Italia Minta Dubes Korut Angkat Kaki dari Roma

Sonya Michaella    •    Senin, 02 Oct 2017 10:52 WIB
rudal korut
Italia Minta Dubes Korut Angkat Kaki dari Roma
Menteri Luar Negeri Italia, Angelino Alfano. (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Roma: Italia memerintahkan Duta Besar Korea Utara (Korut) untuk segera meninggalkan Roma. Padahal, dubes Korut tersebut baru saja dilantik.

Kebijakan ini dipilih Italia sebagai bagian atas "hukuman" karena Korut dianggap terus mengeluarkan provokasi rudal hingga kini.

Dikutip dari Washington Post, Senin 2 Oktober 2017, keputusan itu resmi diumumkan oleh Menteri Luar Negeri Italia Angelino Alfano. 

"Kami ingin membuat Korut menyadari bahwa hubungannya dengan negara-negara di Eropa dan wilayah lainnya akan berubah jika program nuklirnya tak dihentikan," kata dia.

"Meski tidak ada dubes, bukan berarti Italia memutuskan hubungan diplomatik," ujar Alfano lagi.

Setelah posisi dubes Korut di Roma kosong selama sekitar 20 bulan, Pemerintah Korut menunjuk Mun Jong-nam untuk mengisinya. Namun, kini ia terpaksa harus kembali ke Pyongyang.

Italia menjadi negara keenam yang bertindak untuk Korut terkait program nuklir Negara Komunis tersebut. Sebelumnya Spanyol juga telah mengusir dubes Korut dari Madrid.

Sedangkan Portugal, Meksiko, Peru dan Kuwait telah memutuskan hubungan diplomatik dengan Korut seiring dengan peluncuran uji coba rudal balistik Korut yang terakhir.



(WIL)