Partai Presiden Prancis Diprediksi Rebut 90 Persen Kursi Parlemen

Sonya Michaella    •    Senin, 12 Jun 2017 08:54 WIB
pemilu prancis
Partai Presiden Prancis Diprediksi Rebut 90 Persen Kursi Parlemen
Presiden Prancis, Emmanuel Macron memberikan suaranya di pemilu parlemen, Minggu 11 Juni 2017. (Foto: BBC)

Metrotvnews.com, Paris: Partai berhaluan tengah di Prancis yang dipimpin Presiden Emmanuel Macron, En Marche, diproyeksikan menang besar di pemilihan anggota parlemen putaran pertama.

Pemungutan suara sudah ditutup pada Minggu 11 Juni, waktu setempat. Diperkirakan, Partai En Marche akan merebut 400 kursi dari 577 kursi yang ada di Majelis Nasional.

Memiliki kursi mayoritas dalam parlemen nasional Prancis akan memungkinkan Macron meloloskan reformasi besar yang ia janjikan dalam kampanyenya.

Dilansir Reuters, Senin 12 Juni 2017, partai terbilang baru karena dibentuk sekitar satu tahun yang lalu dan banyak calonnya yang minim atau bahkan tak punya pengalaman politik sama sekali.

Menurut rencana, putaran kedua pemungutan suara akan diselenggarakan hari Minggu depan, 17 Juni.

Menduduki angka 33 persen, En Marche bisa dibilang unggul untuk sementara mengalahkan Partai Republik yang hanya mendapat 18,9 persen, Front Nasional 12,8 persen dan Sosialis 7,45 persen.

Para analis menilai Sosialis, partai yang berkuasa sebelum nama dan gerakan Macron meroket, turun drastis pamornya. Sedangkan partai kanan jauh Front Nasional (FN) juga tak bisa membubukan hasil seperti yang diharapkan.

"Prancis sudah kembali. Pekan depan, Majelis Nasional akan mewujudkan wajah baru republik kita," kata Perdana Menteri Prancis Edouard Philippe.

Senada dengan PM Philippe, juru bicara pemerintah mengatakan bahwa pemilih menginginkan reformasi segera diterapkan di Prancis.





(WIL)

Lebih Berbahaya Bepergian ke Eropa Daripada ke Suriah

Lebih Berbahaya Bepergian ke Eropa Daripada ke Suriah

41 minutes Ago

Serangan teror yang semakin meningkat di Benua Eropa beberapa tahun terakhir menjadi kekhawatiran…

BERITA LAINNYA