Seniman Ciptakan Potret Putin dari 5.000 Selongsong Peluru

Willy Haryono    •    Rabu, 29 Jul 2015 11:21 WIB
krisis ukraina
Seniman Ciptakan Potret Putin dari 5.000 Selongsong Peluru
Karya seni berupa wajah Vladimir Putin yang terbuat dari 5.000 selongsong peluru. (Foto: Demanjo)

Metrotvnews.com, Kiev: Seniman Ukraina Daria Marchenko membuat sebuah karya seni berupa potret wajah Presiden Vladimir Putin. Hasil karya istimewa ini dinamakan "Wajah Perang."

Apa yang membuatnya istimewa? Potret ini rupanya dibuat dari 5.000 selongsong peluru, yang dibawa langsung dari medan pertempuran di wilayah timur Ukraina. 

"Bagi saya, wajah peperangan adalah Vladimir Vladimirovich Putin, karena dia yang memberikan perintah (agresi militer separatis) dan mengeluarkan banyak kebohongan," tutur Marchenko di Kiev, seperti dikutip IBT, Selasa (28/7/2015). 

"Saya ingin menunjukkan kepada semua orang bahwa perang itu berhubungan erat dengan nyawa manusia," sambung dia. 

Marchenko menyebut "Wajah Perang" ini memperlihatkan serangkaian emosi, termasuk kejahatan, penyesalan dan kebanggaan. Ia mengaku terkejut oleh hasil karyanya sendiri, karena wajah Putin dari selongsong peluru itu kerap berubah dalam enam bulan pengerjaan. 

Sang seniman sempat berpikir apakah peluru yang keluar dari selongsong yang digunakannya itu telah membunuh seseorang atau tidak. Namun ia berhenti memikirkannya dan fokus menyelesaikan karya. 

Semua selongsong yang digunakan Marchenko didapat dari area di bawah kekuasaan pemerintah Ukraina. Potret Putin ini dibentuk dari sedikitnya delapan jenis selongsong berbeda dalam beragam warna. Beberapa selongsong terlihat berkarat, sebagian lainnya keemasan. 

"Wajah Perang" di-share lebih dari 4.000 kali di Facebook sejak dirilis pertama kali oleh Marchenko. Ini merupakan satu dari lima karya yang akan dipamerkan Marchenko ke hadapan publik. Marchenko berencana membuat karya lain dari serpihan bom, granat dan senjata perang lainnya. 



(WIL)