Rusia Sebut Jatuhnya Pesawat di Mesir Disebabkan Bom Seberat 1 Kg

Fajar Nugraha    •    Selasa, 17 Nov 2015 16:36 WIB
pesawat rusia jatuh di mesir
Rusia Sebut Jatuhnya Pesawat di Mesir Disebabkan Bom Seberat 1 Kg
Bagian pesawat Rusia yang jatuh di Mesir (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Moskow: Pesawat penumpang Rusia yang jatuh di Mesir pada Oktober lalu, disebabkan oleh bom seberat satu kilogram.

Kepastian itu disebutkan Kepala Biro Keamanan Rusia (FSB) kepada Presidesn Vladimir Putin. Pengumuman itu menegaskan bahwa jatuhnya pesawat itu dilakukan teroris.

"Berdasarkan penyelidikan dari para ahli kami, sebuah bom buatan setara 1 kilogram TNT, meledak di dalam badan pesawat," ujar Alexander Bortnikov, seperti dikutip Reuters, Selasa (17/11/2015).

"Bom itu menyebabkan badan pesawat pecah di udara. Ini menjelaskan mengapa badan pesawat tersebar di wilayah luas. Saya hanya bisa menjelaskan ini adalah tindakan teroris," tegas Bortnikov.

Seluruh penumpang dari maskapai Kogalymavia tewas dalam insiden ini. Dari 224 penumpang yang ada di pesawat, sebagian besar adalah warga negara Rusia.

Presiden Putin bersumpah untuk memburu pihak yang bertanggungjawab dalam kejadian ini.

"Tidak ada batas dalam penyelidikan ini, kami harus tahu siapa nama mereka (pelaku). Kami akan mencari keberadaan mereka, di mana pun mereka bersembunyi. Kami akan menemukan mereka dan menghukumnya," tutur Putin.

ISIS pun sudah mengakui bertanggungjawab telah menjatuhkan pesawat itu. Mereka pun memberikan keterangan resmi secara tertulis dan video serta audio.

Menurut ISIS, mereka melakukan pengeboman karena Rusia terlibat kampanye melawan ISIS di Suriah.


(FJR)