Kapal Tenggelam di Mediterania, Tiga Bayi Diselamatkan

Marcheilla Ariesta    •    Senin, 29 Jan 2018 12:40 WIB
imigran gelap
Kapal Tenggelam di Mediterania, Tiga Bayi Diselamatkan
Imigran di Laut Mediterania. (Foto: Daily Express).

Roma: Sebanyak 83 orang berhasil diselamatkan dari kapal tenggelam di Laut Mediterania. Tiga di antaranya masih berusia di bawah setahun.

Meski demikian, dua wanita dinyatakan meninggal dunia akibat insiden tersebut.

"Hari ini tragedi tragis terjadi di Mediterania. Aquarius dimobilisasi untuk menyelamatkan kapal yang tenggelam," ujar badan amal penyelamatan SOS Mediterranean di Twitter, disitat dari Al Arabiya, Senin 29 Januari 2018.

"Orang-orang sudah berada di dalam air saat kami selamatkan, 83 orang selamat, namun dua perempuan tak terselamatkan," ucap mereka.

Dokter Tanpa Batas (MSF) turut membantu operasi penyelamatan tersebut. Mereka mengatakan banyak orang hilang dan diduga tenggelam, termasuk di antaranya anak-anak balita.

Penjaga pantai Italia pada Sabtu lalu mengatakan, total 800 orang berhasil diselamatkan dalam lima operasi terpisah. Menurut kantor Kementerian Dalam Negeri Italia, sebanyak 2.730 imigran asal Libya berhasil berlabuh di negara mereka sejak awal 2018.

Angka tersebut turun secara signifikan sejak Italia mengikuti kesepakatan dengan pasukan Libyan, yang didukung Brussels mengenai pengurangan imigran berangkat ke Eropa.


(WAH)