Foto NASA Perlihatkan Hewan Mirip Kepiting di Mars

Willy Haryono    •    Rabu, 05 Aug 2015 15:19 WIB
luar angkasa
Foto NASA Perlihatkan Hewan Mirip Kepiting di Mars

Metrotvnews.com, Washington: Foto terbaru milik Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) memperlihatkan sebuah objek aneh di planet Mars. 

Sejumlah pengguna media sosial langsung menyebut objek di daerah bebatuan Mars itu sebagai "kepiting luar angkasa." Netizen lainnya menyebut objek itu sebagai laba-laba atau alien. 

NASA mengambil foto tersebut pada Juli lalu. Foto ini kemudian muncul dalam sebuah grup di Facebook bernama Journey to the Surface of the Moon, dengan slogan 'Mereka tidak akan pernah memberitahu fakta mengenai Mars.'

Spekulasi mengenai kepiting di Mars dibantah seorang ilmuwan. Seth Shostak, astronom senior dari Pusat Riset SETI, menduga penampakan 'kepiting luar angkasa' ini sebagai fenomena bertajuk pareidolia. 

Seperti melihat bentuk hewan di awan, pareidolia adalah kondisi saat otak manusia melihat beragam bentuk pada objek acak. Shostak mengaku mendapat serangkaian gambar yang memperlihatkan formasi batu mirip kepiting setidaknya satu kali dalam sepekan. 


(Foto: NASA)

"Mereka yang mengirim (foto) kepada saya cukup senang, karena mengklaim foto-goto ini mirip sesuatu yang tidak diduga akan ditemukan di permukaan berbatu dan berdebu Planet Merah," ucap Shostak, seperti dikutip Mirror.co.uk, Selasa (4/8/2015). 

"Biasanya foto-foto ini (seolah) memperlihatkan hewan, tapi juga ada beberapa objek lain seperti suku cadang mobil. Mungkin mereka berpikir ada mobil di Mars," sambung dia. 

Shostak menegaskan foto NASA yang disebut memperlihatkan kepiting bukan suatu hal baru. Menurut dia, melihat kepiting dalam foto itu sama saja seperti melihat wajah seseorang yang sedang tersenyum dalam penggunaan titik dua yang diikuti kurung tutup, seperti ini :). 



(WIL)