Menkeu Inggris Masih Sangat Yakin dengan Perjanjian Brexit

Willy Haryono    •    Selasa, 05 Dec 2017 19:05 WIB
uni eropabrexit
Menkeu Inggris Masih Sangat Yakin dengan Perjanjian Brexit
Menkeu Inggris Philip Hammond saat tiba di 11 Downing Street, London, 29 November 2017. (Foto: AFP/DANIEL LEAL-OLIVAS)

Brussels: Menteri Keuangan Philip Hammond menegaskan Inggris masih "sangat percaya diri" mengenai perjanjian pemisahan diri dari Uni Eropa atau Brexit. Pernyataan disampaikan satu hari usai negosiasi kedua pihak gagal menghasilkan kesepakatan. 

Perdana Menteri Inggris Theresa May berencana kembali ke Brussels pekan ini untuk negosiasi lanjutan dengan Uni Eropa.

Negosiasi pada Senin kemarin gagal karena banyaknya penentangan dari partai pro-Inggris di Irlandia Utara terkait masalah perbatasan. 

"Ini adalah serangkaian negosiasi yang sangat kompleks. Ada banyak komponen yang terlibat di dalamnya, ada banyak pihak, dan kami sangat yakin bisa membuat kemajuan," ujar Hammond. saat tiba di Brussels untuk bertemu dengan sejumlah Menkeu di Brussels.

"Kita telah membuat banyak kemajuan dalam beberapa pekan terakhir, kita telah mengambil langkah besar. Kita sudah dekat, tapi belum sampai ke sana," lanjut dia. 

"Seperti yang disebutkan perdana menteri kemarin, masih harus ada konsultasi lebih lanjut, dialog lanjutan dan dia akan kembali ke Brussels pekan ini," ungkap Hammond. 

Sebelumnya, Uni Eropa memperingatkan Inggris untuk mempercepat kesepakatan perceraian Brexit. 

Meski di tengah negosiasi Brexit, perekonomian Inggris terus tumbuh secara moderat pada kuartal ketiga 2017, didorong oleh belanja konsumen yang kuat meskipun ada tekanan inflasi terhadap anggaran rumah tangga. 

Meski demikian, Inggris terus berupaya agar laju perekonomian bisa maksimal walau masih ada sejumlah persoalan, termasuk Brexit.

 


(WIL)