Swedia akan Gelar Latihan Militer Terbesar Bersama NATO

Willy Haryono    •    Selasa, 25 Jul 2017 18:21 WIB
nato
Swedia akan Gelar Latihan Militer Terbesar Bersama NATO
Personel militer Swedia akan bergabung dengan anggota-anggota NATO dalam latihan pada September 2017. (Foto: EPA)

Metrotvnews.com, Stockholm: Militer Swedia mengumumkan rencana menggelar latihan militer gabungan terbesar bersama NATO sejak 20 tahun terakhir, di tengah kekhawatiran mengenai kemungkinan agresi dari Rusia. 

Latihan pertama ini, dinamakan Aurora 17, dijadwalkan berlangsung September mendatang dan didesain untuk memperkuat pertahanan negara. 

"Tujuannya agar negara-negara tetangga harus terlebih dahulu mempertimbangkan secara matang jika ingin menyerang kami," ucap Angkatan Bersenjata Swedia, seperti dikutip Independent.co.uk, Selasa 25 Juli 2017. 

"Misi ini juga bertujuan melindungi kepentingan negara, kebebasan dan hak untuk menjalani kehidupan sesuai cara kami sendiri," lanjutnya. 

Sesi latihan akan digelar di darat, air dan udara. Latihan digelar di seantero Swedia, tapi difokuskan di Bukit Malardalen, area di sekeliling kota Stockholm dan Gothenberg, serta pulau strategis Gotland di Laut Baltik. 

Lebih dari 19 ribu personel militer Swedia akan bergabung bersama 1.435 tentara dari Amerika Serikat, 270 asal Finlandia, 120 Prancis dan antara 40-60 Denmark, Norwegia, Lithuania dan Estonia. 

Keputusan menggelar latihan diambil setelah Presiden Rusia Vladimir Putin bertekad "menghabisi" ancaman NATO jika Swedia memutuskan bergabung dengan organisasi tersebut. 

"Jika Swedia bergabung dengan NATO, maka akan berimbas pada hubungan kami secara negatif, karena kami menganggap infrastruktur dari blok militer itu kini mendekati kami dari kubu Swedia," ujar Putin kepada kantor berita Itar-Tass pada Juni lalu. 

"Kami akan menerjemahkan itu sebagai ancaman tambahan bagi Rusia, dan kami akan memikirkan bagaimana cara untuk mengeliminasinya," sambung dia.


(WIL)