Polisi Paris Evakuasi Lebih dari 1.000 Migran

Marcheilla Ariesta    •    Senin, 04 Jun 2018 17:19 WIB
imigran
Polisi Paris Evakuasi Lebih dari 1.000 Migran
Evakuasi kemah pengungsian darurat di Paris. (Foto: AFP).

Paris: Lebih dari 1.000 imigran di dua kemah pengungsian sementara dievakuasi kepolisian Paris. Evakuasi dilakukan guna pemeriksaan lengkap dan mendalam.

Evakuasi dimulai saat matahari terbit di sebuah kemah sepanjang kanal St Martin di timur laut pusat kota. Di lokasi tersebut, diperkirakan ada lebih dari 550 migran asal Afghanistan tinggal.

Sementara sedikitnya 450 orang dievakuasi dari kemah di utara Porte de la Chapelle. 

"Evakuasi ini dilakukan untuk pemeriksaan lengkap dan mendalam bagi para pengungsi," kata seorang petugas kepolisian, seperti dilansir dari laman AFP, Senin 4 Juni 2018.

Sebelumnya, sekitar seribu orang juga dievakuasi dari kemah pengungsian mereka. Evakuasi dilakukan kurang dari sepekan usai pembongkaran sebuah kemah di sepanjang kanal St Denis.

Kekhawatiran tumbuh terhadap kondisi di kemah darurat. Terlebih usai seorang imigran tenggelam di kanal St Martin bulan lalu.

Tak hanya itu, perkelahian yang menyebabkan migran terluka parah juga menjadi salah satu faktor kekhawatiran terhadap para imigran di Prancis.

Negeri Menara Eiffel menerima catatan 100 ribu permohonan suaka tahun lalu. Namun, mereka hanya menawarkan status pengungsi ke sekitar 30 ribu orang, sedangkan sisanya dipaksa keluar dari negara tersebut.


(FJR)