Enam Orang Ditangkap atas Rencana Kejahatan di Maraton Berlin

Arpan Rahman    •    Senin, 09 Apr 2018 15:32 WIB
terorismejerman
Enam Orang Ditangkap atas Rencana Kejahatan di Maraton Berlin
Polisi mengamankan acara semi-marathon di Berlin, Jerman, 8 April 2018. (Foto: AFP/dpa/CHRISTOPHE GATEAU)

Berlin: Otoritas Berlin telah menangkap enam orang, Minggu 8 April 2018, atas dugaan merancang rencana "kejahatan kejam" dalam ajang olahraga semi-maraton di ibu kota Jerman. Acara ini diikuti 36.000 pelari dan disaksikan banyak penonton.

Kepolisian serta kejaksaan Berlin menyebut mereka yang ditangkap berusia antara 18 dan 21. Keenam orang ini diyakini sedang "merencanakan sebuah kejahatan dalam acara tersebut."

Berbasis dugaan tersebut dan setelah terjadinya penabrakan mobil van ke sebuah restoran di Muenster, kepolisian Jerman memutuskan meringkus keenam orang tersebut. 

"Karena penyelidikan yang masih berlangsung, tidak ada informasi lebih lanjut yang dapat diberikan saat ini," ujar otoritas keamanan Berlin, seperti dilansir Business Times, Senin 9 April 2018.

Wali Kota Berlin Michael Mueller berterima kasih kepada aparat keamanan karena berhasil mencegah "serangan yang mungkin terjadi lewat kewaspadaan dan kinerja hebat."

Seorang juru bicara kepolisian Berlin berkomentar kepada AFP bahwa mereka sudah menyita "seperangkat alat penyimpanan data, telepon genggam, dua kendaraan, dan pisau kecil" usai penggerebekan di kediaman keenam tersangka. 

Dia menyebut keenam orang itu "mungkin telah merencanakan sesuatu untuk acara semi-maraton, walau kami tidak tahu persis seperti apa rencana itu."

Lomba semi-maraton di Berlin digelar pada Minggu pagi. Acara berlangsung tanpa insiden di bawah hangatnya sinar matahari musim semi. Sekitar 630 polisi dikerahkan untuk mengamankan perlombaan tersebut.

Seperti negara-negara Eropa lainnya, Jerman tetap menjadi target kelompok ekstremis, khususnya soal keterlibatan dalam koalisi yang memerangi Islamic State (ISIS) di Irak dan Suriah. Jerman juga diincar karena ikut mengerahkan pasukan ke Afghanistan sejak 2001.


(WIL)


Obama Sindir Sejumlah Kebijakan Trump

Obama Sindir Sejumlah Kebijakan Trump

13 hours Ago

Sejumlah kebijakan Trump disindir Obama, yaitu kebijakan imigrasi dan mundurnya AS dari Kesepakatan…

BERITA LAINNYA