Pilot Ryanair Mogok Kerja di Lima Negara Eropa

Willy Haryono    •    Sabtu, 11 Aug 2018 08:01 WIB
penerbangan dunia
Pilot Ryanair Mogok Kerja di Lima Negara Eropa
Pesawat maskapai Ryanair. (Foto: AFP)

Dublin: Pilot maskapai Ryanair mogok kerja di lima negara Eropa, yang memicu pembatalan sejumlah jadwal penerbangan di puncak musim liburan.

Mogok kerja selama 24 jam meliputi pilot di Jerman, Swedia, Irlandia, Belgia dan Belanda. Sekitar 50 ribu penumpang telah diinformasikan bahwa ada 400 penerbangan Ryanair yang dibatalkan.

Seperti dikutip dari BBC, Jumat 10 Agustus 2018, aksi protes ini merupakan yang terbesar dari serangkaian unjuk rasa pilot Ryanair mengenai masalah gaji dan lingkungan kerja.

Ryanair mengklaim telah melakukan segala cara untuk menyelesaikan masalah ini.

Maskapai asal Irlandia itu mengatakan 85 persen jadwal penerbangan akan beroperasi normal pada Sabtu 11 Agustus. Disebutkan pula mayoritas penumpang yang terkena imbas unjuk rasa telah dialihkan ke jadwal penerbangan lain di Ryanair.

Sebelumnya menjelang liburan Natal tahun lalu, Ryanair berhasil mencegah unjuk rasa besar-besaran dengan cara mengenai serikat pekerja maskapai tersebut untuk kali pertama dalam 30 tahun.

Namun sejak saat itu aksi protes masih terjadi dari waktu ke waktu.

Sekitar 300 penerbangan Ryanair dibatalkan pada Juli lalu saat kru kabin di Belgia, Portugal dan Spanyol berunjuk rasa selama 48 jam.


(WIL)