Rusia Belajar Penyelesaian Sengketa Pilpres dari Indonesia

Usman Kansong    •    Rabu, 17 Sep 2014 13:53 WIB
pemilu 2014pilpres 2014
Rusia Belajar Penyelesaian Sengketa Pilpres dari Indonesia
Gedung Mahkamah Konstitusi (Foto: MI)

Metrotvnews.com, Moskow: Kalangan intelektual Rusia memuji penyelesaian sengketa pemilu legislatif dan pemilu presiden oleh Mahkamah Konstitusi. Berkat MK, Indonesia telah mengukuhkan presiden baru.

"Menurut saya itu antara lain karena Mahkamah Konstitusi adalah lembaga terpercaya dan dihormati," kata pakar hukum tata negara dari Moskow State University, Profesor Sergey M Shakhray, dalam perbincangan dengan delegasi Indonesia.

Hadir dalam acara yang berlangsung pada Selasa (16/9/2014) waktu Moskow, Dirjen Komunikasi dan Informasi Publik Freddy Tulung selaku ketua delegasi, Dubes RI untuk Rusia Djauhari Oratmangun, cendekiawan Muslim Musdah Mulia, pemikir kenegaraan Yudi Latif, serta sejumlah pemimpin media dari Indonesia.

Shakhray yang menjabat wakil rektor itu pernah meneliti peran MK. Menurutnya, Rusia bisa belajar bagaimana menyelesaikan perselisihan dan kompetisi yang ketat dalam pemilu.

"Dari Indonesia kami bisa belajar bahwa perselisihan politik bisa diselesaikan secara konstitusional dan damai, bukan melulu melalui revolusi," katanya seperti dilaporkan wartawan senior Metrotvnews.com Usman Kansong dari Moskow.


(JRI)

Lebih Berbahaya Bepergian ke Eropa Daripada ke Suriah

Lebih Berbahaya Bepergian ke Eropa Daripada ke Suriah

39 minutes Ago

Serangan teror yang semakin meningkat di Benua Eropa beberapa tahun terakhir menjadi kekhawatiran…

BERITA LAINNYA