Universitas di Hongaria Buka Kelas Bahasa Indonesia

Sonya Michaella    •    Kamis, 16 Feb 2017 11:04 WIB
indonesia-hongaria
Universitas di Hongaria Buka Kelas Bahasa Indonesia
Dubes Wening bersama dengan petinggi BBS (Foto: Dok. KBRI Budapest)

Metrotvnews.com, Budapest: Salah satu sekolah tinggi terbaik di Hongaria, University of Budapest Business School of Applied Science (BBS) membuka kursus Bahasa Indonesia yang diresmikan pula oleh Duta Besar RI untuk Hongaria, Wening Esthyprobo.

"Saya meyakini, Indonesia akan semakin besar dan kalian akan belajar banyak tidak hanya bahasa, namun juga budaya dan keindahan lainnya. Potensi ekonomi dan perkembangan Indonesia sangat melaju cepat," ucap Dubes Wening dalam sambutannya.

Seperti keterangan tertulis dari KBRI Budapest yang diterima Metrotvnews.com, Kamis (16/2/2017), Bahasa Indonesia memang menjadi salah satu pilihan kursus bahasa bagi mahasiswa BBS dalam menyelesaikan studi.

BBS memang mewajibkan mahasiswanya menguasai 2 (dua) bahasa asing untuk S1 dan 3 (tiga) bahasa asing untuk S2 sebagai syarat kelulusan dan membantu menyediakan kursus bahasa bagi para mahasiswa.

"Belajar bahasa asing memiliki banyak manfaat. Selain dapat memperluas pergaulan, keterampilan berbahasa asing juga dapat menjadi modal untuk meningkatkan kualitas individu," lanjutnya.

BBS menyampaikan bahwa dipilihnya bahasa Indonesia karena BBS meyakini bahwa di masa yang akan datang peran Indonesia akan meningkat di dunia internasional dan di kawasan Asia pada khususnya.

Hal ini diprediksi akan menambah kerja sama dan penelitian-penelitian di bidang ilmu-ilmu sosial dan mempelajari bahasa akan dapat memperlancar kerja sama di masa yang akan datang.

Peminat kursus Bahasa Indonesia saat ini sudah melebihi kuota yang ditentukan yaitu 15 orang per kelas, hingga akhir hari pendaftaran tercatat sekitar 39 orang sudah mendaftarkan diri. Hal ini membuat BBS mempertimbangkan membuka dua kelas khusus untuk Bahasa Indonesia, namun rencana ini terkendala dengan tenaga pengajar. Saat ini, tenaga pengajar kursus merupakan staf KBRI Budapest yang menguasai Bahasa Indonesia dan Bahasa Hongaria.
 
BBS sendiri merupakan salah satu sekolah tinggi terbaik di Hongaria yang memiliki kelas-kelas internasional dan telah memiliki kerja sama pendidikan dengan universitas-universitas di Indonesia seperti Universitas Teknologi Yogyakarta, Universitas Mercu Buana dan Universitas Gadjah Mada. 
Selain BBS, KBRI Budapest juga menerima permintaan tenaga pengajar Bahasa Indonesia dari Hajtomu Language School. Perkembangan positif ini menunjukan semakin meningkatnya minat warga atau pelajar Hongaria terhadap Indonesia.



(FJR)

Dua Orang Masih Ditahan Terkait Teror London

Dua Orang Masih Ditahan Terkait Teror London

9 hours Ago

Polisi telah melakukan total 15 pencarian terkait aksi teror di berbagai alamat di sekitar London.

BERITA LAINNYA