PM Belgia tak Undang Carles Puigdemont

Eko Nordiansyah    •    Rabu, 01 Nov 2017 02:35 WIB
referendum catalunya
PM Belgia tak Undang Carles Puigdemont
Perwakilan pihak keamanan tengah berdialog dengan peserta aksi Referendum Catalonia (Foto: AFP PHOTO / CESAR MANSO)

Metrotvnews.com, Brussels: Perdana Menteri Belgia Charles Michel mengaku tak mengundang Presiden Catalonia, Carles Puigdemont untuk datang ke Belgia. Kedatangan Puigdemont disebut akan diperlakukan sebagai warga negara Uni Eropa lainnya.

Puigdemont yang mengadakan konferensi pers di Brussel mengatakan, dia menerima pemilihan cepat yang dilakukan oleh pemerintah pusat di Madrid. Namun dirinya meminta jaminan yudisial sebelum kembali ke Spanyol.

"Pemerintah Belgia tidak mengambil satu langkah pun untuk mendorong Puigdemont datang ke Belgia," kata kantor Perdana Menteri Charles Michel seperti dilansir Reuters, Rabu 1 November 2017.

"Pemerintah Belgia berulang kali meminta dialog politik untuk menyelesaikan krisis di Spanyol, dalam rangka tatanan nasional dan internasional," tambahnya.

Sebelumnya Carles Puigdemont menyerukan 'oposisi demokratis' atas aksi pengambilalihan oleh Madrid pada wilayah tersebut menyusul deklarasi kemerdekaannya.

"Sangat jelas bahwa bentuk terbaik untuk mempertahankan keberhasilan yang dicapai sampai sekarang adalah oposisi demokratis terhadap pasal 155, " kata Puigdemont dalam sebuah pernyataan singkat.


(DEN)