Korupsi Piala Dunia 2014, eks Gubernur Rio Ditangkap

Damar Iradat    •    Kamis, 17 Nov 2016 23:36 WIB
piala dunia 2014
Korupsi Piala Dunia 2014, eks Gubernur Rio Ditangkap
Eks Gubernur Rio de Janeiro Sergio Cabral (tengah) dan mantan Presiden Brasil Dilma Rousseff (kanan) - foto: AFP/Yasuyoshi Chiba

Metrotvnews.com, Rio de Janeiro: Kepolisian Brasil menahan mantan Gubernur Rio de Janeiro, Sergio Cabral. Cabral ditangkap karena diduga terlibat dalam kasus korupsi terkait proyek pembangunan pada Piala Dunia 2014 lalu.

Seperti diberitakan Reuters, Cabral dituduh menggelapkan uang sebesar USD64 juta dari skema pembuatan bangunan publik. Cabral merupakan salah satu politikus terkenal yang ditangkap dalam beberapa bulan terakhir dalam penyelidikan operasi 'Car Wash' yang sudah berjalan dua tahun terakhir.

Lusinan pegiat anti-korupsi Brasil langsung memaki Cabral saat dia digiring keluar dari rumahnya di kawasan Leblon oleh kepolisian federal Brasil. Cabral bungkam saat ditanya soal kasus yang menyeretnya.

Jaksa penuntut umum negara bagian Rio mengatakan, Cabral memimpin sekelompok mantan pejabat dan eksekutif konstrukstor dalam skema suap terkait dengan pekerjaan umum. Suap itu juga termasuk biaya perbaikan dari stadion Final Piala Dunia 2014, Stadion Maracana.

Tertangkapnya Cabral dinilai tidak akan menggoyahkan posisi Presiden Michael Temer. Keduanya diketahui memiliki keterkaitan lantaran sama-sama dari Brazilian Democratic Movement Party (PMDB).

"Penangkapan Cabral tampaknya tidak akan berkaitan langsung dengan Temer, tapi ini akan membuat ketidakseimbangan politik, karena investigasi menyeret pihak-pihak dari PMDB dan partai lainnya," kata Leonardo Barretto, seorang konsultas dari Factual Informacao e Analise, Kamis (17/11/2016).

Penangkapan Cabral dilakukan sehari stelah mantan Gubernur Rio lainnya, Anthony Garotinho ditangkap karena dituduh terlibat dalam kasus dugaan penipuan.


(REN)