Ancaman Teror, Status Keamanan di Jerman Meningkat

Sonya Michaella    •    Minggu, 09 Oct 2016 08:11 WIB
jerman
Ancaman Teror, Status Keamanan di Jerman Meningkat
Kepolisian Jerman melakukan penjagaan ketat (Foto: BBC)

Metrotvnews.com, Chemnitz: Jerman kembali mendapat ancaman bom. Informasi serangan teror dengan menggunakan bahan peledak didapatkan oleh polisi dari warga sekitar.

Kepolisian Jerman langsung mengelar operasi keamanan di wilayah pemukiman Kota Chemnitz tersebut. Operasi besar-besar digelar karena ada informasi akan ada serangan teror dengan menggunakan bahan peledak di sana.

Seperti dilansir Reuters, Minggu (9/10/2016), sejauh ini belum ada satupun tersangka yang ditahan. Sempat terdengar satu kali suara ledakan, namun ledakan tersebut, menurut juru bicara kepolisian setempat, merupakan upaya perlindungan. 

Kepolisian memperingatkan agar warga di sekitar wilayah operasi untuk tetap tinggal di dalam rumah. Mereka juga meningkatkan status keamanan di Jerman, terutama Chemnitz.

Warga juga diimbau tak mengambil gambar dalam bentuk foto atau video lalu mempostingnya di media sosial.


Polisi melakukan pengecekan kendaraan/BBC

Sebelumnya, polisi mengumumkan pemblokiran kawasan di Kota Chemnitz. Kawasan yang disterilkan terbilang cukup luas.

Juru bicara Kantor Investigasi Kriminal Jerman, Tom Bernhardt mengatakan pihak kepolisian sedang memburu pelaku ancaman teror tersebut.

Ia mengatakan Jerman sejauh ini masih terbilang aman dari serangan teror saat negara tetangganya, dibanding Prancis dan Belgia sudah mengalaminya.

Chemnitz merupakan kota berpenduduk lebih dari 200.000 jiwa yang terletak di timur Jerman. Daerah ini berada di sebelah selatan Berlin dan Leipzig dan tidak jauh dari perbatasan Jerman dengan Republik Ceko.

Namun akhir Juli lalu, kelompok militan ISIS mengklaim telah melakuan dua serangan di atas kereta di dekat Wuerzburg dan pada sebuah festival musik di Ansbach. Saat itu seragan melukai 20 orang pencari suaka.


(WIL)

BDF IX Berakhir, Demokrasi Masih Hadapi Banyak Tantangan

BDF IX Berakhir, Demokrasi Masih Hadapi Banyak Tantangan

22 hours Ago

Bali Democracy Forum (BDF) IX resmi ditutup. Sejak pertama kali diadakan pada 2008, tingkat keikutsertaan…

BERITA LAINNYA