Pameran Foto dan Lukisan Bali Dikagumi di Hongaria

   •    Minggu, 09 Oct 2016 09:21 WIB
indonesia-hongaria
Pameran Foto dan Lukisan Bali Dikagumi di Hongaria
Pameran Foto dan Lukisan Bali di KBRI Budapest, Hongaria, 7 Oktober 2016. (Foto: KBRI Budapest)

Metrotvnews.com, Esztergom: Pada 7 Oktober 2016, Duta Besar RI untuk Hongaria Wening Esthyprobo secara resmi membuka pameran foto dan lukisan Bali di Galery of Castle, Hungarian National Museum di kota Esztergom, 60 kilometer ke utara dari Budapest.

Dalam sambutannya, Dubes Wening menyampaikan rasa bangganya karena promosi Indonesia dilakukan oleh seniman terkenal asal Hongaria, yaitu sepasang suami istri Szuk Norbert dan Dezsery Dorottya. Keduanya adalah Indonesian Art Lovers yang menuangkan rasa cintanya melalui sapuan kuas berupa lukisan mengenai Bali dan Jawa oleh Szuk Norbert dan visual fotografi keindahan alam Bali oleh Dezsery Dorottya.

Duta Besar RI untuk Hongaria menambahkan bahwa lukisan-lukisan Szuk Norbert, selain menggunakan permainan warna dinamis yang berani, juga sangat harmonis dengan guratan-guratan sisi kehidupan penari, profil wayang dan keindahan Pulau Dewata.

Dari pengamatan KBRI Budapest, pengunjung juga tampak sangat menikmati foto-foto hasil karya Dorottya, yang seakan membawa pengunjung berada di tepi pantai atau di tengah keramaian warga Bali.

Mrs. Etelek Romanek, Wali Kota Esztergom, dalam sambutannya mengaku kagum atas keindahan Indonesia yang terefleksikan dari foto dan lukisan yang dipamerkan selama satu bulan ke depan. Romanek juga menyatakan kesediaanya bekerja sama dengan KBRI Budapest, tidak hanya di bidang seni budaya, akan tetapi sektor lainnya.

Sementara itu, Mr. Gabor Rezi-Kato, Direktur Galeri Museum Kastil dalam sambutannya merasa bangga dan terhormat dengan diselenggarakannya pameran foto dan lukisan bertemakan pulau Bali tersebut. Mr. Gabor memiliki keyakinan bahwa para pengunjung yang tidak hanya berasal dari Hongaria, akan tergugah hatinya untuk dapat langsung menikmati keindahan Pulau Dewata dengan bertamasya langsung ke Pulau Bali.


Lukisan Bali di KBRI Budapest.

Selain bekerja sama dengan seniman setempat, dalam Pembukaan pameran lukisan dan fotografi ini, KBRI Budapest juga memperkenalkan kesenian tradisional Bali dengan menampilkan Tari Joged dari Bali yang dibawakan warga Hongaria asuhan salah seorang diaspora Indonesia, Irda Risdiarti, yang juga merupakan binaan KBRI Budapest. Penampilan tari diiringi permainan rindik Bali yang memukau oleh warga Hongaria mantan penerima Darmasiswa dari Indonesia.

KBRI Budapest juga menyediakan kuliner khas Indonesia untuk para tamu, yaitu Lemper, kue lumpur dan Kue Bolu Kukus. Kuliner tersebut sangat diminati warga Hongaria.

Diharapkan, promosi secara terpadu ini dapat meningkatkan rasa ketertarikan masyarakat Hongaria kepada seni dan budaya Indonesia. "Jangan lupa datang ke Indonesia," tutup Dubes Wening.

Esztergom merupakan salah satu kota penting bagi industri pariwisata Hongaria dengan salah satu ikon kebanggaan warganya berupa Basilika Esztergom dan pemandangan Sungai Duna yang begitu indah. Selain itu, kota ini juga merupakan kota penghubung karena berbatasan langsung dengan Slovakia.


(WIL)

Hasil Referendum Italia dan Hubungannya dengan Uni Eropa

Hasil Referendum Italia dan Hubungannya dengan Uni Eropa

1 day Ago

Perdana Menteri Italia Metteo Renzi mundur dari jabatannya setelah gagal menang dalam referendum…

BERITA LAINNYA