Turki Didesak Bebaskan Wartawan yang Wawancara Pengungsi Suriah

Willy Haryono    •    Rabu, 19 Apr 2017 22:27 WIB
politik turkiitalia
Turki Didesak Bebaskan Wartawan yang Wawancara Pengungsi Suriah
Pengungsi asal Suriah berkumpul di pinggir jalan antara Turki dan Bulgaria, Selasa (15/9/2015). (Foto: AFP / BULENT KILIC)

Metrotvnews.com, Roma: Italia meminta Turki membebaskan seorang jurnalis yang ditangkap Ankara bulan ini dekat perbatasan Suriah. Ketika ditangkap, pewarta itu sedang meliput seluk beluk mengenai pengungsi asal Suriah.

Gabriele Del Grande, 34, diborgol oleh kepolisian Turki pada 9 April 2017 saat dirinya sedang mewawancarai sejumlah orang yang lari dari Suriah. Wawancara dilakukan untuk menyelesaikan buku karya jurnalistik mengenai konflik Suriah dan kelahiran kelompok militan Islamic State (ISIS). 

Kementerian Luar Negeri Italia melaporkan bahwa jurnalis itu sudah dibolehkan berbicara dengan keluarganya via telepon pada Selasa 18 April 2017, namun hal tersebut dinilai belum cukup. 

Presiden Parlemen Eropa Antonio Tajani, seorang politikus asal Italia, juga menyerukan agar Del Grande segera dibebaskan. 

"Saya menyerukan pembebasan #DelGrande dan semua jurnalis yang ditahan secara tidak adil di Turki. Tidak ada demokrasi tanpa kebebasan berekspresi," ungkap Tajani di Twitter, seperti dikutip AFP, Rabu 19 April 2017. 

Del Grande, yang juga seorang blogger, penulis dan aktivis hak asasi manusia, ditangkap di pusat identifikasi di Hatay, dan kemudian dipindahkan ke Mugla. 

"Dokumen-dokumen saya sudah lengkap, tapi saya belum bisa mendapatkan pengacara, dan belum tahu kapan saya akan dibebaskan," ucap Del Grande seperti dikutip anggota keluarganya. 

Meski mengaku tidak mendapat perlakuan kasar dari Turki, Del Grande mengaku telepon dan barang-barang pribadinya disita. Dia juga "diinterogasi" mengenai konten penelitiannya mengenai konflik Suriah dan ISIS. 

Berasal dari Lucca di Tuscany, Del Grande juga wakil penulis dan sutradara karya dokumenter pengungsi Suriah dan Palestina berjudul "Io sto con la sposa." Film itu diputar di Festival Film Venice pada 2014.


(WIL)