Pertama Sejak 91 Tahun, Turki Gelar Pilpres Langsung

Willy Haryono    •    Minggu, 10 Aug 2014 14:32 WIB
pemilu timur tengah
Pertama Sejak 91 Tahun, Turki Gelar Pilpres Langsung
Poster PM Turki Recep Tayyip Erdogan yang menjadi salah satu kandidat presiden dalam pilpres secara langsung untuk kali pertama dalam sejarah negara 91 tahun lalu -- OZAN KOSE / AFP

Metrotvnews.com, Istanbul: Sekitar 53 juta warga Turki menyumbangkan suara mereka dalam pemilihan umum presiden secara langsung pada Ahad (10/8/2014). Pilpres ini digelar untuk kali pertama sejak 91 tahun lalu, dimana sejumlah presiden sebelumnya dipilih parlemen.

Perdana Menteri Recep Tayyip Erdogan, yang mendominasi politik Turki dalam satu dekade terakhir, adalah kandidat terkuat untuk menggantikan incumbent Abdullah Gul.

Sepperti dikutip AP, Erdogan bersaing dengan dua kandidat lain. Rival utamanya adalah Ekmeleddin Ihsanoglu, pria 70 tahun mantan kepala Organisasi Kooperasi Islamik yang didukung beberapa partai oposisi, termasuk partai republik dan nasionalis.

Kandidat ketiga adalah politisi Kurdi berusia 41 tahun, Selahattin Demirtas. Seorang kandidat membutuhkan suara mayoritas absolut untuk memenangkan pilpres.

Jika tak seorang pun mendapat cukup suara, pilpres putaran kedua akan digelar antar dua kandidat teratas pada 24 Agustus mendatang.


(WIL)