Paus Fransiskus Ingin KTT Korea Picu Dialog Damai

Willy Haryono    •    Rabu, 25 Apr 2018 19:02 WIB
paus fransiskuskorea utarakorea selatan
Paus Fransiskus Ingin KTT Korea Picu Dialog Damai
Paus Fransiskus dalam acara rutin di Lapangan Santo Petrus, Vatikan, 25 April 2018. (Foto: AFP/ANDREAS SOLARO)

Vatikan: Paus Fransiskus meminta semua pihak yang terlibat dalam Konferensi Tingkat Tinggi "dua Korea" memiliki keberanian untuk menjadi "seniman perdamaian." 

Ia berharap KTT antara Korea Selatan dan Korea Utara, yang dijadwalkan berlangsung pada Jumat 27 April mendatang, dapat menjadi awal dari dialog damai di Semenanjung Korea. 

Dalam acara rutin di Lapangan Santo Petrus, Vatikan, seperti dilansir ITV, Rabu 25 April 2018, Fransiskus juga meminta semua orang untuk mendoakan "mereka yang ada di Selatan dan juga Utara" Korea. 

KTT Korea akan digelar di Zona Demiliterisasi yang memisahkan kedua negara. Pertemuan akan berlangsung antara Presiden Korsel Moon Jae-in dengan pemimpin Korut Kim Jong-un.

Pertemuan ini merupakan hasil upaya diplomatik selama berbulan-bulan yang didorong Moon. Moon adalah tokoh yang lebih memilih jalur dialog agar Korut mau mendiskusikan program nuklirnya.

Baca: Makanan Khas Korut akan Hadir dalam Pertemuan Moon-Kim

Setelah KTT Korea, nantinya Kim dijadwalkan bertemu Presiden Amerika Serikat Donald Trump di suatu tempat yang belum ditentukan pada akhir Mei atau awal Juni. 

Kim telah memutuskan membekukan uji coba nuklir dan misilnya agar pertemuan dengan Trump dapat terwujud. Trump menyambut baik keputusan tersebut. 

Trump, yang pernah menyebut Kim dengan sebutan manusia roket, kini bersikap lebih hangat. Dalam pernyataan terbarunya, dia menyebut Kim sebagai sosok yang "sangat terbuka" dan "sangat terhormat."

Pernyataan disampaikan usai Kim mengutarakan niatnya untuk segera bertemu Trump.


(WIL)