Tiga Terdakwa Tewas saat Berusaha Kabur dari Gedung Pengadilan

Willy Haryono    •    Rabu, 02 Aug 2017 12:58 WIB
penembakan
Tiga Terdakwa Tewas saat Berusaha Kabur dari Gedung Pengadilan
Polisi dan warga berdiri di luar gedung Pengadilan Regional Moskow, Rusia, 1 Agustus 2017. (Foto: Sergei Chirikov / EPA)

Metrotvnews.com, Moskow: Dalam upaya nekat melarikan diri, lima terdakwa kasus pembunuhan merebut senjata dari petugas dan memicu baku tembak di lorong gedung pengadilan di Moskow, Rusia, Selasa 1 Agustus 2017. 

Tiga terdakwa tewas dan dua lainnya berhasil ditangkap kembali dalam keadaan terluka. 

Komite Investigasi Rusia mengatakan percobaan melarikan diri dimulai saat lima terdakwa dikawal dua penjaga -- satu pria, satu wanita -- di sebuah elevator di Pengadilan Regional Moskow. 

Kelimanya menyerang dua penjaga dan merebut senjata api. Salah satu penjaga berhasil menekan tombol alarm gedung. 

Juru bicara pengadilan, Natalya Osipova, mengatakan para terdakwa menyandera kedua petugas, namun dengan cepat diadang aparat keamanan gedung. Saluran televisi nasional Rusia menyiarkan rekaman video yang memperlihatkan beberapa jasad di lorong pengadilan. 

Seorang petugas yang terluka dalam baku tembak dilarikan ke rumah sakit. Dua penjaga yang diserang di elevator juga mendapat perawatan medis. 

Salah satu dari mereka, dengan muka babak belur, mendeskripsikan serangan kelima terdakwa kepada saluraun televisi NTV. "Mereka memukuli dan merebut senjata saya," ujar dia, seperti dikutip CBS News.

Tim jaksa akan menginvestigasi apakah prosedur mengawal terdakwa kasus pembunuhan di Rusia layak diteruskan atau perlu diubah. 

Kelima terdakwa, semuanya berasal dari negara-negara pecahan Uni Soviet di Asia Tengah, dituduh membunuh 17 pengendara sepeda motor dekat Moskow dalam serangkaian serangan pada 2012-2014.


(WIL)