Pencari Suaka Asal Palestina Dihukum Seumur Hidup di Austria

Sonya Michaella    •    Jumat, 12 May 2017 10:06 WIB
austria
Pencari Suaka Asal Palestina Dihukum Seumur Hidup di Austria
Kehancuran kota Homs, Suriah. (Foto: Getty Images)

Metrotvnews.com, Vienna: Seorang pencari suaka berkebangsaan Palestina dijatuhi hukuman penjara seumur hidup oleh Austria karena tuduhan kejahatan perang yang membunuh 20 tentara Pemerintah Suriah.

Ia dinyatakan bersalah karena "pembunuhan sebagai pelanggaran terorisme" oleh pengadilan di Innsbruck. Pria berusia 27 tahun ini diketahui memegang paspor Palestina namun lahir dan besar di sebuah kamp pengungsi di Homs, Suriah.

Ia ditangkap Juni lalu di sebuah tempat penampungan pengungsi di negara bagian Tyrol, Austria setelah ia berkelahi dengan seorang pria Suriah setelah sebelumnya tiba di Austria pada Mei 2015 silam.

Setelah ditelusuri, pria Palestina ini membual kepada penduduk lain di tempat penampungan bahwa ia adalah anggota Faruq Brigade, sebuah subkelompok pemberontak di Suriah dan telah berperang melawan tentara pemerintah Suriah di Homs pada 2013 sampai 2014.

Dilansir Guardian, Jumat 12 Mei 2017, hari pertama persidangannya, ia mengaku tidak membunuh siapapun dan ia tak bersalah. Malahan ia mengaku bahwa dianiaya oleh rezim Bashar al-Assad pada 2011.

Pria ini mengaku bahwa rezim Assad membunuh adik laki-lakinya. Lalu lambat laun ia membeberkan bahwa ia memiliki senjata untuk membela dirinya dan keluarganya.

Dia bahkan mengatakan bahwa ia tidak pernah ambil bagian secara langsung dalam pertempuran.

Namun pada sidang kedua dan ketiga, ia menjelaskan bahwa ia telah menembak mati tentara yang sedang terluka parah. Ketika ditanyai beberapa kali oleh hakim, ia membenarkan.



(WIL)