420 Batu Ginjal Ditemukan di Tubuh Pria Ini

Gervin Nathaniel Purba    •    Rabu, 10 Jun 2015 11:21 WIB
peristiwa unik
420 Batu Ginjal Ditemukan di Tubuh Pria Ini
Batu ginjal yang ditemukan di tubuh He Dong (Foto: CEN)

Metrotvnew.com, Beijing: Seorang pria memiliki 420 batu ginjal dikeluarkan oleh dokter ahli bedah dari tubuhnya. Operasi dilakukan di saat pria itu mengeluhkan rasa sakit yang parah.
 
Ahli bedah di Provinsi Zhejiang, Tiongkok menyalahkan pola hidup buruk yang dijalani oleh He Dong akibat menjalani diet ketat, dengan hanya mengkonsumi tahu. Pria berusia 55 tahun itu menjalani operasi ginjal kirinya selama dua jam.
 
Melalui proses CT scan di bagian perut Dong memperlihatkan keberadaan 420 dalam ginjalannya. Pria itu mengaku kepada dokter telah mengkonsumsi gipsum tahu yang tinggi kalsium. 
 
"Produk keledai, terutama gipsum tahu memiliki kalsium yang sangat tinggi. Kurangnya asupan air putih membuat kalsium yang berlebihan tidak dapat dikeluarkan dari tubuh," kata Dr Wei Yubin, kepada The Shanghaiist, seperti dikutip Mirror, Rabu (10/6/2015).
 
Sebenarnya catatan medis menunjukkan telah mendiagnosa beberapa batu ginjal beberapa tahun yang lalu. Tetapi Dong lebih memilih tidak melakukan apa-apa.
 
The Shanghaiist melaporkan bahwa 10 batu ginjal telah diangkat 20 tahun yang lalu menggunakan lithotropsy. Suatu prosedur medis yang menghancurkan batu ginjal. tetapi sekarang terdapat 420 batu ginjal yang dikeluarkan dengan tang secara satu per satu.
 
"Kami menghabiskan 45 menit hanya mengambil batu-batu kecil. Setelah itu tangan dan kaki saya mati rasa," ungkap Dr Wei.
 
Pasien yang berasal dari kota Jinhua mengatakan tidak suka minum air. Tetapi dokter memerintahkan dia untuk mengubah kebiasaan makannya dan mengurangi jumlah tahu yang dikonsumsi.



(FJR)


Pilpres AS, Sanders Mulai Kampanye di Brooklyn

Pilpres AS, Sanders Mulai Kampanye di Brooklyn

2 weeks Ago

Bakal calon presiden Amerika Serikat dari Partai Demokrat, Bernie Sanders memulai kampanye di tempat…

BERITA LAINNYA