Majemuk dan Multikultur, Kekuatan Indonesia sebagai Tamu di Europalia

Sonya Michaella    •    Rabu, 11 Oct 2017 12:34 WIB
eropa
Majemuk dan Multikultur, Kekuatan Indonesia sebagai Tamu di Europalia
Menlu RI, Retno Marsudi. (Foto: Dok. Kemlu RI)

Metrotvnews.com, Brussels: Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi mempromosikan Indonesia secara penuh di perhelatan Europalia di Belgia, yang dibuka pada 10 Oktober 2017, waktu setempat.

"Kami bangga menjadi bangsa Indonesia yang majemuk dan multikultur. Dengan banyak suku, agama dan kepercayaan, bahasa yang banyak. Inilah Indonesia," kata Menlu Retno, di pembukaan Europalia, dikutip dari keterangan Kementerian Luar Negeri yang diterima Metrotvnews.com, Selasa 10 Oktober 2017.

"Indonesia juga berdiri sebagai negara dengan beribu peluang dan kesempatan. Peluang dan kesempatan untuk bekerja sama dengan negara-negara lain," lanjut dia.

Ia juga menyebutkan, bangganya menjadi warga Indonesia yang menjadi negara demokrasi terbesar ketiga, dan dengan ekonomi Indonesia yang terbesar di Asia Tenggara.



"Ekonomi kami terus bertumbuh setiap tahunnya dan menciptakan peluang yang bagus untuk bisnis dan investasi," tutur Menlu Retno.

Indonesia akan sangat terbuka dengan kesempatan berbisnis yang ada dengan negara-negara lain dan juga untuk meningkatkan hubungan bilateral.

Di samping itu, ucapnya, Indonesia juga kaya akan budaya dan seni dari Sabang sampai Merauke. 

Europalia adalah festival seni internasional yang diselenggarakan sejak 1969 di Belgia dan negara-negara Eropa lainnya dengan mengundang negara tamu dan berlangsung selama empat bulan.

Acara yang disuguhkan mencakup seni rupa, seni pertunjukkan --musik, seni, teater--, sastra, film dan juga seminar.

Kekayaan budaya nasional yang beragam menjadi dasar pemilihan Indonesia sebagai negara tamu (guest country) Europalia ke-26.


(FJR)