Istri Pertama Shah Iran Wafat

- 03 Juli 2013 03:31 WIB
Facebook/vg
Facebook/vg

Metrotvnews.com, Iskandariah: Pueteri Fawzia Fuad, anak perempuan dan saudara perempuan raja-raja Mesir dan istri pertama Shah Iran terakhir meninggal dunia pada Selasa (2/6) di Iskandariah. Demikian dikatakan seorang anggota keluarga bekas kerajaan dan perwira kepolisian.

Kematian mantan Ratu Iran tersebut pada usia 91 tahun juga dilaporkan di halaman Facebook bersama dengan kemenakan laki-lakinya, Raja Fuad II, raja terakhir yang diasingkan dari Mesir dan digulingkan.

Fawzia, saudara perempuan ayah Fuad, Raja Faruk, menikah dengan Mohammad Reza Pahlevi pada 1939, sebelum dia naik tahta di Teheran. Mereka bercerai sembilan tahun kemudian.

Fawzia menikah lagi dengan seorang perwira Angkatan Darat Mesir sekembalinya dari Iran setelah perkawinannya yang gagal dengan Shah Iran. Pahlavi lalu menikah untuk kedua kali dan wafat di Kairo pada 1980, kurang dari setahun setelah ia digulingkan dalam revolusi Islam Iran.

"Keluarga kerajaan Mesir mengumumkan bahwa saat ini sedang berkabung atas wafatnya Yang Mulia Puteri Fawzia Fuad, anak perempuan Raja Fuad I dan saudara perempuan Raja Faruk I dan bibi dari Raja Fuad II dan mantan Ratu Iran," demikian bunyi pernyataan di halaman Facebook.

"Prosesi pemakaman untuk Yang Mulia Puteri Fawzia akan berlangsung setelah salat Dzuhur pada Rabu," tambahnya.

Para keluarga terdekat Melekper Toussoun dan Mohamed Yakin, juga membenarkan wafatnya itu kepada Reuters. Yakin mengatakan Fawzia akan dimakamkan di Kairo, Mesir.(Antara)


  • Just Alvin: Love Between Us (5)

    Just Alvin: Love Between Us (5)

    Just Alvin, Minggu (21/9/2014): Dengan tema Love Between Us, Just Alvin menghadirkan bintang tamu Yuni Shara, Cut Tari, Tessa Kaunang dan Yulia Rachman.

  •  Mario Teguh - The Golden Ways: Freehatin (6)

    Mario Teguh - The Golden Ways: Freehatin (6)

    Mario Teguh - The Golden Ways: Edisi Minggu, 21 September 2014, dengan tema "Freehatin". Lihat juga video disini: http://youtu.be/SHNxkvtqlL8

  • Tea Time with Desi Anwar : Design with Love and Passion (3)

    Tea Time with Desi Anwar : Design with Love and Passion (3)

    Edisi Minggu, 21 September 2014 kali ini Desi Anwar bertema "Design with Love and Passion", bersama Desainer Sepatu, Niluh Djelantik.

  •  Rerun Demokrasi Galau (Promo)

    Rerun Demokrasi Galau (Promo)

    Keberhasilan Indonesia menggelar Pilkada secara langsung telah melahirkan sejumlah pemimpin yang berhasil membuat gebrakan. Rakyat pun merasa tak rugi telah memberikan suara dan memilih sosok yang dapat membuat perubahan berarti.


    Namun langkah Demokrasi yang terus diperbaiki, kini tersendat oleh pembahasan RUU Pilkada yang mengusulkan pemilihan kepala daerah dilakukan oleh DPRD. Anggota fraksi dari koalisi merah putih di DPR yang sebelumnya tak mendukung RUU tersebut, pascapilpres kini berubah haluan. Dengan sejumlah alasan mereka mendukung Pilkada melalui DPRD.


    Sejumlah Kepala Daerah pun bereaksi menentang RUU Pilkada. Bagi mereka suara yang langsung diberikan rakyat kepada mereka, merupakan mandat yang sesungguhnya. Sementara pemilihan langsung oleh DPRD hanya akan mengikat mereka untuk memberikan pelayanan lebih kepada partai politik dan politikus DPRD.


    Kondisi Demokrasi Galau negeri ini menjadi pembahasan Mata Najwa, dengan menghadirkan sejumlah narasumber. Saksikan selengkapnya hanya di Mata Najwa, tayang ulang, Sabtu 20 September 2014 jam 20:30 WIB di Metro TV.

  • Cinta dari Jepang dan Austria (6)

    Cinta dari Jepang dan Austria (6)

    Kick Andy, Jumat (19/9/2014): Kick Andy episode kali ini hadir dengan tema 'Cinta dari Jepang dan Austria'. Cinta bisa ditemukan dan tumbuh dalam berbagai hal. Perjalanan cinta itu sendiri menjadi kisah yang menarik, hingga Kick Andy mengundang dua narasumber dari Jepang dan Austria yang membawa cinta mereka ke Indonesia.

  • Stand Up Comedy Show: Mukti Entut (3)

    Stand Up Comedy Show: Mukti Entut (3)

    Stand Up Comedy Show, Kamis (18/9/2014): Di Stand Up Comedy Show segmen ini menghadirkan comic Mukti Entut.