Bunda Teresa akan Dinobatkan sebagai Santa oleh Vatikan

Willy Haryono    •    Minggu, 04 Sep 2016 12:47 WIB
vatikan
Bunda Teresa akan Dinobatkan sebagai Santa oleh Vatikan
Bunda Teresa. (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Vatikan: Bunda Teresa, seorang biarawati yang dikenal bekerja keras membantu kaum miskin di India, akan dinyatakan sebagai seorang wanita suci atau santa dalam sebuah seremoni di Vatikan. 

Ratusan ribu orang diperkirakan menghadiri upacara tersebut di Lapangan Santo Petrus, yang akan dipimpin langsung Paus Fransiskus. 

Dua kesembuhan 'ajaib' setelah kematian Bunda Teresa pada 1997 semakin memperkuat dorongan untuk menjadikannya seorang santa. 

Di India, serangkaian seremoni juga akan digelar oleh Missionaries of Charity, sebuah perkumpulan yang didirikan Bunda Teresa di Kalkuta. 

Paus Fransiskus dijadwalkan memimpin sebuah misa dan kanonisasi di Lapangan Santo Petrus pada Minggu (4/9/2016), pukul 10.30 waktu setempat. 

Bunda Teresa telah mendirikan sebuah persaudaraan wanita yang menjalankan 19 organisasi. Bunda Teresa merupakan salah satu peraih penghargaan Nobel Perdamaian. 

Kerja keras Bunda Teresa sempat mendapat sejumlah kritik, salah satunya mengenai faktor kebersihan di beberapa rumah sakit yang dijalankan persaudaraan wanitanya. Bunda Teresa juga disebut-sebut menerima uang dari sejumlah diktator. 

Ia meninggal dunia pada usia 87 di tahun 1997 dan menjalani beatifikasi -- langkah pertama untuk menjadi orang suci dalam Katolik -- pada 2003. 

Pada 2012, Vatikan menyatakan bahwa tumor perut seorang wanita di India secara ajaib menghilang setelah dirinya berdoa kepada Bunda Teresa. 

Tahun lalu, Paus Fransiskus semakin membuka jalan bagi status orang suci setelah terjadinya kesembuhan ajaib kedua yang dikaitkan dengan Bunda Teresa.

Lahir pada 1910 dari orangtua etnis Albania, Bunda Teresa yang terlahir dengan nama Agnese Gonxha Bojaxhiu tumbuh besar di area yang sekarang adalah Skopje, ibu kota dari Makedonia. Ketika itu, Skopje adalah bagian dari Kekaisaran Ottoman. 

Berusia 19 tahun, Agnese bergabung dengan ordo Loreto asal Irlandia dan pada 1929 dikirim ke India. Di sana, ia mengajar di sebuah sekolah di Darjeeling dengan nama Therese. Pada 1946, ia pindah ke Kolkata dan membantu kaum miskin. 

Setelah satu dekade, ia menderikan rumah sakit dan sebuah rumah bagi anak telantar. Bunda Teresa mendirikan Missionaries of Charity pada 1950. Persaudaraan wanita Bunda Teresa kini beranggotakan 4.500 biarawati di seluruh dunia.


(WIL)