Ditahan, Puluhan Pengungsi di Spanyol Tuntut Kebebasan

Sonya Michaella    •    Rabu, 19 Oct 2016 14:59 WIB
imigran gelap
Ditahan, Puluhan Pengungsi di Spanyol Tuntut Kebebasan
Puluhan pengungsi memanjat atap dan melakukan unjuk rasa (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Madrid: Puluhan pengungsi yang ditahan di sebuah pusat penahanan di Madrid, Spanyol, unjuk rasa menuntut kebebasan.

Mereka memanjat atap pusat penahanan dan meneriakkan 'kebebasan, kami ingin kebebasan' dalam bahasa Spanyol dan melambaikan spanduk memprotes kondisi penahanan mereka.

"Kami sedang berusaha bernegosiasi dengan mereka. Polisi sedang mengendalikan situasi," ujar salah satu juru bicara kepolisian Spanyol, seperti dikutip AFP, Rabu (19/10/2016).

Sementara, Wali Kota Madrid, Manuela Carmena menegaskan siap berkomunikasi dengan pihak pengungsi jika diminta pemerintah.

"Keadaan di pusat penahanan dengan adanya unjuk rasa ini mengkhawatirkan," ucapnya.

Sementara itu, polisi mengatakan para pengungsi yang melakukan unjuk rasa sama sekali tak ada yang membawa senjata. 

Akademisi dan para aktivis sudah sering mengecam kondisi pusat penahanan Spanyol. Beberapa di antaranya memiliki kamar yang sangat kecil dan sesak, toilet yang kotor serta sedikit pelayanan sosial.

Pusat penahanan tersebut dibangun untuk menampung para pengungsi yang datang ke Spanyol tanpa izin dan menunggu proses deportasi.

Awal bulan ini, sebanyak 67 pengungsi tanpa izin tinggal berhasil kabur dari pusat penahanan tersebut. Pemerintah Spanyol diminta untuk lebih ketat lagi mengunci pusat penahanan.


(WIL)

Santiago De Cuba Bersiap untuk Pemakaman Fidel Castro

Santiago De Cuba Bersiap untuk Pemakaman Fidel Castro

5 hours Ago

Proses pemakaman untuk tokoh revolusi Kuba, Fidel Castro mulai dipersiapkan di kota terbesar kedua…

BERITA LAINNYA