Buruh Mogok Massal, Bandara di Belgia Ditutup

Annisa ayu artanti    •    Sabtu, 08 Oct 2016 02:33 WIB
demonstration
Buruh Mogok Massal, Bandara di Belgia Ditutup
Seseorang memakai topeng dalam aksi demo di Brussel. (AFP/Dirk Waem)

Metrotvnews.com, Brussel: Serikat buruh melakukan mogok massal di Belgia. Akibatnya, trasportasi umum di seluruh pelosok negeri itu terganggu. Sejumlah pabrik dan bandara juga ditutup.

Melansir Reuters, 8 Oktober 2016, serikat buruh melakukan mogok masal lantaran memprotes kebijakan pemerintah terkait pemotongan gaji.

Pihak Bandara Brussel menyarankan penumpang untuk melakukan perjalanan dengan menggunakan tas kecil sebab beberapa petugas bagian bagasi melakukan mogok kerja.

Lembaga penyiaran publik VRT melaporkan mogok masal para pekerja juga telah mengakibatkan penutupan pintu masuk terminal kargo bagi sejumlah truk.

Pada saat kereta api tidak ada gangguan, layanan bus terkena dampaknya di seluruh pelosok Belgia. Kelompok transportasi umum di Brussel, STIB/MIVB, menyatakan bahwa pihaknya hanya mengoperasikan sekitar 75 persen dari kapasitas.

Pemogokan tersebut merupakan protes terakhir terhadap kebijakan pemotongan gaji yang dilakukan pemerintah. Pekan lalu, puluhan ribu buruh Belgia melakukan long march Brussel. Mereka berunjuk rasa untuk menentang apa yang dianggap para pekerja sebagai rencana untuk memperpanjang kerja mingguan dan mengabaikan jadwal kenaikan upah.

Mogok massal hari Jumat juga menghambat produksi di beberapa pabrik besar di negara itu. Pabrik ArcelorMittal di Ghent meniadakan jadwal piket dengan mengizinkan beberapa jumlah pekerja sesuai dengan jaminan keselamatan peralatan.

Begitu juga dengan para pekerja di pabrik Audi. Meskipun tidak ada pemogokan tapi produksinya terhenti karena banyak yang tidak bisa masuk kerja pada saat itu sebab angkutan umum minim.


(LDS)

BDF IX Berakhir, Demokrasi Masih Hadapi Banyak Tantangan

BDF IX Berakhir, Demokrasi Masih Hadapi Banyak Tantangan

23 hours Ago

Bali Democracy Forum (BDF) IX resmi ditutup. Sejak pertama kali diadakan pada 2008, tingkat keikutsertaan…

BERITA LAINNYA