menlu Luar Negeri Retno Marsudi.

"Meksiko akan mendukung pencalonan Indonesia untuk anggota tidak tetap DK PBB pada 2019 hingga 2012," ujar Menlu Retno Marsudi, di Markas PBB, New York, Selasa (29/9/2015) malam waktu AS.  

"Ini pertemuan pertama saya dengan Menlu Meksiko. Dia baru saja terpilih. Kita baru saja ketemuan di sini (Sidang Majelis Umum PBB). Kita pertama kali bertemu di pertemuan Mikta dua hari lalu," tutur Menlu.

Menlu menyebutkan, keduanya berbicara kemungkinan mengadakan pertemuan di setiap kegiatan dalam wadah Mikta. Selain itu, Menlu juga kita melihat tahun depan untuk melihat memperkuat kerja sama bilateral. Salah satu yang menjadi perhatian adalah berusaha menyelesaikan beberapa MoU yang tertunda di bidang, olahraga, agrikultur.

"Saya juga membahas masalah visa, karena kita sudah memberikan warga Meksiko untuk bebas visa kepada warga negara Meksiko untuk berkunjung ke Indonesia," tutur mantan Dubes RI untuk Norwegia itu.

Menlu pun meminta agar Meksiko bisa membuat resiprositas kepada WNI agar mendapatkan bebas visa. Hal tersebut tentunya wajar diminta Menlu kepada Meksiko.
 


(FJR)