ICAN Menang Nobel Perdamaian, PBB Sebut Pertanda Baik Bagi Dunia

Marcheilla Ariesta    •    Jumat, 06 Oct 2017 18:19 WIB
nobel
ICAN Menang Nobel Perdamaian, PBB Sebut Pertanda Baik Bagi Dunia
Direktur Eksekutif ICAN Beatrice Fihn (Foto:AFP)

Metrotvnews.com, New York: Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menyambut baik keputusan Komite Nobel Perdamaian memberikan kemenangan bagi Kelompok Antinuklir Dunia (ICAN). Menurut mereka, hal tersebut merupakan pertanda baik bagi dunia untuk meratifikasi perjanjian nuklir.

"Saya rasa ini pertanda baik, harus ada perjanjian yang ditandatangani lebih lanjut dan diratifikasi," ujar juru bicara PBB Alessandra Vellucci, seperti dikutip dari AFP, Jumat 6 Oktober 2017.

Menurut Alessandra, ICAN berkontribusi besar dalam melakukan kampanye internasional untuk menghapuskan senjata nuklir. Kelompok ini sudah satu dekade melakukan kampanye antinuklir bagi negara-negara di dunia.

Mereka juga menyerukan agar Korea Utara (Korut) dan Iran menghentikan program nuklir mereka.

"Organisasi tersebut telah menerima penghargaan atas karyanya untuk menarik perhatian pada konsekuensi kemanusiaan dari penggunaan senjata nuklir. Dan atas upayanya tersebut, mereka dihadiahkan nobel perdamaian," ujar Presiden Komite Nobel Norwegia, Berit Reiss-Andersen.

ICAN juga terus berupaya menghentikan ketegangan yang disebabkan Korea Utara akibat bom nuklir mereka. Komite Nobel terus menyoroti upaya tak kenal lelah ICAN untuk menyingkirkan senjata nuklir dari dunia.

Atas upaya mereka tersebut, organisasi ini menerima hadiah berupa medali emas, ijazah dan cek senilai USD1,1 juta.

Sementara itu, perjanjian larangan penggunaan senjata nuklir sudah ditandatangani oleh 122 negara pada Juli lalu. Hal ini merupakan kemajuan untuk stabilitas dunia.

 


(WAH)