Wali Kota Jerman Terluka dalam Serangan Penikaman

Fajar Nugraha    •    Selasa, 28 Nov 2017 16:39 WIB
jermanpenikaman
Wali Kota Jerman Terluka dalam Serangan Penikaman
Ilustrasi: Metrotvnews.com

Altena: Seorang wali kota di Jerman terluka akibat ditikam oleh seorang warga. Diduga penikaman terkait sikap wali kota tersebut yang mendukung penampungan terhadap pengungsi.
 
Andreas Hollstein, Wali Kota Altena, diserang pada Senin 27 November pagi waktu setempat. Penikaman  terjadi di sebuah restoran kebab, oleh seorang pria yang tidak menyukai kebijakan ramahnya terhadap pengungsi.
 
"Pelaku penikaman yang berusia 56 tahun, menggunakan pisau yang memiliki panjang 30 centimeter. Pria itu diketahui dalam pengaruh alkohol," lapor suratkabar Der Spiegel, seperti dikutip AFP, Selasa 28 November 2017.
 
"Pelaku ditangkap di lokasi kejadian," imbuhnya.
 
Kota yang memiliki populasi sekitar 17 ribu diketahui membuka tangannya untuk menerima para pengungsi. Sekitar satu juta imigran dan pengungsi masuk ke Jerman pada 2015 dan Altena menjadi salah satu yang terbesar.
 
Pimpinan negara bagian Rhine-Westphalia utara Armin Laschet mengatakan, kemungkinan besar kejahatan ini dipicu oleh motivasi politik. Beruntung luka yang diderita Hollstein tidak mengancam nyara dan dia pun diperbolehkan untuk pulang setelah beberapa jam diserang.
 
Hollstein pun berterima kasih kepada pemilik toko yang bergegas untuk memberikan pertolongan kepadanya.
 
"Ada banyak orang yang ringan tangan untuk terus membantu. Saya bersyukur masih hidup," tutur Hollstein pada mediia setempat.
 
Menurut keterangan saksi, pelaku penikaman sempat bertanya kepada Hollstein, "apakah anda wali kota?'. Kemudian pria itu pun menikamnya.
 
Kanselir Jerman Angela Merkel menurut juru bicaranya, Sttefen Seibert mengatakan merasa khawatir dengan insiden penikaman yang dialami Hollstein.



(FJR)