Rusia Tegaskan Kehadiran di Suriah untuk Berantas Teroris

Marcheilla Ariesta    •    Rabu, 05 Sep 2018 18:02 WIB
krisis suriahrusia
Rusia Tegaskan Kehadiran di Suriah untuk Berantas Teroris
Duta Besar Rusia untuk Indonesia Lyudmila Vorobieva (Foto: Marcheilla Ariesta/Medcom.id).

Jakarta: Duta Besar Rusia untuk Indonesia Lyudmila Vorobieva menegaskan keberadaan militer Rusia di Idlib, Suriah murni untuk mengusir teroris.
 
saat ini bukan karena Presiden Bashar al-Assad. Melainkan murni masalah kemanusiaan, yakni mengusir keberadaan teroris.
 
"Keberadaan militer Rusia di Provinsi Idlib, Suriah, sejatinya adalah untuk mengusir teroris," ujar Lyudmila dalam jumpa pers yang dilakukan di kediaman resminya di Jakarta, Rabu 5 September 2018.
 
Dia menambahkan, teroris yang menguasai Suriah terbukti sebagai faktor kesengsaraan masyarakat negara tersebut.
 
"Kembalinya orang-orang Suriah ke negara mereka adalah tujuan utama. Menjadikan negara yang aman untuk didiami terbebas dari gangguan teroris," kata dia.
 
Lyudmila menjelaskan Rusia hadir untuk membantu orang-orang Suriah menata kembali kehidupan mereka. Menurut dia, kestabilan, keamanan dan pertumbuhan ekonomi dibutuhkan Suriah saat ini.
 
Namun, pekan lalu AS dan Rusia saling tuduh atas serangan gas kimia kepada warga sipil di Idlib dalam beberapa hari belakangan. Modus semacam ini seolah sudah menjadi standar operasi di Suriah untuk menyalahkan pihak lawan.
 
Terbaru serangan udara yang dilancarkan militer Rusia di Provinsi Idlib, Suriah menewaskan sembilan warga sipil. Terdapat sedikitnya lima anak-anak di antara korban tewas yang masih satu keluarga.


(FJR)