Musik Tradisional Sumatera Barat Pukau Khalayak Ceko

Fajar Nugraha    •    Kamis, 13 Sep 2018 21:39 WIB
Musik Tradisional Sumatera Barat Pukau Khalayak Ceko
Matej Divis menyelenggarakan konser tunggal pertunjukan musiknya di Praha. (Foto: Dok.KBRI Praha).

Praha: Alat musik talempong dan lagu tradisional Sumatera Barat pukau masyarakat Ceko di dalam konser musik tunggal oleh penerima beasiswa BSBI Indonesia.
 
Salah satu penerima Beasiswa Seni dan Budaya Indonesia (BSBI) 2018 dari Republik Ceko, Matej Divis menyelenggarakan konser tunggal pertunjukan musiknya di di hall kampus HAMU, Praha, Republik Ceko. Di dalam konser tersebut, Matej Divis menyuguhkan keahliannya dalam bermain musik dengan menggunakan berbagai alat musik seperti vibrafon, marimba, set perkusi serta alat musik tradisional asal Indonesia, talempong.
  
Matej Divis merupakan salah satu dari dua orang penerima Beasiswa Seni dan Budaya Indonesia (BSBI) 2018 yang berasal dari Republik Ceko. Selama di Indonesia, Matej memperoleh banyak pengalaman mengenai seni dan budaya Indonesia dari Sanggar Tari dan Musik Syofyani yang berlokasi di Padang, Sumatera Barat.
 
"Pengalaman selama enam bulan berada di Indonesia menginspirasi saya untuk turut membawakan lagu-lagu Indonesia di dalam penampilannya dengan memainkan alat musik talempong dan lagu Ikan Kekek yang berasal dari Sumatera Barat," tutur Matej.


 
Sekitar 150 orang penonton yang memadati ruang pertunjukan sangat terpukau dengan keindahan lagu-lagu Indonesia yang dibawakan oleh Matej yang dipadu dengan kemampuannya memainkan alat musik tersebut secara enerjik dengan tempo musik yang begitu cepat. Tepuk tangan yang meriah membahana ketika Matej menyelesaikan pertunjukannya yang berlangsung selama 1,5 jam tersebut. 
 
Duta Besar RI untuk Republik Ceko, Aulia Rachman, beserta staf-staf KBRI Praha turut hadir menyaksikan penampilan tersebut. Duta Besar Aulia memberikan plakat secara langsung di atas panggung kepada Matej sebagai bentuk penghargaan atas penampilannya dan juga atas apresiasinya terhadap seni tradisional dari Indonesia.


 
"Penampilan Matej menunjukkan arti penting untuk semakin majunya people-to-people contact antar individu dari kedua negara. Terlebih, pertunjukan tersebut dibawakan oleh seorang  warga Ceko yang telah mendapatkan banyak pengalaman mengenai kekayaan budaya Indonesia," tutur Dubes Aulia, dalam keterangan tertulis KBRI Praha, yang diterima Medcom.id, Kamis 13 September 2018.
 
Bagi Dubes Aulia, penampilan Matej turut mempromosikan Indonesia dan juga membuka kesempatan seluas-luasnya kepada para warga Ceko lainnya untuk datang ke Indonesia yang memiliki kebudayaan yang sangat kaya dan beragam.
(FJR)