Pria Berpisau Serang Prajurit Prancis di Stasiun Chatelet

Willy Haryono    •    Jumat, 15 Sep 2017 16:11 WIB
prancis diserang
Pria Berpisau Serang Prajurit Prancis di Stasiun Chatelet
Prajurit Prancis bersiaga di kawasan Chatelet, 16 Februari 2017. (Foto: AFP/CHRISTOPHE ARCHAMBAULT)

Metrotvnews.com, Paris: Seorang pria berpisau menyerang prajurit yang sedang berpatroli di Paris, Prancis, Jumat 15 September 2017. Tidak ada orang yang terluka dalam kejadian ini. 

Seperti dilansir AFP, penyerang bergerak cepat ke arah tentara di stasiun kereta api Chatelet sekitar pukul 06.30 pagi waktu setempat. Target serangan dengan cepat merespons dan membekuk pelaku. 

Seorang sumber mengatakan pelaku tidak memiliki catatan kriminal di kepolisian. 

Insiden terjadi saat Paris masih bersiaga penuh usai serangkaian aksi teror melanda Prancis sejak Januari 2015. Di awal tahun itu, sekelompok pria bersenjata menyerang kantor tabloid satire Charlie Hebdo, yang menewaskan 12 orang. 

Setelah serangan itu, pemerintah Prancis meluncurkan operasi bertajuk Sentinelle, dengan mengerahkan sekitar 7.000 prajurit ke seantero negeri untuk mengamankan sejumlah area rawan seperti situs wisata dan tempat ibadah. 

Sejak saat itu, gelombang serangan melanda para personel militer di Prancis, termasuk yang bertugas di Bandara Orly. Hal ini memicu perdebatan mengenai apakah para prajurit masih perlu disiagakan di jalanan. 

Menteri Pertahanan Prancis Florence Parly mengatakan, pelaku percobaan penusukan yang dibekuk dengan cepat adalah "bukti dari profesionalisme dan efisiensi prajurit Sentinelle dalam misi mereka melindungi masyarakat."

"Kami belum tahu niat dari pelaku yang kini sudah ditangkap," lanjut dia kepada radio Europe 1.


(WIL)