Pulau Sebatik Aman dari Konflik Sabah

- 10 Maret 2013 09:48 wib
ANTARA/Eric Ireng/bb
ANTARA/Eric Ireng/bb

Metrotvnews.com, Nunukan: Pulau Sebatik di Kabupaten Nunukan, Kalimantan Timur yang berbatasan langsung dengan Sabah, Malaysia masih tetap aman dari dampak konflik antara kelompok bersenjata Kesultanan Sulu, Filipina dengan pemerintah Malaysia.

Kapolsek Sei Nyamuk, Kecamatan Sebatik Barat, Nunukan Iptu Eka Berlin, Minggu (10/3), menjelaskan kondisi Pulau Sebatik aman dan tidak terpengaruh oleh kondisi konflik yang terjadi di Sabah.

"Di sini aman-aman saja, walaupun Sebatik berbatasan darat dengan Sabah," ujarnya.

Terkait kemungkinan Pulau Sebatik menjadi jalur eksodus Tenaga Kerja Indonesia (TKI) dari negara tetangga itu, Eka mengatakan sampai saat ini belum ada tanda-tanda Pulau Sebatik akan menjadi jalur eksodus TKI.

Hanya saja, lanjutnya, berbagai kemungkinan bisa saja terjadi di pulau yang terbagi dua antara Indonesia dengan Malaysia itu.

"Entahlah kalau besok-besok ada kejadian menonjol. Tapi yang pastinya saat ini belum ada kejadian menonjol terkait dengan konflik di Sabah itu yang berdampak kepada kondisi keamanan di Sebatik," ujarnya.

Namun, dia mengaku tetap waspada setiap saat dan memantau perkembangan kondisi keamanan di Pulau Sebatik yang memang rentan dijadikan pintu masuk bagi eksodus baik dari TKI, warga Malaysia ataupun dari kelompok bersenjata tersebut.

Sebelumnya, warga negara Indonesia (WNI) yang berdomisili di wilayah Malaysia di Pulau Sebatik diimbau meninggalkan lokasi itu oleh aparat kepolisian Diraja Malaysia dengan alasan keamanan. (Ant)

()

DUNIA

Mata Najwa: Babak Baru Indonesia (6)

23 Juli 2014 23:23 wib

Mata Najwa, Rabu (23/07/2014): di Mata Najwa kali ini dengan tema 'Babak Baru Indonesia', hadir di Mata Najwa yaitu Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. Walikota Bogor, Bima Arya Sugiarto. Pakar hukum tata negara, Zaenal Arifin Mochtar. Direktur eksekutif Poltracking Indonesia, Hanta Yudha dan wakil presiden terpilih Jusuf Kalla