Merkel Bertekad Lanjutkan Jabatan Kanselir ke Periode Keempat

Arpan Rahman    •    Minggu, 24 Sep 2017 16:53 WIB
politik jerman
Merkel Bertekad Lanjutkan Jabatan Kanselir ke Periode Keempat
Kanselir Jerman Angela Merkel. (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Berlin: Rakyat Jerman mulai memberikan suara, Minggu 24 September 2017, dalam pemilihan parlemen yang diperkirakan sejumlah pihak akan membawa Kanselir Angela Merkel kembali ke tampuk jabatannya untuk periode keempat. 

Sejumlah jajak pendapat menunjukkan Jerman sekali lagi kemungkinan akan kembali memberi kepercayaan pada Merkel dan blok moderat pimpinan Partai Kristen Demokrat (CDU)

Kandidat konservatif Merkel meraup 13 poin persentase di depan calon sayap kiri sosial demokrat Martin Schulz, menurut jajak pendapat terbaru. Jajak pendapat menyiratkan AfD dapat segera menjadi partai terbesar ketiga di Bundestag, melebihi partai Demokrat dan Hijau Bebas -- yang seperti sosial demokrat, merupakan mitra koalisi potensial bagi Merkel.

Pemilu kali ini merupakan pemungutan suara nasional pertama sejak krisis pengungsi 2015-2016, yang mengguncang politik Jerman karena lebih dari 1 juta imigran tiba di negara tersebut.

Merkel dan Schulz, yang partainya sudah berada dalam pemerintahan koalisi sejak 2013, berupaya selama kampanye untuk menghindari mengobarkan gairah publik atas krisis migran.

Namun kemajuan AfD di atas 10 persen dalam jajak pendapat menunjukkan bahwa banyak warga Jerman, terutama di timur bekas komunis, tetap khawatir atas dampak begitu banyaknya pengungsi.

Kampanye Merkel

Para pendukung AfD melakukan demonstrasi keras pada kampanye Merkel, termasuk yang terakhir di Munich pada Jumat malam. Di sana, siulan dan teriakan ejekan membuat beberapa bagian pidato kanselir tidak terdengar. 

"Kita tidak akan membentuk masa depan Jerman dengan bersiul dan berteriak," ujar Merkel, seperti dikutip Financial Times.

Joachim Hermann, menteri dalam negeri Bavaria, memperkirakan hanya ada beberapa ratus pengunjuk rasa di kerumunan 8.000 orang dalam kampanye Merkel. Namun pejabat CDU khawatir demonstrasi kecil pun telah membantu publisitas AfD.

Merkel mengkampanyekan sebagian besar catatannya sebagai pemimpin internasional dengan pengalaman 12 tahun menjabat. 

Dalam jajak pendapat terakhir yang diterbitkan agensi Emnid pada Jumat, CDU dan sekutunya, Serikat Sosial Kristen Bavaria, berada di atas 35 persen -- turun dari 41,5 persen yang partai-partai tersebut raih pada 2013. SPD mencapai 22 persen anjlok dari 25,7 persen pada pemilu terakhir.

Empat partai lainnya -- AfD, FDP, Partai Hijau dan Partai Kiri -- terlihat siap untuk mengamankan 5 persen pangsa pemungutan suara yang dibutuhkan untuk memasuki Bundestag, badan konstitusional dan legislatif tingkat federal di Jerman.


(WIL)

Myanmar Sepakat Terima 1.500 Rohingya Setiap Pekan

Myanmar Sepakat Terima 1.500 Rohingya Setiap Pekan

20 hours Ago

Myanmar menyanggupi akan menyediakan tempat penampungan sementara bagi Rohingya yang kembali.

BERITA LAINNYA