Punya Universitas Terbaik Dunia, Inggris Percaya Lulusannya Jadi Pemimpin

Marcheilla Ariesta    •    Selasa, 14 Nov 2017 17:35 WIB
pendidikan
Punya Universitas Terbaik Dunia, Inggris Percaya Lulusannya Jadi Pemimpin
Oxford University, sumber foto: ox.ac.uk

Jakarta: Universitas Oxford dan Cambridge masuk dalam daftar lima perguruan tinggi terbaik di Inggris. Hal itu menjadi kebanggaan tersendiri bagi Negeri Ratu Elizabeth.

Karenanya, Duta Besar Inggris untuk Indonesia Moazzam Malik dengan sangat percaya diri mengatakan lulusan dari universitas di negaranya pasti jadi pemimpin.

"Menurut kajian independen, sebenarnya, satu dari tujuh pemimpin dunia, di berbagai bidang pernah kuliah di Inggris. Ini yang pertama," serunya saat ditemui dalam acara Newton Fund di kediamannya di Jakarta, Kamis 9 November 2017.

Pria keturunan Pakistan itu menjelaskan, manfaat lainnya mengenyam pendidikan di Inggris adalah mendapatkan bayaran yang lebih dari orang dari universitas di negara lain. Makanya dia mengajak para anak muda Indonesia untuk kuliah di Inggris.

"Lulusan Inggris sebenarnya mendapat gaji yang lebih tinggi dari universitas lain. Jadi, kalau mahasiswa cerdas Indonesia kuliah di Inggris, harapan kami dan saya yakin, mereka akan menjadi pemimpin di bidang yang mereka pilih," imbuhnya.

Tak perlu khawatir dengan biaya, pasalnya Inggris memiliki beberapa program beasiswa yang mendanai seluruh keperluan pelajar yang mengajukan. Beberapa program itu seperti Beasiswa Chevening bagi pelajar yang ingin melanjutkan pendidikan di tingkat S2, Newton Fund untuk mereka yang mau melanjutkan jenjang S3.

Untuk program S1, Moazzam menuturkan beberapa universitas Inggris bekerja sama dengan program beasiswa pemerintah Indonesia, LPDP.

Untuk program beasiswa Chevening, sejak tahun lalu sudah dinaikkan kuotanya menjadi tiga kali lipat. Moazzam mengatakan, pada 2017 ini, sebanyak 70 pelajar Indonesia berangkat ke Inggris melalui program ini.

Beasiswa Chevening dibuka lewat pendaftaran online. Khusus di Indonesia, pendaftaran mulai dibuka per 7 November 2017.

Beasiswa Chevening tahun depan meliputi biaya kuliah di universitas Inggris hingga £18.000, termasuk untuk program MBA, tunjangan hidup bulanan, biaya perjalanan pulang pergi ke Inggris, tunjangan kedatangan, tunjangan saat pulang, biaya tesis, biaya bahan studi, biaya visa, serta dana perjalanan untuk menghadiri acara Chevening di Inggris.

Program studi ini berlangsung selama setahun. Bidang-bidang yang paling diminati, di antaranya climate change, economics, energy, finance, foreign policy, governance, public sector management, science dan technology.


(RRN)