Indonesia Gencar Promosi Kelapa Sawit di Prancis

Sonya Michaella    •    Rabu, 26 Sep 2018 11:05 WIB
kelapa sawitindonesia-prancis
Indonesia Gencar Promosi Kelapa Sawit di Prancis
Presentasi delegasi Indonesia terkait kelapa sawit. (Foto: Dok. KBRI Paris)

Paris: Lebih dari 100 pengusaha Prancis menghadiri Indonesia-France Business Forum 2018. Di forum ini, Indonesia gencar mempromosikan kelapa sawit dan kopi.

Perwakilan dari BI London, Donny Hutabarat menyampaikan perkembangan mengenai kondiri makro ekonomi Indonesia, dan bagaimana posisi Indonesia pada perekonomian dunia.

Saat ini masih banyak yang belum mengetahui besarnya potensi pasar di Indonesia, terutama kelas menengah. 

"Kelapa sawit saat ini memberikan banyak  kontribusi, terutama dengan tingginya produktivitas tanaman, dan penggunaan lahan pada penanamannya, dibandingkan dengan jenis minyak sayur lainnya seperti rapeseed, sunflower oil," ujar Wakil Ketua GAPKI (Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia) Togar Sitanggang, dalam keterangan tertulis KBRI Paris kepada Medcom.id, Rabu 26 September 2018.

Dijelaskan pula bahwa kopi Indonesia memiliki kualitas dan rasa yang sangat unik dan dapat diterima oleh pasar di Eropa. Para peserta diberi memiliki kesempatan untuk mengikuti sesi mencicipi kopi Indonesia yang disajikan.

Hingga saat ini, Prancis merupakan pasar yang terhitung cukup sulit untuk minyak kelapa sawit. Perlu adanya penanganan secara maksimal yang dapat merangkul seluruh kalangan baik pemangku kebijakan, pelaku usaha dan masyarakat pada umumnya. 

Perlu juga adanya upaya penyebarluasan informasi secara terus menerus dan melalui berbagai cara yang tidak terlalu eksplisit dalam memengaruhi opini publik di Perancis, agar dapat memiliki pemahaman berimbang terkait minyak kelapa sawit.

Prancis merupakan negara mitra strategis Indonesia sejak tahun 2011, dengan dua fokus kerja sama di bidang ekonomi dan pembangunan. Nilai perdagangan bilateral Indonesia-Prancis USD2,57 miliar (setara dengan Rp38 triliun) tahun 2017, meningkat dari USD2,34 miliar pada tahun 2016. 

Prancis juga merupakan investor Indonesia peringkat ke-19 dunia, dengan nilai investasi senilai USD249,8 juta pada tahun 2017, meningkat dari USD109,3 juta pada tahun 2016.



(WIL)