Catalonia Bersikukuh Deklarasikan Kemerdekaan Secepatnya

Sonya Michaella    •    Selasa, 10 Oct 2017 07:52 WIB
referendum catalonia
Catalonia Bersikukuh Deklarasikan Kemerdekaan Secepatnya
Pemimpin Catalonia, Carles Puigdemont. (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Madrid: Pemimpin Catalonia, Carles Puigdemont mengatakan, Catalonia akan segera mendeklarasikan kemerdekaannya, hanya dalam beberapa hari lagi.

Ia juga mengatakan, dirinya akan menerapkan undang-undang referendum yang memungkinkan deklarasi kemerdekaan jika pemungutan suara menunjukkan dukungan mayoritas warga.

"Deklarasi kemerdekaan untuk kami bukan deklarasi sepihak dan akan diterapkan sebagai hasil dari undang-undang referendum tersebut. Kami akan menerapkan apa yang dinyatakan undang-undang itu," ujar Puigdemont, dikutip dari Guardian, Selasa 10 Oktober 2017.

"Saya akan menemui parlemen regional Catalonia, hari ini, sekitar pukul 18.00 untuk membahas situasi politik terkini," lanjut dia.

Hukum Catalonia yang dibuat untuk menyelenggarakan referendum tersebut menyatakan bahwa parlemen Catalonia segera mendeklarasikan pemisahan wilayah dalam jangka waktu 48 jam setelah kantor pemilu memproklamirkan kemenangan pendukung kemerdekaan.

Sementara itu, warga Catalonia mendesak Puigdemont segera mengumumkan kemerdekaan meski Perdana Menteri Spanyol Mariano Rajoy mengancam akan mencabut status otonomi daerahnya.

Puigdemont menegaskan, meski Spanyol menolak untuk berdialog, ia akan tetap mendeklarasikan kemerdekaan. Pasalnya, sejak hasil referendum keluar, belum ada komunikasi yang dilakukan antara Spanyol dan Catalonia. 

Di samping itu, ratusan ribu warga Spanyol menolak pemisahan diri yang akan dideklarasikan Catalonia. Mereka berunjuk rasa di pusat kota Barcelona, kemarin.

Warga yang diperkirakan mencapai 350 ribu orang tersebut melambaikan bendera Spanyol dan Catalonia dan bertuliskan "Catalonia adalah Spanyol" serta "Bersama Kita Lebih Kuat".

Tidak hanya di Barcelona, demo juga digelar di 50 kota lainnya, termasuk ibu kota Madrid. Ribuan orang mengenakan baju warna putih berkumpul dan membawa spanduk seruan perdamaian dan dialog antara pemerintah pusat dan Catalonia.

 


(WIL)