Masjid di Dalam Gereja Dibuka di Jerman

Sonya Michaella    •    Sabtu, 17 Jun 2017 12:55 WIB
jermantoleransi beragama
Masjid di Dalam Gereja Dibuka di Jerman
Gereja St. John yang di dalamnya terdapat Masjid Ibn-Rushd-Goethe. (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Berlin: Usai serangan teroris terakhir ke Jerman, tepatnya di Pasar Natal Berlin tahun lalu yang menewaskan 12 orang, sebuah masjid baru dibangun di dekat pasar tersebut. 

Pasalnya, sebuah masjid yang ada di lokasi terjadinya serangan kala itu, sudah ditutup sejak diketahui sang pelaku kerap berkunjung ke masjid itu. Bahkan, warga Jerman sempat menyebutnya 'masjid radikal'.

Uniknya, masjid ini terletak di lantai tiga Gedung Johanniskirche Protestant (Gereja St. John) yang berarti berada di dalam gereja. Hal yang jarang terjadi di dunia, di mana sejumlah pihak sering berseteru dengan mengatasnamakan agama.

Dilansir AFP, Sabtu 17 Juni 2017, Masjid Ibn-Rushd-Goethe resmi dibuka pada 16 Juni kemarin, waktu Jerman. Semua kalangan dari sejumlah agama turut diundang, termasuk tokoh agama Kristen Katolik dan Yahudi di Jerman.



"Kami ingin mengirim sinyal bahwa teror yang selama ini ada di dunia tidak terkait dengan Islam," kata Seyran Ates, salah satu pendiri masjid.

"Kami membuka semua ruang doa kami untuk semua kalangan dan golongan, termasuk LGBT," lanjut dia.

Jerman, dengan sekitar empat juta orang Muslim di dalamnya, memang rentan dengan ancaman serangan terorisme, selain Prancis dan Inggris, serta negara Eropa lainya.

Kedatangan lebih dari dari satu juta pengungsi yang kebanyakan dari negara-negara konflik Timur Tengah, membuat warga Jerman takut akan serangan terorisme.

Namun, dengan hadirnya masjid ini, diharapkan warga Jerman dan warga Eropa lainnya bisa berpendapat lain soal Islam yang sama sekali tidak terkait terorisme.



(FJR)

Lebih Berbahaya Bepergian ke Eropa Daripada ke Suriah

Lebih Berbahaya Bepergian ke Eropa Daripada ke Suriah

41 minutes Ago

Serangan teror yang semakin meningkat di Benua Eropa beberapa tahun terakhir menjadi kekhawatiran…

BERITA LAINNYA