Paus Fransiskus Minta Negara Eropa Terima Imigran

Sonya Michaella    •    Senin, 07 Jan 2019 12:04 WIB
paus fransiskusimigran
Paus Fransiskus Minta Negara Eropa Terima Imigran
Imigran yang berada di kapal pengungsi. (Foto: AFP)

Vatican City: Paus Fransiskus telah meminta para pemimpin negara Eropa untuk menunjukkan solidaritas konkret kepada imigran. Terutama bagi kapal-kapal imigran yang berasal dari Mediterania.

"Para imigran membutuhkan 'pelabuhan' yang aman. Para pemimpin negara Eropa harus membantu mereka," kata Paus, dikutip dari BBC, Senin 7 Januari 2019.

Sebelumnya, sebuah kapal berisi 49 imigran yang berlayar dari Mediterania ditolak masuk Italia dan Malta. Lain dengan Jerman yang hingga saat ini masih menerima imigran masuk.

Kelompok kemanusiaan Jerman sempat menyelamatkan 32 imigran dari Libya pada Desember 2018 kemarin dengan Kapal Sea-Watch 3 milik Belanda. Mereka juga menyelamatkan 17 imigran lainnya lagi dengan kapal milik badan amal Jerman.

Sementara itu, Malta hanya mengizinkan kedua kapal tersebut untuk memasuki perairan dan melengkapi pasokan kebutuhan pokok, namun tak mengizinkan untuk berlabuh dan memasuki kota. 

"Mengizinkan imigran masuk ke kota menjadi hal yang patut kita waspadai," ucap Perdana Menteri Malta Joseph Muscat.

Sebelumnya, Wakil PM Italia Di Maio sempat mengatakan, Italia telah menerima imigran selama bertahun-tahun, dan ini saatnya giliran Malta untuk mengambil alih. 


(WIL)