Menteri Kabinet Merkel Usulkan Hari Libur Muslim di Jerman

Willy Haryono    •    Minggu, 15 Oct 2017 12:33 WIB
politik jerman
Menteri Kabinet Merkel Usulkan Hari Libur Muslim di Jerman
Mendagri Jerman Thomas de Maiziere. (Foto: AFP/JOHN MACDOUGALL)

Metrotvnews.com, Berlin: Kubu konservatif dalam kabinet Kanselir Angela Merkel terkejut setelah salah satu anggota mereka mengusulkan adanya hari libur Muslim di Jerman.

Menteri Dalam Negeri Thomas de Maiziere mengatakan dirinya ingin mendiskusikan kemungkinan mengenalkan hari libur Muslim di beberapa wilayah Jerman. 

Jerman adalah rumah bagi sekitar 4,4 juta Muslim, yang sebagian besarnya berasal dari komunitas etnis Turki. Lebih dari satu juta imigran yang datang ke Jerman sejak beberapa tahun terakhir juga didominasi Muslim. 

"Karena ada begitu banyak Muslim, mengapa kita mempertimbangkan adanya hari libur Muslim," ujar de Maiziere dalam sebuah pidato di Lower Saxony menjelang pemilihan umum daerah, seperti dikutip AFP, Sabtu 14 Oktober 2017. 

CSU, partai saudara dari Christian Democrats (CDU) milik Merkel, menolak keras wacana tersebut. 

"Warisan budaya Kristen di Jerman tidak dapat dinegosiasikan lagi," tegas Alexander Dobrindt, politikus senior SCU, kepada surat kabar Bild

"Bagi kami, mengenalkan hari libur Muslim benar-benar tidak dapat diterima," lanjut dia.

Petinggi Partai Social Democrat (SPD) Martin Schulz, yang merupakan rival utama Merkel pada pemilu lalu, menyebut ide de Maiziere layak "dipikirkan dan dipertimbangkan."

Schulz mengaku kaget ide semacam itu datang dari seorang menteri dalam negeri kabinet Merkel yang didominasi CDU. 

Sebelumnya De Maiziere menyerukan kepada para imigran di Jerman yang sebagian besarnya adalah Muslim untuk menghormati "Leitkultur," atau budaya referensi. Istilah ini biasa digunakan oleh kubu sayap kanan. 

Pemilukada di Jerman pada Minggu ini merupakan ujian besar bagi Merkel yang melanjutkan jabatan kanselirnya untuk kali keempat. Meski menang pada pemilu September lalu, tapi ia tidak memiliki mayoritas di parlemen. Merkel pun dipaksa harus menggalang koalisi.

Sejumlah survei terbaru menunjukkan dukungan terhadap CDU berada di belakang SPD di Lower Saxony, negara bagian terpadat keempat di Jerman.


(WIL)


Grup Amal Texas Tampung 30 Imigran yang Ditahan AS

Grup Amal Texas Tampung 30 Imigran yang Ditahan AS

6 hours Ago

Para imigran itu ditampung usai otoritas AS mencabut dakwaan hukum atas tuduhan memasuki wilayah…

BERITA LAINNYA