Kecelakaan Fatal Bus Rusia Tewaskan Empat Anak-Anak

Arpan Rahman    •    Senin, 04 Feb 2019 14:41 WIB
kecelakaan busrusia
Kecelakaan Fatal Bus Rusia Tewaskan Empat Anak-Anak
Ilustrasi kecelakaan bus. (Foto: Medcom.id)

Moskow: Kecelakaan fatal sebuah bus di Rusia menewaskan tujuh orang, empat di antaranya adalah anak-anak. Bus itu terguling dan terpelanting keluar dari jalan raya di kota Smolensk, Kaluga.

Serangkaian foto di media Rusia memperlihatkan sebuah bus dalam kondisi terbalik di tengah wilayah bersalju.

"Akibat kecelakaan ini, tujuh orang meninggal dunia, empat masih anak-anak. Sebanyak 24 korban luka dilarikan ke rumah sakit," kata Kementerian Dalam Negeri wilayah Kaluga, seperti disitir dari laman Sky News, Minggu 3 Februari 2019.

Rekaman video yang dirilis kepolisian lokal memperlihatkan petugas pemadam mengangkut korban luka dengan tandu dari dalam bus. Sebagian besar korban tewas dan luka adalah anak-anak.

Kemendagri Kaluga mengatakan investigasi kasus kriminal mulai dijalankan terhadap sopir bus, untuk menentukan apakah kecelakaan ini terjadi karena faktor teknis atau kelalaian.

Rusia adalah salah satu negara Eropa yang memiliki catatan buruk dalam keselamatan di jalan raya. Sebagian besar kecelakaan biasanya diakibatkan pengaruh minuman keras, buruknya kondisi jalan dan pelanggaran rambu-rambu lalu lintas.

Angka kematian akibat kecelakaan lalu lintas di Rusia relatif rendah dalam beberapa tahun terakhir. Namun angka rata-rata kematiannya masih sekitar 20 ribu per tahun, atau 18,9 kematian per 100 ribu orang.

Bila dibandingkan dengan Amerika Serikat, yang populasinya dua kali lipat dari Rusia, angka kematian akibat kecelakaan lalu lintas 10,0 per 100 ribu orang pada 2013.


(WIL)