Badai Nicole Berkekuatan Setara Matthew Bergerak ke Bermuda

Arpan Rahman    •    Kamis, 13 Oct 2016 11:51 WIB
topan badai
Badai Nicole Berkekuatan Setara Matthew Bergerak ke Bermuda
Badai Nicole bergerak menuju Bermuda, 12 Oktober 2016. (Foto: AFP/NOAA-NASA GOES Project)

Metrotvnews.com, Miami: Angin kencang dan hujan deras mulai melanda Kepulauan Bermuda sejak Rabu (12/10/2016) dini hari waktu setempat. Teritorial Inggris itu bersiap menghadapi Topan Nicole, badai dahsyat yang masuk dalam Kategori 4. 

Pusat Badai Nasional Amerika Serikat (NHC) di Miami mengatakan, badai akan melintas di dekat atau di atas Bermuda pada 13 Oktober di pagi hari. Hingga tadi malam, Nicole berada sekitar 290 kilometer di selatan barat-daya Bermuda. Kecepatan angin maksimum mencapai 215 km per jam dan bergerak ke utara timur-laut.

Seperti dikutip Daily Mail, NHC meminta penghuni pulau waspada dan menyiapkan perlengkapan darurat. 

Kendati Bermuda memiliki infrastruktur kokoh dan terbiasa menghadapi badai, otoritas setempat meminta masyarakat tetap siaga dan tinggal di dalam rumah. 

"Kami siap menghadapi malam yang panjang," kata Perdana Menteri Michael Dunkley. "Kita semua sebaiknya mempersiapkan diri terhadap kekuatan badai ini," sambung dia.

Sebelumnya otoritas Bermuda telah menutup sejumlah sekolah dan kantor pemerintahan. Deretan toko dan SPBU ditutup lebih awal menjelang badai. Masyarakat beramai-ramai membeli baterai, korek api, alkohol, dan makanan siap saji.

"Apapun yang terjadi, orang-orang tidak mau kelaparan," kata seorang warga, Byron Trott, sambil mendorong keranjang belanja penuh barang ke arah kasir.

Bar-bar di ibu kota Bermuda, Hamilton, masih tetap sibuk meski sebagian besar akan tutup pada Rabu malam nanti. Sejumlah hotel melaporkan peningkatan kecil pesanan kamar lantaran masyarakat ingin mencari tempat menginap yang memiliki daya listrik.

Sejumlah tempat usaha sebagian besar sudah akan diakhiri pada Rabu malam. Puluhan kapal di marina sudah berlabuh di Mangrove Bay, tempat populer untuk aktivitas perairan di ujung barat laut Bermuda.

American Airlines dan Air Canada adalah dua dari beberapa maskapai yang telah membatalkan penerbangan ke Bermuda. Beberapa kapal pesiar juga telah membatalkan rencana pelayaran. 

Menjelang kedatangan Nicole, ombak besar terpantau muncul di beberapa pulau di selatan Bermuda, termasuk Puerto Rico. Saat ini otoritas Puerto Rico sedang mencari seorang peselancar yang dilaporkan hilang menghilang sejak 11 Oktober. Pria itu diidentifikasi sebagai Gabriel Pantoja.

Nicole memiliki kekuatan hampir setara Matthew, badai Kategori 5 yang mengobrak-abrik Haiti dan AS


(WIL)

BDF IX Berakhir, Demokrasi Masih Hadapi Banyak Tantangan

BDF IX Berakhir, Demokrasi Masih Hadapi Banyak Tantangan

22 hours Ago

Bali Democracy Forum (BDF) IX resmi ditutup. Sejak pertama kali diadakan pada 2008, tingkat keikutsertaan…

BERITA LAINNYA