Trump & Putin Berjabat Tangan Hangat Sambil Bertukar Pujian

Wahyu Dwi Anggoro    •    Jumat, 07 Jul 2017 20:05 WIB
ktt g20
Trump & Putin Berjabat Tangan Hangat Sambil Bertukar Pujian
Presiden AS Donald Trump dan Presiden Rusia Vladimir Putin dijadwalkan melakukan pertemuan bilateral di sela-sela KTT G20 di Jerman (Foto:EPA)

Metrotvnews.com, Hamburg: Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dan Presiden Rusia Vladimir Putin berjabat tangan dengan hangat di tengah Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Hamburg, Jerman.

Trump dan Putin berjabat tangan dengan erat. Trump lalu menepuk lengan pemimpin Rusia tersebut. Trump juga menepuk punggung mantan pejabat intelijen Rusia itu.

Kedua pemimpin berjabat tangan sambil berbincang ringan. Keduanya terdengar bertukar pujian di antara mereka. Keduanya dilaporkan menyinggung rencana pertemuan bilateral mereka. 

"Mereka berjabat tangan dan berbicara tentang pertemuan yang akan diadakan sebentar lagi," kata Juru Bicara Pemerintah Rusia Dmitry Peskov, seperti dikutip The Guardian pada Jumat 7 Juli 2017.

Pertemuan antara Trump dan Putin merupakan momen yang paling ditunggu-tunggu. Trump secara terbuka menunjukkan sikap yang bersahabat terhadap Pemerintah Rusia. Trump saat ini menghadapi skandal politik yang berhubungan dengan pejabat Rusia.

Pemerintah Rusia menyebutkan kedua pemimpin berencana membahas konflik Suriah, konflik Ukraina, krisis Semenanjung Korea, ancaman terorisme, potensi kerja sama strategis dan isu bilateral lainnya.

"Rusia harus menghentikan aktivitasnya di Ukraina dan menarik dukungannya terhadap rezim Suriah dan Iran," ujar Trump di Polandia beberapa waktu lalu.

"Rusia sebaiknya bergabung dengan koalisi negara-negara bertanggung jawab yang bertekad melawan musuh bersama dalam rangka mempertahankan peradaban Barat," lanjut Trump.



(WAH)