Menilik USS Sampson yang Turut Cari QZ8501

Fajar Nugraha    •    Selasa, 30 Dec 2014 12:34 WIB
airasia hilang kontak
Menilik USS Sampson yang Turut Cari QZ8501
USS Sampson (Foto: US Navy)

Metrotvnews.com, Washington: Pemerintah Amerika Serikat (AS) mengirimkan kapal perang USS Sampson untuk turut serta melakukan pencarian pesawat AirAsia QZ8501.

Kapal Perang USS Sampson merupakan kapal perang jenis Destroyer kelas Arleigh Burke. Kapal ini memiliki panjang sekitar 155,3 meter dan lebar 20 meter, serta jarak vertikal antara garis air sampai dengan lunas kapal, 9,4 meter.

Dibangun oleh Bath Iron Works di Bath, Maine, AS, ini adalah kapal keempat yang diberikan nama atas Laksamana William T.Sampson. Laksamana Sampson adalah pahlawan perang AS melawan Spanyol.

Setelah diotorisasikan pada 2002, kapal ini akhirnya rampung pembangunannya pada 2006. Kapal diresmikan oleh cicit dari Laksamana Sampson, Clara Sampson

Pada 3 November 2007, kapal ini resmi bertugas dan  dikomandoi oleh Philip Roos. Ketenaran dari USS Sampson sempat menghiasi layar lebar ketika ditampilkan dalam film "Battleship" di 2012.



Seperti halnya kapal kelas Arleigh Burke, USS Sampson didesain sebagai kapal destroyer multifungsi. Kapal ini dilengkapi dengan radar Aegis dan rudal anti-pesawat.

Selain itu, hampir seluruh kapal kelas Arleigh Burke juga dilengkapi dengan misil Tomahawk. Mereka juga memiliki banyak sistem pertempuran.

Sementara sonar yang memperkuat kapal ini sangat beragam. Mulai dari sonar aktif, hingga sinar sonar yang ditarik di belakang kapal.

Kapal jenis ini juga dilengkapi dengan pendeteksi ranjau anti-kapal. Jarak deteksi ranjau pun bisa mencapai 1.400 yard.

Komando Laut Pasifik AS telah mengotorisasikan Armada ke-7 untuk memerintahkan USS Sampson melakukan pencarian pesawat AirAsia QZ8501. Diperkirakan kapal yang bermarkas di San Diego, California akan tiba di perairan Indonesia Selasa (30/12/2014) hari ini.
 


(FJR)