Vatikan Bekukan Rp28 Miliar atas Dugaan Pencucian Uang

Willy Haryono    •    Minggu, 19 Feb 2017 05:00 WIB
paus fransiskusvatikan
Vatikan Bekukan Rp28 Miliar atas Dugaan Pencucian Uang
Aktivitas di Vatikan. (Foto: Sky News)

Metrotvnews.com, Vatikan: Otoritas Vatikan membekukan lebih dari EUR2 juta atau setara Rp28 miliar atas dugaan pencucian uang yang terjadi di tahun 2016, Sabtu 18 Februari 2017. 

Pembekuan merupakan langkah terbaru Paus Fransiskus dalam membersihkan sektor keuangan Tahta Suci. 

Gian Pietro Milano, Departemen Hukum di Vatikan, mengatakan total dana yang dibekukan antar 2013 dan 2016 mencapai EUR13 juta.

Seperti dikutip Sky News, pembekuan terbaru merupakan respons terhadap peringatan dari Otoritas Intelijen Keuangan Vatikan (AIF), sebuah badan yang diberikan kekuasaan lebih oleh Fransiskus. 

Tidak ada detail lain dari pembekuan ini, namun Milano mengatakan dua kasus (pencucian uang) berujung pada dakwaan dan tiga lainnya dibatalkan.

Moneyval, badan pengawas keuangan Dewan Eropa, mengatakan pada Desember 2015 bahwa Vatikan telah melakukan sejumlah langkah baik dalam membersihkan sistem finansialnya. 

Pada akhir 2015, sebuah investigasi dibuka di Vatikan terhadap investasi properti terkait pencucian uang, perdagangan internal dan manipulasi pasar. 

Satu tahun sebelumnya, jutaan euro dibekukan di beberapa rekening bank milik dua mantan manajer dan pengacara Vatikan. 

Milano mengatkan Vatikan "telah menutup jurang" dalam memenuhi standar internasional terkait pengawasan, pelaporan, investigasi dan menangani kejanggalan finansial.


(WIL)