Pelaku Serangan Stockholm Simpatisan ISIS

Sonya Michaella    •    Senin, 10 Apr 2017 08:21 WIB
swedia
Pelaku Serangan Stockholm Simpatisan ISIS
Teror di Stockholm tewaskan empat orang. (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Stockholm: Usai ditangkap dan diidentifikasi, penyerang pejalan kaki di pusat kota Stockholm, Swedia diyakini sebagai simpatisan Islamic State (ISIS).

Ia berprofesi sebagai pekerja konstruksi bawah tanah dan diyakini pula bersembunyi untuk menghindari deportasi pemerintah Swedia.

Ketika AFP mewawancarai teman-temannya, dikatakan pria Uzbekistan bernama Rakhmat Akilov ini memang gemar berpesta dan mabuk-mabukan, serta tak terlalu religius.

Ia ditangkap pada Jumat malam di Marsta, pinggiran kota Stockholm. Akibat ulahnya, empat orang tewas dan 15 lainnya luka-luka ketika ia mengendarai truk ke jalan yang penuh dengan pejalan kaki.

Usai melancarkan aksinya, ia kabur ke stasiun kereta cepat menuju Bandara Arlanda, Stockholm. Menurut sumber yang memberikan kesaksian, ia berlari dengan berlumuran darah karena terkena pecahan kaca.

Ketika akan ditangkap, Akilov mengakui perbuatannya dan senang karena apa yang diinginkan sudah tercapai.

Menurut polisi, ia pernah mengajukan izin tinggal permanen di Swedia pada 2014, namun ditolak pada 2016.

"Pada Desember 2016, ia diberitahu Imigrasi bahwa ia hanya memiliki empat pekan untuk meninggalkan Swedia. Februari 2017, harusnya ia sudah dideportasi," kata seorang penyidik.

Akilov juga ditemukan pernah mengunggah video propaganda dan status berbau ISIS di akun Facebook pribadinya. Bahkan, ia mengunggah foto-foto korban pengeboman lomba maraton di Boston pada 15 April 2013 silam.

 


(WIL)